Speed (grup musik Korea Selatan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

SPEED
AsalBendera Korea Selatan Seoul, Korea Selatan
GenreK-pop
Tahun aktif2012 (2012) – sekarang
LabelCore Contents Media (2012–sekarang)
Artis terkaitCo-Ed School
5Dolls
AnggotaJungwoo
Ki-o
Yoohwan
Taeha
Jongkook
Sejoon
Sungmin
Mantan anggotaKwanghaeng
Kangho
Noori
Taewoon


Speed (Korean: 스피드; bergaya sebagai SPEED) merupakan sub-unit dari boyband Korea Selatan, Co-Ed School. Anggotanya terdiri dari, Kim YooHwan (Leader), Kim Jung Woo (YooSung), Sungmin dan Empat member baru: Jongkook tahun 2011, dan Sejoon, dan Taeha tahun 2012, Dan Ki-o 2015

Nama "Speed" dipilih oleh anggota karena mengungkapkan tekad mereka untuk "melanjutkan balapan tanpa lelah".[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

2010: Debut Co-Ed School[sunting | sunting sumber]

Co-Ed School debut pada Oktober 2010 dengan singel "Too Late". Album mini mereka, Something That Is Cheerful and Fresh, dirilis pada 28 Oktober 2010.

2011: Sub-unit dan Keberangkatan Kangho[sunting | sunting sumber]

Core Contents Media mengumumkan bahwa mereka akan membagi kelompok dalam dua sub-unit pada awal-2011. Empat perempuan anggota Co-Ed, Soomi; Chan Mi; Hyoyoung dan Hyewon, debut pertama dengan penambahan anggota baru Eunkyo. Mereka membuat comeback pada pertengahan 2011 yang menunda debut pria sub-unit Co-Ed itu.

Pada tanggal 4 November diumumkan bahwa anggota Kangho akan meninggalkan grup untuk fokus pada karier yang akting, yang menunda debut kelompok lebih jauh . Kangho kemudian digantikan oleh kontestan Superstar K3, Shin Jong Kook. Core Contents Media menyatakan bahwa debut mereka akan ditunda sampai awal 2012.

2012: Debut dan Pergantian Manajemen[sunting | sunting sumber]

Pada akhir Januari, diumumkan bahwa SPEED akan mencakup singel T-ara, "Lovey-Dovey" dengan judul "Lovey-Dovey Plus". Lagu ini remix dan disusun kembali untuk memasukkan rap sendiri anggota dan lirik lagu. Anggota T-ARA Hwayoung dan saudara kembarnya Hyoyoung (dari 5Dolls) yang ditampilkan dalam video musik.[2]

Anggota[sunting | sunting sumber]

Saat Ini
Nama Panggung Nama Lahir Tanggal Lahir Posisi Notes
Romanisasi Hangul Romanisasi Hangul
Jungwoo 정우 Kim Jungwoo 김정우 9 Mei 1990 (umur 29) Lead vokalist (Yoosung) Trainee dibawah F&C Entertainment.Dikenal juga sebagai Yoosung. Debutnya dengan Co-Ed School di 2010 bersama dengan Sungmin dan Taewoon. Dia sudah siap untuk debut setelah menjadi trainee begitu lama dan menjadi Sky-Earth Yoosung, tetapi kemudian ia kembali menjadi trainee karena suatu alasan.
Taewoon 태운 Woo Jiseok 우지석 11 Mei 1990 (umur 29) Leader, Main Rapper, Sub-vocalist Saudaranya adalah anggota Block B Zico, mendapat peran di Can You Hear My Heart. Berkolaborasi dengan Scotch VIP dalam menyanyikan 얕은 잠 (Light Sleep). Tampil dalam video klip December MV "She's Gone".
Sungmin 성민 Choi Sungmin 최성민 7 Desember 1995 (umur 23) Lead Rapper, Maknae Anggota paling muda.Debutnya dengan Co-Ed School pada tahun 2010 bersama dengan Taewoon dan Yoosung / Jungwoo. Dia sangat berbakat dalam dance dan rapp.
Jongkook 종국 Shin Jongkook 신종국 8 September 1993 (umur 25) Main Vocalist Finalis Superstar K3. Dimasukkan setelah keberangkatan Kangho. Tampil di video klip Yangpa, "Ibyeoleun da Geureongeoraeyo" (Korean: 이별은 다 그런거래요, "Parting is all the Same") .
Saejoon 세준 Park Sejoon 박세준 10 Desember 1993 (umur 25) Rapper, Face of the Group Dia memiliki alis tebal. Bergabung SPEED pada Februari 2012 sebagai anggota ke-7.
Yoohwan 유환 Kim Yoohwan 김유환 29 Juli 1991 (umur 28) Vocalist, Dancer Bergabung SPEED bersama dengan Taeha untuk menggantikan Kwanghaeng dan Noori. Dia adalah peserta pelatihan selama empat tahun dan siap untuk debut dengan grup Bigstar tetapi pada SBS-acara MTV "Bigstar Show", ia tersingkir di final. Dia sangat berbakat dalam break dance.
Taeha 태하 Oh Taeha 오태하 4 Maret 1992 (umur 27) Vocalist, Dancer Bergabung SPEED bersama dengan Yoohwan untuk menggantikan Noori dan Kwanghaeng. Dia dieliminasi pada menit terakhir saat ia siap untuk debut di grup Ajax.
Bekas Anggota
Nama Panggung Nama Lahir Tanggal Lahir Notes
Romanisasi Hangul Romanisasi Hangul
Inoh (Noori) 인오 Kang Inoh 강인오 3 Maret 1993 (umur 26) Tampil dalam video klip T-ara, "Roly-Poly" dan "Bo Peep Bo Peep (Japanese ver.)".
Kanghaeng 강행 Lee Kwanghaeng 이광행 20 Januari 1990 (umur 29) Anggota tertinggi di Co-Ed, memiliki peran cameo dalam film Death Bell 2 dan drama Coffee House.
Kangho 강호 Park Yongsoo 박용수 14 Desember 1991 (umur 27) Meninggalkan kelompok untuk mengejar karier akting.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Studio albums
  • 2013: Superior SPEED
Re-package albums
  • 2013: Blow SPEED
Digital Single
  • 2012: Lovey-Dovey Plus
  • 2013: SPEED of Light
Promotional singles
  • 2012: Lovey-Dovey Plus
  • 2013: 슬픈약속 (That's My Fault)
  • 2013: It's Over
  • 2013: 통증 (Pain)

Video musik[sunting | sunting sumber]

Versi Resmi YouTube
Judul Link Tahun
That's my fault Dance Ver. video musik 2013
That's my fault Drama Ver. video musik 2013

Referensi[sunting | sunting sumber]