Shitong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Shitong (Hanzi: 史通; Pinyin: Shǐtōng; harfiah: 'Generalitas Historiografi') adalah kitab historiografi berbahasa Tionghoa pertama yang disusun oleh Liu Zhiji antara 708 dan 710. Kitab ini menggambarkan pola umum historiografi dinasti resmi masa lalu mengenai struktur, metode, tahap-tahap pengaturan, urutan, keterangan dan komentar kembali ke era pra-Dinasti Qin.

Kitab ini berisi sekitar 88.000 kata termasuk komentar Liu, yang dibagi menjadi 39 bab dalam dan 13 bab luar, 3 bab dalam telah hilang sejak zaman Ouyang Xiu, sementara sisanya masih ada. Bab-bab dalam yang merupakan bagian utama dari buku ini memberikan informasi tentang jenis, bentuk, aturan, tata letak, pengumpulan bahan-bahan historis, garis besar, dan prinsip historiografi. Bab-bab luar menggambarkan sistem resmi historiografer, asal dan perkembangan sejarah, serta keberhasilan dan kegagalan sejarawan masa lalu.

Salinan Dinasti Song sudah tidak ada lagi, namun edisi Dinasti Ming yang dicetak ulang masih dapat dilihat. Yang tertua adalah edisi 1535 oleh Lu Shen, versi paling lengkapnya adalah edisi 1577 oleh Zhang Zhixiang, yang diterbitkan oleh Zhonghua Shuju pada tahun 1961.  

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]