Shinbi (karakter)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Shinbi
신비
Sinbi
Tokoh Shinbi's House
Potret Shinbi pada musim 3
Penampilan
perdana
Shinbi Apartment 444 episode 1
PenciptaCJ E&M
Pengisi suaraCho Hyun-jung
Umur102 tahun
Tanggal lahir15 Desember[1]
Informasi
Nama lengkapShinbi
AliasShinbi
JulukanAnak aneh (oleh Hari)[2]
Makhluk hebat setinggi dua kepala (oleh Leon)[3]
Ahli selokan (oleh Hari)[4]
RasGoblin
Jenis kelaminLaki-laki
PekerjaanMenjaga Rumah Shinbi[5]
SenjataMantra sihir
Kewarganegaraan Korea Selatan

Shinbi[6] (Pengucapan Korea: [ɕʰinbi]), adalah salah satu karakter protagonis utama dalam Shinbi's House. Ia diisi suara oleh Cho Hyun-jung. Sementara, untuk pengisi suara bahasa Indonesia (dubbing), ia diisi suara oleh Harry Suseno (musim 1 dan 2), Agus Tunggono (musim 3), Salman Pranata (musim 4), dan Ade Kurniawan (musim 5).[7][8]

Shinbi pertama kali muncul di season 0 episode 1. Saat itu Hari dan Doori melihat Shinbi dan meremehkannya, tetapi saat Hari dan Doori memakan permen Goblin, mata mereka terbuka dan mereka bisa melihat makhluk. Sejak itu, mereka bersepakat, bahwa siapa yang bisa membebaskan jiwa dari makhluk; maka Shinbi akan mengabulkan permintaanya.

Nama[sunting | sunting sumber]

Nama Shinbi (신비) sendiri memiliki arti misteri dalam bahasa Korea. Saat episode pertama musim 1, identitas Shinbi terungkap oleh Hyunwoo. Shinbi kecewa dengan mengatakan bahwa 'aura misterius'-nya sudah hilang.

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Ciri Fisik[sunting | sunting sumber]

Kulit berwarna hijau, pola cahaya goblin di perutnya, mata besar, daun telinga bulat, tubuh kerdil, hidung kecil yang runcing, kaki dan tangan yang pendek, dan memiliki 4 jari. Banyak orang menganggapnya sebagai boneka yang imut karena fisiknya ini.

Pakaian[sunting | sunting sumber]

  • Musim 1 bagian awal: Celana pendek selutut bermotif macan tutul, dan kain merah panjang yang dibentangkan di belakang dengan diikat di leher.
  • Musim 1 bagian akhir sampai Musim 3: Celana biru pendek sampai lutut, dan kain biru pendek menghadap ke belakang yang diikat di lehernya.

Kemunculan[sunting | sunting sumber]

Shinbi muncul di semua episode, kecuali Hari's Special Day dan season 3 episode 17. Walaupun begitu di Hari's Special Day, Shinbi berperan sebagai narator di awal cerita. Dalam The Haunted Memory, Shinbi hanya membuat penampilan cameo, yaitu sebagai boneka dan sebagai item di game Getcha Ghost yang dimainkan oleh Hari.

Kepribadian[sunting | sunting sumber]

Shinbi bersama Doori sering kali mengejek hubungan Hari dengan Kanglim. Shinbi memiliki sifat yang umumnya dimiliki anak-anak, seperti jahil, suka bermain, kekanak-kanakan, dan lain-lain. Uniknya, Shinbi suka makanan dan memiliki sifat rakus.

Kemampuan[sunting | sunting sumber]

Kesaktian[sunting | sunting sumber]

Shinbi memiliki kesaktian yang luar biasa dan kemampuan seperti teleportasi, mencium energi makhluk, mengeluarkan cahaya goblin, mengabulkan permintaan, membuat makhluk hidup dari benda mati. Shinbi juga punya mantra yang umumnya dapat memanipulasi makhluk dan menghindari makhluk.

Kelemahan[sunting | sunting sumber]

Ketika sudah menggunakan mantra, maka kekuatan Shinbi akan habis dan perlu waktu lama untuk mengisinya kembali penuh di luar Gedung Shinbi. Di dalam Rumah Shinbi, maka kekuatannya akan terisi penuh dengan cepat. Shinbi juga hanya bisa menggunakan mantranya sekali sehari di luar gedung Shinbi, dan ia tidak bisa menggunakan mantranya pada diri sendiri, ia hanya bisa menggunakan mantranya pada makhluk. Dan satu lagi, Shinbi mendapat kekuatan di Gedung Shinbi berasal dari orang-orang yang tinggal di rumah Shinbi, termasuk Hari dan Doori. Jadi, jika orang-orang pergi dari Apartemen Shinbi, maka energi Shinbi tidak akan ada. Shinbi dan goblin lainnya tidak boleh membunuh manusia, karena menurut peraturan yang ditetapkan, goblin tidak boleh membunuh manusia meskipun jahat. Jika goblin melawan kodrat, maka ia akan terkurung. Goblin yang baik akan menjadi makhluk jahat ketika ia terlalu marah atau sedih.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Shinbi's House season 1 episode 22
  2. ^ Shinbi Apartment 444 episode 1-2 (Makhluk Terbalik)
  3. ^ Shinbi's House: The Birth of the Ghost Ball X episode 3 (Bella)
  4. ^ Shinbi's House Ghost Ball Double X: 6 Prophecies episode 3 (Crocodilian)
  5. ^ Shinbi Apartment 444 episode 2-1 (Makhluk Petak Umpet)
  6. ^ Shinbi Apartment 444 episode 1-1 (Makhluk Lift)
  7. ^ "Season 3 Shinbi Haunted House Ghost Ball Double X Segera tayang di Net". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-05-26. Diakses tanggal 2021-07-26. 
  8. ^ "Liputan acara Shinbi Haunted House hanya di Net". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-05-20. Diakses tanggal 2021-07-26. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]