Shadow of the Vampire

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Shadow of the Vampire
ShadowoftheVampireposter.jpg
Poster film Shadow of the Vampire
Sutradara E. Elias Merhige
Produser Nicolas Cage
Jeff Levine
Skenario Steven Katz
Pemeran John Malkovich
Willem Dafoe
Musik Dan Jones
Sinematografi Lou Bogue
Penyunting Chris Wyatt
Perusahaan
produksi
BBC Films
Madman Entertainment
Saturn Films
Distributor Lionsgate Films
Tanggal rilis
  • 15 Mei 2000 (2000-5-15) (Festival Film Cannes)
  • 29 Desember 2000 (2000-12-29) (Amerika Serikat)
  • 2 Februari 2001 (2001-2-2) (Britania Raya)
Durasi
92 menit[1]
Negara Britania Raya
Amerika Serikat
Bahasa Bahasa Inggris
Bahasa Jerman
Bahasa Luksemburg
Anggaran $8 juta[2]
Pendapatan kotor $11,155,214[3]

Shadow of the Vampire adalah film drama horor tahun 2000 yang disutradarai oleh E. Elias Merhige dan diproduseri oleh Nicolas Cage dan Jeff Levine. Naskah film ini ditulis oleh Steven Katz. Film ini dibintangi oleh John Malkovich dan Willem Dafoe.

Film Shadow of the Vampire ditayangkan secara perdana di Festival Film Cannes pada tanggal 15 Mei 2000 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 29 Desember 2000 dan di Britania Raya pada tanggal 2 Februari 2001. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1921, sutradara Jerman Friedrich Wilhelm Murnau (John Malkovich) membawa para aktor, aktris serta kru ke lokasi di Cekoslowakia untuk syuting film Nosferatu, versi yang belum resmi dari novel Dracula karya Bram Stoker. Friedrich membiarkan timnya dalam kegelapan tentang jadwal mereka dan aktor yang berperan sebagai vampir Count Orlok. Hal ini diserahkan kepada aktor utama film lainnya, Gustav von Wangenheim (Eddie Izzard), untuk menjelaskan bahwa aktor utamanya adalah aktor teater Jerman yang tidak dikenal bernama Max Schreck (Willem Dafoe), yang merupakan seorang aktor karakter. Agar dirinya dapat memahami peran sepenuhnya, Max hanya akan tampil di sekitar para aktor atau aktris dan kru dalam tata rias serta tidak akan pernah merusak karakter.

Setelah syuting adegan di sebuah studio dengan aktris terkenal Greta Schröder (Catherine McCormack), yang tidak senang meninggalkan Berlin, tim Friedrich pergi ke penginapan terpencil tempat mereka akan tinggal dan syuting adegan selanjutnya. Sang pemilik penginapan tertekan dengan Friedrich yang membuang salib di sekitar penginapan dan juru kamera Friedrich, Wolfgang Muller (Ronan Vibert), terhipnotis hingga menjadi aneh. Gustav menemukan sebotol darah di antara persediaan makanan mereka dan Friedrich memberikan seekor musang yang dikandangkan di tengah malam.

Suatu malam, Friedrich dan timnya pergi ke sebuah kastil tua Slowakia untuk adegan pertama dengan vampir. Max muncul untuk pertama kalinya dan penampilan dan tingkah lakunya mengesankan dan mengganggu mereka. Produser film, Albin Grau (Udo Kier), mencurigai bahwa Max bukanlah aktor teater Jerman dan bingung ketika Friedrich memberitahu Albin bahwa ia awalnya menemukan Max di kastil. Segera setelah selesainya syuting adegan, Wolfgang ditemukan jatuh di terowongan gelap. Setelah kembali ke penginapan, sang pemilik penginapan tampak ketakutan oleh penampilannya yang pucat dan lemah, lalu ia bergumam "Nosferatu" sambil memegang rosario.

Ketika syuting adegan makan malam antara Gustav dan Count Orlok, Friedrich mengagetkan Gustav dan membuat Gustav memotong jarinya. Max bereaksi liar saat melihat darah dan mencoba minum dari luka Gustav. Generator, yang menyalakan lampu, mati dan ketika lampu kembali menyala, Max telah menyudutkan Wolfgang ke lantai, tampaknya meminum darahnya. Albin meminta syuting film ini berakhir malam itu juga dan para kru bergegas keluar dari kastil, meninggalkan Max sendirian. Max memeriksa peralatan kamera dan terpesona oleh rekaman matahari terbit.

