Penyihir Putih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Narnia character
240px
Jadis Penyihir Putih. Seni karya Leo dan Diane Dillon.
Jadis Penyihir Putih
Title Yang Mulia, Jadis, Ratu Narnia, Chatelaine dari Cair Paravel, Maharani dari Kepulauan Lone (Sebelumnya: Yang Mulia Jadis, Maharani Charn)
Karakter utama di
[[{{{utama1}}}]]
[[{{{utama2}}}]]
Portrayals in adaptations
televisi BBC 1988: Barbara Kellerman
Film Walden/Disney 2005: Tilda Swinton
Film Walden/Disney 2008: Tilda Swinton
Film Walden/Fox 2010: Tilda Swinton

Penyihir putih juga sering disebut dengan nama Jadis adalah karakter di The Lion, the Witch and the Wardrobe. Ia berasal dari sebuah dunia yang bernama Charn. Dunia itu telah menemui akhirnya (kiamat) dan ia adalah ratu terakhir. Sebelumnya ia membeku di salah satu ruangan di istananya, tetapi ia dibangkitkan oleh dua petualang asing yaitu Digory Kirke dan Polly Plummer (The Magician Nephew). Jadis sempat masuk ke London (dunia ini) dan membuat kekacauan. Tetapi Digory dan Polly berhasil membawanya keluar dari London, keluar dari dunia ini. mereka (menggunakan cincin pemberian paman Digory, Andrew Ketterley)membawanya masuk kesebuah tanah yang gelap gulita. Tanah itu adalah Narnia yang belum diciptakan. Jadi ada 6 karakter yang menyaksikan penciptaan Narnia, yaitu Digory, Polly, Paman Andrew, Jadis, Frank(seorang kusir yang keretanya dibajak oleh Jadis) dan kudanya, Strawberry.

Jadis terusir jauh ke utara di Ettinsmoor oleh Aslan, sang Pencipta Narnia. Di sana ia membangun Kastil dan mengumpulkan kekuatan, yang akhirnya ia kembali ke Narnia dan menaklukan seluruh dataran itu, dengan mengutuknya menjadi bersalju selama-lamanya. tetapi sihir itu dapat dipatahkan oleh 2 Putra Adam dan 2 Putri Hawa, Peter, Susan, Edmund, dan Lucy Pevensie, tentunya dengan bantuan Aslan sendiri. Jadis pun akhirnya tewas dengan cakar Aslan. (The Lion, the Witch, and the Wardrobe)

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]