Sinema Spanyol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sinema Spanyol
Capitol Cinema. Gran Vía street. Spain.jpg
Cine Capitol, Gran Vía, Madrid
Jumlah layar3,908 (2013)[1]
 • Per kapita9.7 per 100,000 (2011)[2]
Distributor utamaWarner Bros. E. España, S.L. 16.0%
Paramount Spain 13.0%
Sony Pictures 12.0%[3]
Film fitur yang diproduksi (2011)[4]
Total384
Fiksi122 (61.3%)
Animasi9 (4.5%)
Dokumenter68 (34.2%)
Jumlah admisi (2013)[1]
Total78,690,507
 • Per kapita1.93 (2012)[5]
Film nasional11,013,096 (14.0%)
Keuntungan Box Office (2013)[1]
Total€506 juta
Film nasional€70.2 juta (13.9%)

Seni rupa pembuatan film di Kerajaan Spanyol atau dibuat oleh pembuat film Spanyol di luar negeri secara kolektif dikenal sebagai Sinema Spanyol.

Pada tahun-tahun terkini, sinema Spanyol telah meraih sambutan yang tinggi. Dalam sejarah panjang sinema Spanyol, pembuat film besar Luis Buñuel adalah orang pertama yang meraih sambutan secara besar-besaran, disusul oleh Pedro Almodóvar pada 1980an. Sinema Spanyol juga dipandang meraih keberhasilan internasional selama bertahun-tahun dengan film-film buatan sutradara-sutradara seperti Segundo de Chomón, Florián Rey, Luis García Berlanga, Juan Antonio Bardem, Carlos Saura, Julio Médem dan Alejandro Amenábar. Woody Allen, setelah mendapatkan Penghargaan Pangeran Asturias Award pada 2002 di Oviedo, berkata: "ketika aku meninggalkan New York, film paling terkenal di kota tersebut pada waktu itu adalah film Spanyol, yang salah satunya adalah buatan Pedro Almodóvar. Aku berharap orang-orang Eropa melanjutkan pembuatan film karena momen tersebut tidak datang dari Amerika Serikat."

Non-sutradara yang meraih ketenaran secara internasional seperti sinematografer Néstor Almendros, sutradara seni Gil Parrondo, penulis latar Rafael Azcona, aktris Maribel Verdú dan, secara khusus, Penélope Cruz dan aktor Fernando Rey, Francisco Rabal, Antonio Banderas, Javier Bardem dan Fernando Fernán Gómez meraih sambutan yang signifikan di luar Spanyo.

Saat ini, 10 sampai 20% dari penerimaan box office di Spanyol umumnya dari film-film domestik, sebuah situasi yang berlawanan di beberapa negara Eropa dan Amerika. Pemerintah Spanyol pun berupaya untuk mendukung produksi film lokal, yang meliputi asuransi yang disumbangkan dri stasiun-stasiun televisi nasional utama. Tren tersebut berdampak pada penayangan saat ini dari produksi-produksi seperti film €30 juta Alatriste (yang dibintangi oleh Viggo Mortensen), film Spanyol pemenang Oscar Pan's Labyrinth (yang dibintangi oleh Maribel Verdú), Volver (yang dibintangi oleh Penélope Cruz dan Carmen Maura), dan Los Borgia (yang dibintangi oleh Paz Vega), semuanya menjadi blockbuster di Spanyol.

Aspek lainnya dari sinema Spanyol yang banyak tidak diketahui publik secara umum adalah penayangan film Spanyol berbahasa Inggris seperti Agora (yang disutradarai oleh Alejandro Amenábar dan dibintangi oleh Rachel Weisz), Ché (yang disutradarai oleh Steven Soderbergh dan dibintangi oleh Benicio del Toro), The Machinist (yang dibintangi oleh Christian Bale), The Others (yang dibintangi oleh Nicole Kidman), dan Goya's Ghosts yang dibuat oleh Miloš Forman (yang dibintangi oleh Javier Bardem dan Natalie Portman), The Impossible (yang dibintangi oleh Ewan McGregor dan Naomi Watts). Semua film tersebut diproduksi oleh firma-firma Spanyol.