Max sebenarnya adalah vampir yang sesungguhnya, lalu Friedrich telah membuat kesepakatan dengan Max untuk menciptakan film vampir yang paling realistis. Friedrich telah menjanjikan Greta sebagai hadiah Max, namun Max tetap menjaga perannya yang sulit. Dengan Wolfgang yang nyaris mati, Friedrich terpaksa membawa sinematografer lain, Fritz Arno Wagner (Cary Elwes). Ketika Friedrich tidak ada, Max mendekati Albin dan penulis skenario, Henrik Galeen (John Aden Gillet). Mereka mengundang Max untuk bergabung dengan mereka, lalu mereka mempertanyakan Max, yang percaya bahwa ia masih berkarakter. Max menunjukkan kesepian dan kesedihan Drakula yang mencoba mengingat bagaimana melakukan aktivitas sehari-hari. Ketika mereka bertanya bagaimana ia menjadi vampir, Max memberitahu bahwa ia melakukannya karena seorang wanita. Seekor kelelawar terbang dan Max menangkapnya dan menghisap darahnya. Mereka terkesan dengan apa yang mereka anggap akting berbakat.

Tim Friedrich pindah ke Heligoland untuk syuting adegan terakhir dan Friedrich mengakui sifat alami Max terhadap Albin dan Fritz. Mereka menyadari bahwa mereka terjebak di pulau itu dan tidak memiliki pilihan lain selain menyelesaikan syuting film dan menyerahkan Greta kepada vampir itu jika mereka ingin bertahan hidup. Greta histeris setelah melihat Max yang tidak memiliki pantulan. Friedrich, Albin dan Fritz membius Greta, lalu mereka merekam adegan ketika Max memakan Greta dan membunuhnya, namun obat bius dalam darah Greta menyebabkan Max tertidur. Saat fajar, mereka bertiga berupaya untuk membuka pintu dan membiarkan sinar matahari menghancurkan Max. Max sebelumnya memotong rantai setelah ia mengetahui bahwa mereka bertiga menipu Max. Max membunuh Fritz dan Albin ketika Friedrich melanjutkan pembuatan film. Henrik dan kru lainnya tiba tepat waktu untuk membuka pintu agar sinar matahari masuk ke ruangan itu, menghancurkan Max ketika Friedrich merekam adegan kematiannya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • John Malkovich sebagai Friedrich Wilhelm Murnau, sutradara film Nosferatu
  • Willem Dafoe sebagai Max Schreck, aktor yang berperan sebagai Count Orlok / Drakula
  • Cary Elwes sebagai Fritz Arno Wagner, sinematografer film Nosferatu
  • John Aden Gillet sebagai Henrik Galeen, penulis naskah film Nosferatu
  • Eddie Izzard sebagai Gustav von Wangenheim, aktor yang berperan sebagai Thomas Hutter / Jonathan Harker
  • Udo Kier sebagai Albin Grau, okultis, produser, penata artistik dan perancang kostum film Nosferatu
  • Catherine McCormack sebagai Greta Schröder, aktris yang berperan sebagai Ellen Hutter / Mina Harker
  • Ronan Vibert sebagai Wolfgang Muller
  • Nicholas Elliott sebagai Paul
  • Sophie Langevin sebagai Elke
  • Myriam Muller sebagai Maria

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Shadow of the Vampire mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 81%, berdasarkan 135 ulasan, dengan rating rata-rata 7/10.[4] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 71 dari 100, berdasarkan 31 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[5]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film Shadow of the Vampire mendapatkan $8,293,784 di Amerika Utara dan $2,861,430 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $11,155,214, melebihi anggaran produksi film $8 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $150,171, menempati posisi ke-33 di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Shadow of the Vampire (15)". British Board of Film Classification. July 31, 2000. Diakses tanggal October 19, 2014. 
  2. ^ "Shadow of the Vampire (2000)". The Numbers. Diakses tanggal October 8, 2014. 
  3. ^ a b c "Shadow of the Vampire (2000)". Box Office Mojo. Diakses tanggal November 18, 2016. 
  4. ^ "Shadow of the Vampire (2000)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "Shadow of the Vampire reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]