Sidang pendahuluan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam yurisdiksi hukum umum, sidang pendahuluan, pemeriksaan pendahuluan, penyidikan pendahuluan, sidang pembuktian, atau sidang kemungkinan penyebab adalah suatu persidangan, setelah tuntutan pidana diajukan oleh jaksa penuntut, untuk menentukan apakah terdapat cukup bukti untuk perlu dilakukannya persidangan. Dalam sidang tersebut, terdakwa dapat dibantu oleh pengacara.

Kanada[sunting | sunting sumber]

Di Kanada, sidang pendahuluan terkadang disebut sebagai penyelidikan pendahuluan. Selama penyelidikan pendahuluan, sidang diadakan oleh pengadilan untuk menentukan apakah terdapat cukup bukti untuk membenarkan persidangan. Pemeriksaan pendahuluan hanya dilakukan apabila seseorang didakwa melakukan tindak pidana yang dapat didakwakan dimana terdakwa diancam dengan pidana penjara lebih dari 14 tahun. Jaksa Mahkota dapat memanggil saksi. Jika tidak ada cukup bukti, pengadilan akan membatalkan tuduhan tersebut.[1]

Setelah keputusan Jordan tahun 2016, di mana Mahkamah Agung Kanada memberlakukan batasan waktu bagi Kerajaan untuk membawa kasus pidana ke pengadilan, Kerajaan mulai lebih sering menggunakan prosedur dakwaan langsung.[2]

Skotlandia[sunting | sunting sumber]

Di Skotlandia, sidang pendahuluan adalah prosedur pra-persidangan tanpa pembuktian dalam kasus-kasus yang akan diadili di hadapan Pengadilan Tinggi, yang dilakukan untuk memungkinkan pengadilan menentukan apakah kedua belah pihak, baik pihak penuntut maupun pembela, siap untuk melanjutkan ke persidangan. Sidang juga dapat membahas masalah prosedur tambahan.[3]

Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Di Amerika Serikat, pada sidang pendahuluan, hakim harus menemukan bahwa bukti tersebut memberikan kemungkinan alasan untuk meyakini bahwa kejahatan telah dilakukan dan bahwa kejahatan tersebut dilakukan oleh terdakwa.[4] Ada hak untuk mendapatkan nasihat pada sidang pendahuluan.[5]

Pelaksanaan sidang pendahuluan serta peraturan khusus mengenai diterimanya bukti berbeda-beda di setiap yurisdiksi. Desas-desus biasanya diperbolehkan. Jika pengadilan memutuskan bahwa ada kemungkinan penyebabnya, instrumen tuntutan formal (disebut informasi di beberapa yurisdiksi) akan dikeluarkan, dan penuntutan akan dilanjutkan. Jika pengadilan tidak menemukan kemungkinan penyebabnya, biasanya penuntutan akan dihentikan.[6] Namun, banyak yurisdiksi mengizinkan penuntut untuk meminta sidang pendahuluan baru atau meminta surat dakwaan dari dewan juri.[7]

Pertanyaan-pertanyaan kunci yang biasanya dibahas pada sidang pendahuluan adalah:[6][8]

  1. Adakah kemungkinan alasan untuk mempercayai dugaan kejahatan tersebut terjadi, dan apakah hal tersebut terjadi dalam yurisdiksi pengadilan?
  2. Apakah ada kemungkinan alasan untuk meyakini bahwa terdakwa melakukan kejahatan tersebut?

Apabila hakim menetapkan bahwa terdapat cukup bukti untuk meyakini bahwa terdakwa melakukan tindak pidana, maka dikatakan terdakwa “terikat”.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Trial". Department of Justice. Diakses tanggal 17 May 2020. 
  2. ^ Hasham, Alyshah (October 16, 2016). "Courts scramble under new rules on trial delays". Toronto Star. 
  3. ^ Matthews, Lord; Beckett, Lord (July 2020). "Preliminary Hearings Bench Book" (pdf). Judicial Institute for Scotland. Diakses tanggal 17 November 2023. 
  4. ^ Arenella, Peter (February 1980). "Reforming the Federal Grand Jury and the State Preliminary Hearing to Prevent Conviction without Adjudication". Michigan Law Review. 78 (4): 463–585. doi:10.2307/1288187. JSTOR 1288187. 
  5. ^ As a preliminary hearing is a "critical stage" of the proceeding, an indigent suspect is entitled to court-appointed counsel at the preliminary hearing. See Coleman v. Alabama, 399 U.S. 1 (1970).
  6. ^ a b "Steps In a Criminal Case". Prosecuting Attorneys Association of Michigan. Diakses tanggal 15 September 2017. 
  7. ^ Davis, Angela J. (2007). Arbitrary Justice: The Power of the American Prosecutor. Oxford University Press. hlm. 13. ISBN 978-0198039426. Diakses tanggal 15 September 2017. 
  8. ^ Patterson, Dan. "How A Case Proceeds". Greene County Prosecuting Attorney's Office. Diakses tanggal 15 September 2017.