Sidakarya, Denpasar Selatan, Denpasar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Koordinat: 8°42′10″S 115°14′05″E / 8.702802°S 115.234634°E / -8.702802; 115.234634

Sidakarya
Negara Indonesia
ProvinsiBali
KotaDenpasar
KecamatanDenpasar Selatan
Kodepos
80224
Kode Kemendagri51.71.01.2007
Luas3,89 km² [1]
Jumlah penduduk26.756 jiwa(2016)[2]
20.395 jiwa(2010)[3]
Kepadatan5.243 jiwa/km²
Jumlah KK3.670

Sidakarya adalah sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Provinsi Bali, Indonesia. Sidakarya memiliki kepala desa bernama I Wayan Romi,S.Sos. Desa Sidakarya sendiri dikatakan desa pendidikan karena terdapat beberapa sekolah terbesar di kota Denpasar seperti SMA Negeri 5 Denpasar, SMK Negeri 2 Denpasar, SLB.B Denpasar dan sekolah dasar lainnya serta PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).

Geografi[sunting | sunting sumber]

Batas Wilayah[sunting | sunting sumber]

Desa Sidakarya terletak di Denpasar Selatan, Denpasar dengan batas-batas wilayah yaitu, di sebelah utara Kelurahan Panjer dan Kelurahan Renon, sebelah timur Desa Sanur Kauh. Sedangkan untuk di batas sebelah selatan perairan selat Badung, sedangkan batas barat adalah Kelurahan Sesetan.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Penduduk desa Sidakarya sampai dengan tahun 2016 berjumlah 26.756 jiwa terdiri dari 13.709 laki-laki dan 13.047 perempuan dengan sex rasio 105.[4]

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Pembagian administratif[sunting | sunting sumber]

Desa Pakraman Sidakarya terdiri dari 5 Banjar Pakraman yakni,

  1. Br. Sekar Kangin (Jl. Sidakarya)
  2. Br. Suwung Kangin (Jl. Merta Sari)
  3. Br. Tengah Sidakarya (Jl. Sidakarya)
  4. Br. Dukuh Mertajati (Jl. Sidakarya)
  5. Br. Sari (Jl. Bedugul)

Tempat Ibadah[sunting | sunting sumber]

Sekretariat Desa Pakraman Sidakarya berada di Jalan Sidakarya no.153, yang juga merupakan sekretariat dari LPD Sidakarya. Desa Pakraman ini juga memiliki Pasar Desa yang bernama Sudha Merta yang terletak di Jalan Sidakarya. Pura Kahyangan Tiga ada lima pura yang dinaungi Desa Pakraman Sidakarya, yakni:

  1. Pura Dalem Sudha terletak di Jalan Sidakarya (Anggara Kasih Medangsia),
  2. Pura Dalem Petasikan di Jalan Mertasari (Buda Cemeng Langkir),
  3. Pura Kahyangan Sidakarya di Jalan Sidakarya (Buda Kliwon Ugu),
  4. Pura Kahyangan Petasikan di Jalan Mertasari (Buda Cemeng Ukir),
  5. Pura Bale Agung di Jalan Dewata (Tumpek Landep) dan Pura Betara Nini di Jalan Dewata (Saniscara Matal) .

Sedangkan untuk Pura Dang Kahyangan adalah Pura Mutering Jagat Dalem Sidakarya yang berlokasi di Jalan Dewata (Tumpek Landep).

Sosial Budaya[sunting | sunting sumber]

Kelompok kesenian di desa ini antara lain; Sekaa Gong Kerta Jaya Banjar Suwung Kangin, Sekaa Gong Sida Nada Merdangga Banjar Tengah Sidakarya, Sekaa Gong Banjar Dukuh Pertajati, dan Sekaa Gong Sari Merdangga Banjar Sari. Kelompok Sekaa Santhi antara lain; Dharma Shanti Banjar Sekar Kangin, Dharma Santi Banjar Suwung Kangin, Purwa Santhi Banjar Tengah Sidakarya, Semara Santhi Banjar Dukuh Mertajati, dan Bakti Suara Banjar Sari.[5]

Topeng Sidakarya[sunting | sunting sumber]

Desa Pakraman Sidakarya memiliki tarian yang sangat sakral dan disucikan masyarakat yang bernama Topeng Sidakarya. Topeng ini berada di Pura Mutering Jagat Dalem Sidakarya. Topeng Dalem Sidakarya keramat dan berumur ratusan tahun ada di pura dianggap sebagai penyungsungan jagat ini. Pura Mutering Jagat Sidakarya memiliki upacara pada hari Tumpek Landep. Selain topeng yang dikeramatkan, Desa Pakraman Sidakarya juga memiliki pura Dalem Kahyangan Tiga yakni Pura Dalem Sudha. Banyak kisah tentang petapakan barong di pura ini. Karena itu, juga dikenal dengan tariannya yakni tarian barong dan rangda pura Dalem Sudha Sidakarya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Kateogir:Denpasar Selatan