Asal muasal[sunting | sunting sumber]

Pameran film Spanyol pertama diadakan pada 5 Mei 1895 di Barcelona. Film-film Lumière ditayanga di Madrid dan Barcelona masing-masing pada bulan Mei dan Desember 1896.

Sutradara film Spanyol pertama yang meraih kesuksesan besar secara internasional adalah Segundo de Chomón, yang bekerja di Prancis dan Italia namun membuat beberapa film fantasi terkenal di Spanyol seperti El Hotel eléctrico.

Film Spanyol berbahasa Inggris[sunting | sunting sumber]

Film-film berbahasa Inggris yang diproduksi oleh perusahaan Spanyol meliputi Two Much (yang disutradarai oleh Fernando Trueba, 1995), The Others (Alejandro Amenábar, 2001), The Machinist (Brad Anderson, 2004), Basic Instinct 2 (yang diproduksi oleh KanZaman Spain, 2006) atau Goya's Ghosts karya Miloš Forman (Xuxa Produciones, 2006), The Impossible (Juan Antonio Bayona (sutradara), (Apaches Entertainment dan Telecinco Produciones, 2012).

KanZaman (Spanyol) dan Recorded Picture Company (Inggris) bekerjasama memproduksi Sexy Beast, yang disutradarai oleh Jonathan Glazer, pada 1999. Film yang merupakan hasil kerjasama produksi oleh perusahaan tersebut meliputi The Reckoning (Paul McGuigan, 2003), The Bridge of San Luis Rey, yang berdasarkan pada novel dengan nama yang sama karangan Thornton Wilder yang memenangkan Penghargaan Pulitzer dan disutradarai oleh Mary McGuckian. Film tersebut menampilkan pemeran berkelompok yang terdiri dari Robert De Niro, Harvey Keitel, Kathy Bates dan aktris Spanyol Pilar López de Ayala. Film lainnya dalam kategori ini adalah A Good Woman (2004) karya Mike Barker, dan Sahara (Breck Eisner, 2005). Pada 2004, KanZaman bekerja sama memproduksi film epik buatan Ridley Scott yang berjudul Kingdom of Heaven, yang membuat film tersebut menjadi produksi terbesar dalam sejarah sinema Spanyol.

Film Spanyol[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Datos cinematográficos del mercado español". Ministerio de Educación, Cultura y Deporte. Diakses tanggal 22 Maret 2015. 
  2. ^ "Table 8: Cinema Infrastructure - Capacity". UNESCO Institute for Statistics. Diakses tanggal 5 November 2013. 
  3. ^ "Table 6: Share of Top 3 distributors (Excel)". UNESCO Institute for Statistics. Diakses tanggal 5 November 2013. 
  4. ^ "Table 1: Feature Film Production - Genre/Method of Shooting". UNESCO Institute for Statistics. Diakses tanggal 5 November 2013. 
  5. ^ "Country Profiles". Europa Cinemas. Diakses tanggal 9 November 2013. 

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Marsha Kinder: Blood Cinema: The Reconstruction of National Identity in Spain, University of California Press, 1993, ISBN 0-520-08157-9
  • Marvin D'Lugo: Guide to the Cinema of Spain (Reference Guides to the World's Cinema), Greenwood Pub Group, 1997
  • Nuria Triana-Toribio: Spanish National Cinema (National Cinemas Series), Routledge 2002, ISBN 0-415-22060-2
  • The Cinema of Spain and Portugal (24 Frames (Paper), ed. by Alberto Mira, Wallflower Press 2005 – 24 films are analyzed
  • Ronald Schwartz: Great Spanish Films Since 1950, Scarecrow Press, 2008
  • Tatjana Pavlovic: 100 Years of Spanish Cinema, John Wiley & Sons, 2008

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Sinema Spanyol Templat:Topik Spanyol Templat:Sinema dunia