Si Saowaphak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Phrabat Somdet Phra Sanphet IV (bahasa Thai: พระบาทสมเด็จพระสรรเพชญที่ ๔) atau Somdet Phra Si Saowaphak (bahasa Thai: สมเด็จพระศรีเสาวภาคย์) (1610/11–1611) adalah raja Ayutthaya dengan jabatan terpendek dari Dinasti Sukhothai pada tahun 1610. Pangeranan Si Saowaphak adalah putra dari Raja Ekathotsarot dan memiliki kakak laki-laki Pangeran Suthat yang diangkat menjadi Uparaja pada tahun 1607 namun wafat sebelum ayahnya. Pangeran Si Saowaphak, sebagai putra kedua ayahnya, diharapkan diberi gelar Putra Mahkota. Tetapi, Raja Ekathotsarot tidak pernah mengangkatnya menjadi Maha Uparat.

Ketika Raja Ekathotsarot mangkat pada tahun 1610/11, Pangeran Si Saowaphak menggantikan ayahnya naik tahta. Raja Si Saowaphak dikatakan tidak memiliki kemampuan. Pada tahun yang sama, para pedagang Jepang memasuki istana, dan menyandera Raja Si Saowaphak sampai Sang Raja bersumpah tidak akan menyakiti orang Jepang. Jepang kemudian menyandera Sankharat (Pendeta Tertinggi) ke mulut Chao Phraya kemudian mereka berangkat ke Jepang.

Tidak lama kemudian, Raja Si Saowaphak dibunuh. Tahta diberikan kepada putra Raja Ekathotsarot dari selir kelas satu, Phra Intharacha, yang telah menjadi pendeta selama 8 tahun. Dia mengambil gelar Phrachao Songtham.

Didahului oleh:
Ekathotsarot
Raja Ayutthaya
1610–1611
Diteruskan oleh:
Songtham