Shasta (Narnia)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Shasta atau Pangeran Cor adalah tokoh utama dalam cerita "Kuda dan Anak Manusia", salah satu seri dari "The Chronicles of Narnia" karya C. S. Lewis.

Kisah tentang Shasta terjadi ketika anak-anak Pevensie masih menjadi raja-raja dan ratu-ratu Narnia, sebelum mereka pulang ke dunia kita di akhir cerita "Sang Singa, Sang Penyihir dan Lemari".

Biografi[sunting | sunting sumber]

Shasta dibesarkan oleh nelayan yang bernama Arsheesh, yang tinggal di pantai negeri Calormen. Negeri Calormen adalah sebuah daerah padang pasir di sebelah selatan Narnia, melebihi Archenland dan padang pasir hebat. Shasta percaya bahwa Arsheesh adalah ayahnya sampai ketika ia mendengar Arsheesh bernegosiasi untuk menjualnya ke seorang Tarkaan (bangsawan Calormen) sebagai seorang budak. Ia pergi ke kandang kuda dan mulai berbicara pada seekor kuda untuk menceritakan nasibnya. Ia menjadi terkejut ketika kuda tersebut berbicara balik kepadanya. Ia menceritakan tuan Tarkaannya adalah seorang yang kejam, dan mengusulkan agar ia dan Shasta melarikan diri ke Narnia, tanah kebebasan di mana hampir semua binatang dapat berbicara.

Shasta setuju untuk kabur bersama sang kuda yang diberi nama singkat Bree, dan mereka memulai perjalanan mereka malam itu. Dalam petualangannya lebih lanjut, ia bertemu dengan seorang pelarian lagi, seorang gadis bangsawan Calormen yang bernama Aravis. Aravis juga mengalami hal yang serupa dengan Shasta, yaitu kabur dari Calormen dengan seekor kuda berbicara yang bernama Hwin. Dalam perjalanannya Shasta bertemu dengan seseorang yang sangat mirip dengannya, yaitu Pangeran Corin dari Archenland, di mana sempat terjadi kesalah pahaman.

Shasta mendapat informasi bahwa Calormen berencana untuk menyerang Archenland untuk membuka jalan menguasai Narnia. Ia memulai perjalanannya yang sangat tergesa-gesa untuk memperingatkan Archenland untuk bersiap untuk berperang. Sesampainya di Archenland, Shasta berhasil memperingatkan raja Lune dan bangsawan-bangsawannya akan bahaya yang mengancam. Karena ia tidak bisa mengendalikan kuda, Shasta tertinggal dari rombongan raja Lune ketika berada di jalan yang berkabut tebal. Disana ia mendapat bimbingan dari Aslan sehingga ia bisa sampai di Narnia, di mana ia bisa meminta bantuan makhluk-makhluk Narnia untuk membantu Archenland. Ia sendiri akhirnya terjun ke medan perang.

Setelah perang selesai, ia menemukan kenyataan bahwa ia sebenarnya adalah Pangeran Cor dari Archenland, putra sulung dari Raja Lune dan saudara kembar dari Pangeran Corin. Sewaktu bayi, ia diramalkan akan menjadi penyelamat negeri Archenland dari bahaya besar, karena ramalan tersebut, Pangeran Cor diculik oleh pengkhianat dan akhirnya terdampar di tempat Arsheesh yang memungutnya.

Shasta menjadi keluarga bangsawan dan di kemudian hari menikahi Aravis, mereka tinggal di Anvard (istana raja Lune). Anak mereka, Ram Agung, menjadi raja penerus Cor dan menjadi raja terhebat di sejarah Archenland.

Shasta and Aravis ada di Narnia baru di akhir cerita "Pertempuran Terakhir".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Ford, Paul (2005), Companion to Narnia, Revised Edition, SanFrancisco: Harper, ISBN 0-06-079127-6 
  • Lewis, C. S. (1954), The Horse and His Boy, London: Geoffrey Bles 
  • Lewis, C. S. (1956), The Last Battle, London: Geoffrey Bles 
  • Markos, Louis (2000), The Life and Writings of C. S. Lewis (audio course), Lecture 10: Journeys of Faith-The Chronicles of Narnia II, Chantilly, VA: The Teaching Company, ISBN 1-56585-316-4 
  • Schakel, Peter J. (1979), Reading With the Heart: The Way into Narnia, Grand Rapids: William B. Eerdmans, ISBN 0-8028-1814-5