Sinagoge Novi Sad

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sinagoge Novi Sad
Novosadska Sinagoga
Sinagoge Novi Sad
Agama
AfiliasiYudaisme Neolog
Ecclesiastical or organizational statusLembaga kebudayaan kota,
sinagoge yang tidak aktif
Lokasi
LokasiNovi Sad
KoordinatVojvodina, Serbia
Arsitektur
ArsitekLipót Baumhorn
Rampung1909

Sinagoge Novi Sad (bahasa Serbia: Новосадска синагога atau Novosadska sinagoga) adalah salah satu lembaga kebudayaan yang terletak di kota Novi Sad, Vojvodina, Serbia. Gedung ini juga pernah berfungsi sebagai sinagoge atau tempat ibadah orang Yahudi beraliran Neolog. Gedung ini terletak di Jalan Jevrejska (Yahudi) Street di daerah pusat kota.

Sinagoge ini mulai dibangun pada tahun 1905 dan pembangunannya dituntaskan pada tahun 1909. Perancangnya adalah arsitek Yahudi Hungaria Lipót Baumhorn.

Lebih dari 4.000 orang Yahudi tinggal di Novi Sad sebelum meletusnya Perang Dunia II (dari jumlah penduduk sebesar 80.000 jiwa). Hanya 1.000 yang berhasil selamat dari peristiwa Holocaust yang terjadi setelah Jerman Nazi menyerbu Yugoslavia pada tahun 1941 dan setelah wilayah Bačka dicaplok oleh Hungaria.[1] Banyak yang pindah ke Israel seusai perang, dan kini yang tersisa hanya sekitar 400 orang Yahudi di Novi Sad. Maka dari itu, sinagoge ini sudah tidak lagi aktif dan lebih sering dipakai untuk acara kebudayaan.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]