Shaokao

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Shaokao (barbekyu gerai makanan) di luar Universitas Chengdu di Sichuan, Tiongkok

Shaokao (Tionghoa: 燒烤, shāo kǎo), juga diromanisasikan sebagai shao kao, adalah terjemahan "barbekyu" dari bahasa Tionghoa. Ragam-ragam Tionghoa dari praktik tersebut menjadi aspek signifikan dari hidangan Tionghoa.[1] Di Tiongkok, praktik tersebut umum ditemukan di jalanan Tiongkok yang padat dan pasar malam saat makanan jalanan dijual di gerai-gerai makanan[2][3][4] dan merupakan jenis dari xiaochi. Di Tiongkok dan tempat lain, seperti Amerika Serikat, makan malam terkadang juga menyertakan bir sebagai hidangan sampingan.[2]

Shaokao biasanya terdiri dari makanan barbekyu yang sangat pedas yang ditusuk sate. Hidangan tersebut tersedia di nyaris seluruh kota di Tiongkok, dan merupakan hidangan menonjol di Beijing, Tiongkok, dimana beberapa rumah makan mendirikan gerai-gerai makanan di luar ruangan untuk menyajikan produk tersebut. Perhatian soal keamanan pangan berkaitan dengan shaokao dan polusi udara timbul dari gerai-gerai shaokao luar ruangan yang dikaitkan dengan peningkatan tingkat kabut asap di Beijing menimbulkan keluhan terhadap gerai-gerai tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Chen, E. (1976). Introductory Traditional Chinese Regional Cuisine. Traditional Chinese regional cuisine. Esther Chen. hlm. 28. Diakses tanggal May 23, 2016.  (perlu berlangganan)
  2. ^ a b Kauffman, Jonathan (September 14, 2015). "The Chinese street food that's showing up in local restaurants". San Francisco Chronicle. Diakses tanggal May 24, 2016. 
  3. ^ Kepnes, M. (2015). How to Travel the World on $50 a Day: Revised: Travel Cheaper, Longer, Smarter. Penguin Publishing Group. hlm. pt148. ISBN 978-0-698-40495-3. Diakses tanggal May 23, 2016. 
  4. ^ Mayhew, B.; Miller, K.; English, A. (2002). South-West China. Lonely Planet Southwest China. Lonely Planet. hlm. 469. ISBN 978-1-86450-370-8. Diakses tanggal May 23, 2016. 

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "FR 2010" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Hoenig 2010" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Network Miller 2014" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Planet 2016" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Eimer 2014" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Barys 2013" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Wolf 2014" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]