Sofyan Anif

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si tetapi akrab disapa dengan Prof Anif. Beliau adalah Rektor dari Universitas Muhammadiyah Surakarta sekaligus sebagai Rektor di Universitas Muhammadiyah Madiun. Berasal dari Demak, Rektor UMS ini lahir pada 25 Juni 1963.

Dalam perjalanan pendidikanya, Prof Anif pernah menjadi mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta ketika menempuh pendidikan Sarjana dan Magister. Jurusan yang ia ambil ketika di UGM adalah Sarjana Biologi Lingkungan dan lulus pada tahun 1988. Kemudian ia dapatkan gelar Magister Sains nya setelah menyelesaikan program magister Ilmu Lingkungan pada tahun 1999. Kemudian ia melanjutkan pendidikannya di program doktor Manajemen Pendidikan di Universitas Negeri Semarang, dan mendapatkan gelar doktornya pada tahun 2014. Tidak hanya itu, kiprahnya dalam dunia pendidikan mengantarkannya menjadi Guru Besar UMS di bidang Manajemen Pendidikan. Dengan dikukuhkannya Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si. ia menjadi Guru Besar ke-25 di UMS.

Sebagai seorang akademisi, Prof Anif senantiasa menuangkan gagasannya ke dalam publikasi, baik dalam bentuk buku, jurnal ilmiah, ataupun prosiding. Terhitung hingga tahun 2019, beliau telah menerbitkan buku sebanyak 4 buku, 12 publikasi jurnal ilmiah, 6 publikasi di prosiding, hak paten terhadap Model Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Biologi Berbasis Continuing Professional Development, bersama dengan Harismah Kun. Mulyaningtasu Akida, ia memiliki hak cipta Pembuatan Keju Menggunakan Getah Pepaya Kering Sebagai Penggumpal.

Prof Anif telah mengabdikan diri di UMS selama lebih dari 32 tahun. Dari tahun 1990 hingga sekarang, ia menjadi seorang dosen di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMS. Selain menjadi dosen UMS, beliau juga pernah menjabat sebagai Kepala Laboratorium Biologi, Sekretaris Pusat Studi Kependudukan dan Lingkungan Hidup, Kepala Pusat Studi Lingkungan, Sekretaris LPM, Ketua Lembaga Pengabdian Masyarakat, Wakil Ketua LPPM, Dekan FKIP UMS, Wakil Rektor IV, dan hingga menjadi seorang Rektor UMS.

Rektor UMS ini juga merupakan kader militan dari Muhammadiyah. Dalam perjalanan hidupnya, ia pernah menjadi Ketua Umum Pimpinan Daerah Pelajar Muhammadiyah (IPM) Demak, mengorganisir Korkom IMM UGM Yogyakarta di Bidang Kader, menjadi Wakil Ketua Bidang Litbang di Majllis Tabligh dan Dakwah Khusus PDM Solo, kemudian pernah menjadi seorang Ketua Umum di PRM Pajang Utara, Ketua dari Majlis Tabligh dan Dakwah Khusus di PCM Laweyan, Kerua Majlis Tabligh dan Dakwah Khusus PDM Solo, anggota dari MKKM PCM Laweyan, Wakil Bendahara di PDM Solo, dan anggota dari Lembaga Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah.

Selanjutnya ia juga pernah menjadi Ketua Umum dari Hisbul Wathan Qobilah UMS, Wakil Bendahara PDM Solo, anggota dari Majlis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah, menjadi Penasehat di Majlis Dikdasmen PDM Solo, Wakil Ketua Pengurus PAnti Asuhan Keluarga Yatim Muhammadiyah (PAKYM) Solo. Di Hisbul Wathon Kwarwil PWM Jawa Tengah, ia pernah menjabat di bagian Bidang Litbang. Pernah menjadi KEtua dari PAKYM Solo.

Pada periode Muktamar 47 2015-2020, ia menjadi Wakil Ketua di PDM Solo dan menjadi Wakil Bendahara Majlis Tabligh PP Muhammadiyah, menjadi anggota dari Majlis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM Jawa Tengah, serta menjabat di bagian Pengembangan HW di Perguruan Tinggi ketika berada di HW Kwarpus. Pada periode tahun 2016-2021, beliau mengorganisir Bidang Kajian di HW Kwarwil PWM Jawa Tengah, dan sebagai Dewan Penyantun di PAKYM Solo.

Dedikasi yang diberikan oleh Prof Anif kepada Muhammadiyah terus berlangsung, termasuk dalam memimpin Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Universitas Muhammadiyah Madiun yang baru-baru ini ditunjuk oleh Diktilitbang PP Muhammadiyah

Beliau juga aktif dan gemar untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat di Solo Raya. Prof Anif juga beberapa kali menjadi narasumber dalam seminar tingkat internasional.

Referensi[sunting | sunting sumber]

https://www.ums.ac.id/profile/sofyan-anif

https://pddikti.kemdikbud.go.id/data_dosen/D91B1065-0F0B-4F37-A335-9E58318C3695/6B66A070-350E-40DA-BFD1-BDFF79F3450B