Roti lapis steik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Steak bomb)
Roti lapis bistik
Sebuah roti lapis bistik dengan keju, acar, dan cabai rawit hijau
Nama lainRoti lapis steak
roti lapis steik
Steak sandwich
JenisRoti lapis
SajianMakanan Utama
Tempat asalAmerika Serikat
DaerahNew Haven, Connecticut
Bahan utamaBistik, roti
VariasiBanyak
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Roti lapis bistik (bahasa Inggris: Steak sandwich) adalah roti lapis yang dibuat menggunakan daging bistik yang diolah baik dengan direbus, digoreng, dipanggang, dibakar, atau ditumis lalu kemudian disajikan di atas roti atau roti gulung. Roti lapis bistik terkadang disajikan dengan topping keju, bawang merah, jamur, paprika, tomat, dan dalam beberapa kasus telur goreng, coleslaw, dan kentang goreng.

Menurut Library of Congress, roti lapis bistik pertama yang dijual di Amerika Serikat adalah "Louis'Lunch of New Haven", Connecticut.[1]

Cheesesteak[sunting | sunting sumber]

sebuah cheesesteak

Cheesesteak, atau steak and cheese (bistik dan keju), terbuat dari irisan tipis bistik dan keju yang meleleh dalam roti panjang. Cheesesteak adalah salah satu makanan favorit kota Philadelphia, Pennsylvania. Hidangan ini dapat ditemukan di sebagian besar Amerika Serikat di luar wilayah Philadelphia, sering dijual sebagai "Philadelphia" atau "Philly Cheesesteak", bahkan ketika disiapkan dengan cara yang berbeda dari kebiasaan di kota. Variasi meliputi jenis bumbu, termasuk bawang bombay dan paprika bakar, jenis keju yang digunakan, atau jenis rotinya.

Italian beef[sunting | sunting sumber]

Italian beef adalah memiliki irisan daging sapi panggang yang kenyal, meneteskan jus daging, pada roti panjang ala Italia yang padat, yang diyakini berasal dari Chicago, di mana sejarahnya berasal dari tahun 1930-an.[2] Roti itu sendiri sering dicelupkan (atau dicelupkan dua kali) ke dalam jus dagingnya setelah dimasak, dan roti lapis biasanya diakhiri dengan giardiniera (acar) bergaya Chicago atau tumisan sayuran, paprika hijau Italia yang manis. Meski namanya menggunakan nama Italia, hidangan ini hampir sama sekali tidak dikenal di Italia.

French dip[sunting | sunting sumber]

French dip adalah roti lapis pedas Amerika, juga dikenal sebagai "beef dip" (terutama di Kanada), terdiri dari daging panggang yang diiris tipis (atau kadang-kadang daging lain seperti pastrami atau daging kornet) pada roti gulung atau baguette Prancis. Biasanya disajikan au jus ("dengan jus"), yaitu dengan jus daging sapi (lelehan lemak) dari proses memasak. Meskipun dapat ditemukan di banyak negara bagian Amerika Serikat dan Kanada, roti lapis tersebut berasal dari Los Angeles, California, pada dekade pertama abad ke-20. Meskipun namanya menggunakan nama Italia, hidangan ini hampir sama sekali tidak dikenal di Prancis.

Roti lapis sapi panggang[sunting | sunting sumber]

Sebuah roti lapis sapi panggang buatan restoran Arby's

Roti lapis sapi panggang adalah roti lapis yang terbuat dari daging sapi panggang atau kadang daging sapi cincang. Ini dijual kepada banyak pengunjung di Amerika Serikat, serta dijual oleh rantai makanan cepat saji, seperti Arby's dan Roy Rogers Restaurants. Tipe roti lapis ini sering terlihat pada roti hamburger dan mungkin dilumuri atasnya dengan saus barbekyu dan atau keju Amerika yang dilelehkan.

Beef on weck[sunting | sunting sumber]

Beef on weck adalah varian roti lapis yang banyak ditemukan di Western New York.[3][4][5] Hidangan ini dibuat dengan daging panggang pada roll kummelweck. Daging pada roti lapis secara tradisional disajikan mentah, dalam potongan tipis, dengan roti lapis yang sudah dilumuri au jus. Bahan pendamping meliputi lobak, acar daun dill, dan kentang goreng.

Steak bomb[sunting | sunting sumber]

Steak bomb adalah roti lapis pedas yang terdiri dari bistik yang disuwir dan keju provolone atau keju mozzarella yang meleleh dengan bawang panggang, tumis paprika merah dan hijau, jamur, dan tambahan taburan bistik yang dibumbui lada hitam yang ada di atas roti panggang. Ini adalah variasi pada sub dengan isian bistik, seperti Cheesesteak. Ini sangat terkait erat dengan wilayah New England di Amerika Serikat, tempat roti lapis bistik dibuat dengan memanggang bistik yang disuwir dengan cepat di wajan dan kemudian menambahkan keju, atau memanggang bistik bersama dengan paprika dan bawang atau jamur. Jika ketiganya digabungkan, itu menjadi steak bomb. Penambahan salami atau daging atau acar yang diawetkan lainnya adalah resep opsional dan tepat dan proporsinya sangat bervariasi. Hampir setiap pizzeria dan warung sub di New England memiliki versi mereka sendiri dari berbagai roti lapis bistik dan steak bomb.[6]

Varian lain[sunting | sunting sumber]

Di Australia, roti lapis bistik dibuat seperti hamburger tradisional Australia, dengan sepotong bistik bakar atau bistik goreng, bawang goreng, selada, tomat, buah bit, dan saus barbekyu atau ketchup (dikenal sebagai saus tomat di Australia). Keju, sebutir telur goreng, bacon, atau nanas juga bisa ditambahkan. Di beberapa tempat, roti lapis akan disusun di atas irisan roti, yang dipanggang hanya di satu sisi sementara tempat lainnya disajikan dalam roti (roti panjang) yang sama seperti yang digunakan untuk hamburger. Beberapa instansi menyebutnya burger steak/ burger bistik.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Connecticut: Louis' Lunch". The Library of Congress. Diakses tanggal 2016-03-13. 
  2. ^ Zeldes, Leah A (2002-09-30). "How to Eat Like a Chicagoan". Chicago's Restaurant Guide. Chicago's Restaurant Guide. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2002-10-01. Diakses tanggal 2002-09-30. 
  3. ^ "Beef on Weck: A Locally Famous Sandwich, Upgraded". Buffalo Chow.com. Diakses tanggal 10 Oktober 2009. 
  4. ^ "History of Beef on Weck". Food History. The Kitchen Project.com. Diakses tanggal 10 Oktober 2009. 
  5. ^ Ekfelt, Lynn Case (Spring–Summer 2003). "Buffalo's Other Claim to Fame". Voices Volume 29. The New York Folklore Society. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-11-29. Diakses tanggal 10 Oktober 2009. 
  6. ^ "Who Owns the Steak Bomb?". So Good Blog. 3 Mei 2017. Diakses tanggal 30 Agustus 2017.