Spiro Agnew

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Spiro Agnew
Spiro Agnew.jpg
Potret resmi, 1972
Wakil Presiden Amerika Serikat ke-39
Masa jabatan
20 Januari 1969 – 10 Oktober 1973
PresidenRichard Nixon
PendahuluHubert Humphrey
PenggantiGerald Ford
Gubernur Maryland ke-55
Masa jabatan
25 Januari 1967 – 7 Januari 1969
PendahuluJ. Millard Tawes
PenggantiMarvin Mandel
Eksekutif Kabupaten Baitmore ke-3
Masa jabatan
Desember 1962 – Desember 1966
PendahuluChristian H. Kahl
PenggantiDale Anderson
Informasi pribadi
Lahir
Spiro Theodore Agnew

(1918-11-09)9 November 1918
Baltimore, Maryland, A.S.
Meninggal17 September 1996(1996-09-17) (umur 77)
Berlin, Maryland, A.S.
MakamDulaney Valley Memorial Gardens
Partai politikRepublik
Suami/istri
Judy Agnew
(m. 1942)
Anak4
Pendidikan
Tanda tangan
Karier militer
Pihak Amerika Serikat
Dinas/cabang Angkatan Darat Amerika Serikat
Masa dinas1941–1945
PangkatUS-O3 insignia.svg Kapten
Pertempuran/perangPerang Dunia II
Penghargaan militerBronze Star ribbon.svg Bintang perunggu

Spiro Theodore Agnew (9 November 1918 – 17 September 1996) adalah wakil presiden Amerika Serikat yang ke-39 dan menjabat dari tahun 1969 sampai 1973 di bawah Presiden Richard Nixon.

Agnew lahir di Baltimore dari ayah imigran Yunani dan ibu Amerika. Dia kuliah di Universitas Johns Hopkins, dan lulus dari Fakultas Hukum Universitas Baltimore. Dia bekerja sebagai ajudan Perwakilan AS James Devereux sebelum dia diangkat ke Dewan Banding Zonasi Kabupaten Baltimore pada tahun 1957. Pada tahun 1962, dia terpilih menjadi Eksekutif Kabupaten Baltimore. Pada tahun 1966, Agnew terpilih sebagai Gubernur Maryland, mengalahkan lawannya dari Partai Demokrat George P. Mahoney dan kandidat independen Hyman A. Pressman.

Pada Konvensi Nasional Partai Republik 1968, Richard Nixon meminta Agnew untuk menempatkan namanya dalam nominasi, dan menamainya sebagai calon pasangan. Reputasi sentris Agnew menarik minat Nixon; Sikap hukum dan ketertiban yang dia ambil setelah kerusuhan sipil tahun itu menarik bagi para pembantu seperti Pat Buchanan. Agnew membuat sejumlah kesalahan selama kampanye, tetapi retorikanya menyenangkan banyak Republikan, dan dia mungkin telah membuat perbedaan di beberapa negara bagian utama. Nixon dan Agnew mengalahkan tiket Demokrat dari Wakil Presiden petahana Hubert Humphrey dan pasangannya, Senator Edmund Muskie. Sebagai wakil presiden, Agnew sering dipanggil untuk menyerang musuh-musuh pemerintah. Pada tahun-tahun wakil presidennya, Agnew pindah ke kanan, menarik bagi kaum konservatif yang curiga terhadap sikap moderat yang diambil oleh Nixon. Dalam pemilihan presiden tahun 1972, Nixon dan Agnew terpilih kembali untuk masa jabatan kedua, mengalahkan Senator George McGovern dan pasangannya Sargent Shriver.

Pada tahun 1973, Agnew diselidiki oleh Jaksa Amerika Serikat untuk Distrik Maryland atas dugaan konspirasi kriminal, penyuapan, pemerasan dan penipuan pajak. Agnew menerima suap dari kontraktor selama waktunya sebagai Eksekutif Kabupaten Baltimore dan Gubernur Maryland. Pembayaran terus berlanjut hingga dia menjabat sebagai wakil presiden, mereka tidak ada hubungannya dengan skandal Watergate, dimana dia tidak terlibat. Setelah berbulan-bulan mempertahankan ketidakbersalahannya, Agnew memohon tidak ada kontes untuk satu tuduhan penggelapan pajak dan mengundurkan diri dari kantor. Nixon menggantikannya dengan pemimpin Partai Republik Gerald Ford. Agnew menghabiskan sisa hidupnya dengan tenang, jarang tampil di depan umum. Dia menulis novel dan memoar, keduanya membela tindakannya.