StarDict

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
StarDict
Cuplikan layar StarDict
Cuplikan layar StarDict
Tipemachine-readable dictionary (en) dan dictionary software‎ (en)
Versi pertama10 Maret 2003
Versi stabil
3.0.7.1 (2 Oktober 2023)
GenreKamus
LisensiLisensi Publik Umum GNU
Karakteristik teknis
Sistem operasiLintas platform
Bahasa pemrogramanC++
Antarmuka BibliotecaGTK
Informasi tambahan
Situs webhttp://stardict.sourceforge.net/
SourceForgestardict-4
Sunting di Wikidata • L • B •
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

StarDict, dikembangkan oleh Hu Zheng (胡正), adalah sebuah Antarmuka pengguna grafis perangkat lunak bebas, dirilis di bawah Lisensi Publik Umum GNU untuk mengakses berkas-berkas kamus StarDict, (atau cangkang kamus). Antarmuka ini adalah program pengganti StarDic yang dikembangkan oleh Ma Su'an (馬蘇安). Nomor versi StarDict mengikuti StarDic.

StarDict 2.4.2 dibuat sedemikian sehingga portabel dan dapat ditemukan di sini.

Platform yang didukung[sunting | sunting sumber]

StarDict berjalan di Linux, Microsoft Windows, FreeBSD, Maemo (operating system) dan Sun Solaris. Kamus-kamus yang menjadi pilihan pengguna diinstal terpisah. Berkas-berkas kamus dapat dibuat menggunakan berkas-berkas konversi DICT.

Sebuah program bebas yang kompatibel dengan StarDict, yaitu WeDict, tersedia untuk IPhone. Program ini dapat diperoleh di App Store (beserta WeDict Pro). Di seputaran peruntukan perangkat seluler, ada juga kamus WhiteStork, sebuah aplikasi untuk Maemo (operating system), yang bersama-sama format kamus lainnya, juga mendukung StarDict.

Ketersediaan kamus[sunting | sunting sumber]

Seseorang dapat menemukan berkas kamus DICT, sebagian daftar kamus yang tersedia bebas untuk StarDict. Termasuk di antaranya, terutama, beberapa versi lawas dari kamus Websters dan banyak kamus aneka bahasa.

Fitur lainnya[sunting | sunting sumber]

Sementara StarDict hadir dalam modus pindai, hasil-hasilnya ditayangkan di dalam sebuah tooltip, memungkinkan pemantauan kamus secara lebih mudah. Ketika dipadukan bersama Freedict, StarDict akan secara cepat menyediakan terjemahan mentah/kasar dari situs-situs web berbahasa asing.

Pada 25 September 2006, sebuah versi online dari Stardict mulai beroperasi. Versi online ini menyertakan akses ke semua kamus terkemuka StarDict, juga terhadap Wikipedia berbahasa Cina.

Versi StarDict terdahulu sangatlah sama dengan program kamus PowerWord,[1] yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan Cina, KingSoft. Tetapi, sejak versi 2.4.2, StarDict mengalami pembedaan terhadap rancangan PowerWord yaitu dengan memperbagus kemampuan pencariannya dan menambahkan kosakata di dalam macam-macam bahasa. Hal ini dibantu oleh kerjasama dari banyak pengembang dengan penulis aslinya. Seorang pengembang bernama Evgeniy A. Dushistov menghasilkan versi baris perintah dari StarDict, disebut sdcv. Kini StarDict, yang memiliki keseluruhan berkas kamus melebihi 1.000 buah, dipandang sebagai salah satu program kamus paling berdaya penuh di dunia.[butuh rujukan]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "PowerWord". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-05-10. Diakses tanggal 2009-04-23. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]