Ramathibodi I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Uthong
Ramathibodi I dari Siam
Penguasa Pertama Ayutthaya
อนุสาวรีย์พระเจ้าอู่ทอง342.jpg
Patung Raja Ramathibodi I di Distrik U Thong, Provinsi Suphan Buri, Thailand
Raja Ayutthaya
Berkuasa4 Maret 1351-1369
PendahuluBelum ada (monarki didirikan)
PenerusRaja Ramesuan
Informasi pribadi
Kelahiran10 Maret 1314
Kematian1369
Nama lengkap
Yang Mulia Raja U-thong, Raja Ramathibodi I
AnakRaja Ramesuan

U-thong[1] (bahasa Thai: สมเด็จพระเจ้าอู่ทอง) atau Ramathibodi I (bahasa Thai: สมเด็จพระรามาธิบดีที่ 1) (1314–1369) adalah raja pertama dari kerajaan Ayutthaya (sekarang bagian dari Thailand), memerintah dari 1351 sampai 1369. Ia dikenal sebagai Pangeran U Thong sebelum ia naik tahta pada tanggal 1350. Ada banyak teori mengenai latar belakang Raja Ramathibodi I, termasuk kemungkinan keturunan Raja Mangrai.

Menurut sumber yang lebih terkenal, catatan abad ke-17 oleh orang Belanda Jeremias Van Vliet, berjudul Legenda Terkenal menyatakan bahwa Raja Ramathibodi adalah seorang etnis Tionghoa, yang berlayar dari Tiongkok. Setelah berhasil dalam perdagangan, dia menjadi cukup berpengaruh untuk memerintah Kota Phetchaburi, sebuah kota di pesisir Teluk Siam, sebelum melanjutkan perjalanan ke Ayutthaya.

Ramathibodi I menetapkan 4 Pejabat Agung Negara. Terdiri dari Kementerian Dalam Negeri (Wieng), Kementerian Perbendaharaan (Klang), Kementerian Rumah Tangga Raja (Wang), dan Kementerian Pertanian (Na). Raja juga mengkodifikasi hukum T'ai. Akhirnya, dia membentuk aliansi dengan Dinasti Ming.

Raja mendirikan ibukotanya sendiri di kota baru, Ayutthaya. Pemerintahan Raja Ramathibodi meliputi Korat, Chantaburi, Tavoy, Tenasserim, dan sebagian besar Malaya.

Pada tahun 1352, Raja mengepung kota Yasodharapura. Dia berhasil pada tahun berikutnya dan menempatkan salah satu putranya di atas takhta. Namun, mereka hanya mampu mempertahankan takhta sampai tahun 1357, ketika Kerajaan Khmer mampu merebutnya kembali.

Kematian Raja Ramathibodi memicu konflik suksesi takhta. Awalnya, putra Raja, Ramesuan menjadi raja Ayutthaya, tetapi Raja Ramesuan kemudian turun tahta demi demi saudara ipar Raja Ramathibodi, Raja Borommaracha I. Persaingan takhta ini mungkin secara damai atau mungkin berdarah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Royal Institute. List of monarchs Ayutthaya. (Thai)
  • Wyatt, David K., Thailand: A Short History, New Haven (Yale University), 2003. ISBN 0-300-08475-7
  • Srisak Vallipodom, Sheikh Ahmad Qomi and the History of Siam, Cultural Center of the Islamic City, Republic of Iran, Bangkok 1995, page 209
  • Plubplung Kongchana, The Persians in Ayutthaya, Institute of Asia Pacific Studies, Srinakharinwirot University.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Raja-raja Sukhothai
Raja Ayutthaya
1350–1369
Diteruskan oleh:
Ramesuan