She's Leaving Home

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"She's Leaving Home"
Lagu oleh The Beatles
dari album Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band
Dirilis1 Juni 1967
Direkam17 Maret 1967
EMI Studio, London
GenrePop, Ballad
Durasi3:35
LabelParlophone
PenciptaLennon-McCartney
ProduserGeorge Martin
Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band track listing

She's Leaving Home adalah lagu yang dinyanyikan oleh The Beatles, dan ditulis oleh John Lennon dan Paul McCartney. Paul McCartney menulis baitnya dan John Lennon menulis chorusnya.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Inspirasi lagu ini adalah sebuah artikel di Daily Mirror mengenai hilangnya Melanie Coe, yang melarikan diri dari rumahnya. Baris We gave her most of our lives, We gave her everything money could buy diperoleh McCartney dari kata-kata orang tua Coe yang tertulis di koran tersebut. Ada beberapa perbedaan cerita Coe dengan lagu yang ditulis Lennon/McCartney. Coe tidak pergi bersama orang yang memperdagangkan motor (man from the motor trade) seperti yang ditulis dalam lagu itu, tetapi dengan orang yang bekerja di kasino. Coe juga tidak pergi pada pagi hari, tetapi pada siang hari saat orangtuanya pergi.

Rekaman[sunting | sunting sumber]

'She's Leaving Home' diiringi oleh alat musik gesek. Setelah mengetahui George Martin, produser The Beatles, berhalangan untuk menulis partiturnya, McCartney akhirnya meminta Mike Leander untuk menulisnya. Saat itu adalah kali pertama partitur alat musik gesek lagu The Beatles tidak ditulis oleh Martin. Martin sangat kecewa oleh tindakan McCartney tersebut, tetapi akhirnya ia tetap memproduseri lagu itu, dan memimpin orkestranya. Harpa pada lagu ini dimainkan oleh Sheila Boomberg, musisi wanita pertama yang tampil di lagu The Beatles. Melodi lagu ini dinyanyikan oleh McCartney.

Personil[sunting | sunting sumber]

Versi lainnya[sunting | sunting sumber]