Yudaisme Neolog

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sinagoge Jalan Dohány, tempat ibadah orang Yahudi Neolog di Budapest, merupakan sinagoge terbesar di Eropa

Neolog (bahasa Hongaria: neológ irányzat, "Faksi Neolog") adalah salah satu dari dua kelompok Yahudi Hongaria. Orang-orang Neolog berhaluan liberal dan modernis, dan mereka mendukung integrasi dengan masyarakat Hongaria pada umumnya semenjak dimulainya Zaman Emansipasi pada abad ke-19. Ini adalah ciri utama mereka, dan kebanyakan dari mereka diwakilkan oleh badan perwakilan yang terdiri dari orang-orang Yahudi kelas menengah dan atas yang terasimilasi dan tinggal di perkotaan. Secara keagamaan, para rabbi Neolog dipengaruhi oleh mazhab Positif-Historis Zecharias Frankel.

Perselisihan antara kelompok ini dengan kaum Yahudi Ortodoks yang konservatif dan tradisionalis mulai terlembagakan seusai Kongres Yahudi Hongaria 1868–1869, alhasil Yudaisme Neolog secara de facto menjadi aliran yang terpisah.

Selama terjadinya Holocaust pada masa Perang Dunia II, banyak orang Yahudi Hongaria yang berguguran. Pada zaman komunis, semua organisasi kelompok disatukan menjadi Perwakilan Nasional Yahudi Hongaria.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Michael Riff, The Face of Survival: Jewish Life in Eastern Europe Past and Present, Valentine Mitchell, London, 1992, ISBN 0-85303-220-3.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]