Simuni dari Sisilia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Simuni dari Hauteville (Palermo 1093 – Mileto 1105), disebut Simon de Hauteville di Prancis dan Simone D'Altavilla di Italia, merupakan putra sulung dan penerus Ruggeru I, comte Sisilia, dan Adelasia del Vasto, sebagai wali penguasanya.

Penulis sejarah Alexander dari Telese menceritakan sebuah insiden yang terjadi selama masa kecil Simuni dan saudaranya, Ruggeru:

Seperti cara anak-anak, mereka memainkan koin yang merupakan favorit mereka, dan bertengkar. Ketika mereka bertempur, masing-masing dengan sekelompok anak lelaki yang mereka kumpulkan bersama, yang lebih muda, Ruggeru, adalah penakluk sebagai akibatnya, dia mengejek saudaranya Simuni, dengan berkata, "Akan jauh lebih baik jika saya harus memiliki kehormatan berkuasa dengan kemenangan setelah kematian ayahanda kita daripada Anda. Namun, ketika saya dapat melakukan ini saya akan menjadikan Anda seorang uskup atau bahkan Paus di Roma - yang untuk Anda jauh lebih cocok.

Simuni masih muda ketika ia menguasai county tersebut pada tahun 1101 dan dia meninggal empat tahun kemudian di Mileto, Calabria pada tahun 1105. Kematiannya memungkinkan saudaranya, Ruggeru II, yang akan menjadi Raja Sisilia, untuk menggantikannya.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Alexander of Telese, The Deeds Done by King Roger of Sicily.
Didahului oleh:
Ruggeru I
Daftar Penguasa Sisilia
1101–1105
Diteruskan oleh:
Ruggeru II