Simeon Stylites Muda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
St. Simeon Stylites Muda (ikon ortodoks)

Santo Simeon Stylites Muda [juga dikenal sebagai 'St. Simeon Gunung yang Mengagumkan'] (bahasa arab: مار سمعان العمودي الأصغر mār sem'ān l-'amūdī l-asghar) (521 – 24 Mei 592) merupakan seorang santo di Gereja Ortodoks Timur dan Gereja Katolik Timur dan Ritus Latin. Lahir di Antiokhia, ayahandanya adalah penduduk asli Edessa, ibundanya, bernama Martha kemudian dipuja sebagai santo dan kehidupannya, yang menggabungkan surat kepada putranya yang ditulis dari pilar ke Thomas, penjaga salib sejati di Yerusalem, telah dicetak.

Seperti namanya, Stylites pertama, Simeon tampaknya telah ditarik sejak sangat muda ke kehidupan penghematan. Dia melekatkan dirinya pada komunitas asketisme yang tinggal di dalam mandra atau ruang seorang asketisme lain, bernama Ioannis, yang bertindak sebagai direktur spiritual mereka. Simeon sementara masih hanya seorang anak laki-laki memiliki pilar yang didirikan untuk dirinya sendiri dekat dengan Ioannis. Adalah Simeon sendiri yang dalam surat yang disebutkan di atas kepada Thomas menyatakan bahwa ia hidup di atas pilar ketika ia kehilangan gigi pertamanya. Dia mempertahankan kehidupan semacam ini selama 68 tahun. Namun, dalam perjalanan periode ini, ia beberapa kali pindah ke sebuah pilar baru, dan pada kesempatan pertukaran yang pertama ini, Patriark Antiokhia dan Uskup Seleukia menahbiskannya sebagai diaken selama waktu singkat yang dihabiskannya untuk tanah. Selama delapan tahun sampai Ioannis meninggal, Simeon tetap berada di dekat kolom tuannya, begitu dekat sehingga mereka bisa dengan mudah berkomunikasi. Selama periode ini pertapaannya disimpan dalam semacam pemeriksaan oleh pertapa yang lebih tua.

Setelah kematian Ioannis, Simeon memberikan kendali penuh pada praktik-praktiknya yang bersifat asketis dan Evagrios menyatakan bahwa ia hidup hanya di atas dahan-dahan semak yang tumbuh di dekat Theopolis. Simeon muda ditahbiskan sebagai imam dan dengan demikian dapat mempersembahkan Kurban Kudus untuk mengenang ibundanya. Pada saat-saat seperti itu, murid-muridnya satu demi satu menaiki tangga untuk menerima komuni di tangannya. Seperti dalam kasus sebagian besar santo pilar lainnya, sejumlah besar mukjizat diyakini telah dikerjakan oleh Simeon Muda. Dalam beberapa contoh obatnya dipengaruhi oleh gambar yang mewakilinya (Holl in "Philotesia", 56). Menjelang akhir hidupnya, santo itu menempati sebuah kolom di sisi gunung dekat Antiokhia yang dipanggil dari mukjizatnya "Bukit Keajaiban", dan di sinilah dia meninggal. Selain surat yang disebutkan, beberapa tulisan dikaitkan dengan Simeon Muda. Sejumlah traktat spiritual kecil ini dicetak oleh Cozza-Luzi ("Nova PP. Bib.", VIII, iii, Rome, 1871, pp. 4–156). Ada juga "Apocalypse" dan surat kepada Kaisar Yustinianus I dan Yustinus II (lihat fragmen dalam P.G., LXXXVI, pt. II, 3216-20). Lebih khusus lagi Simeon adalah penulis terkenal dari sejumlah himne liturgi, "Troparis", dll. (lihat Pétridès in "Echos d'Orient", 1901 and 1902).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

 Artikel ini memuat teks dari suatu penerbitan yang sekarang berada dalam ranah publikHerbermann, Charles, ed. (1913). "nama artikel dibutuhkan". Catholic Encyclopedia. New York: Robert Appleton.