Serak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Serak
Rentang fosil: Akhir eosen – sekarang
Tyto novaehollandiae
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Tytonidae

Ridgway, 1914
Genus

Lihat teks

Sinonim
  • Tytoninae sensu Sibley & Ahlquist

Serak (keluarga Tytonidae ) adalah satu dari dua keluarga burung hantu yang masih ada selain burung hantu sejati (Famili Strigidae). Mereka adalah burung hantu berukuran sedang hingga besar dengan kepala besar dan ciri khas wajah berbentuk hati. Mereka mempunyai kaki yang panjang dan kuat dengan cakar yang kuat. Mereka juga berbeda dari Strigidae dalam detail struktural khususnya yang berkaitan dengan tulang dada dan kaki.[1]

Serak adalah keluarga burung yang luas, meskipun mereka tidak ada di Amerika Utara bagian utara, Afrika Sahara, dan sebagian besar Asia. Mereka hidup di berbagai habitat mulai dari gurun hingga hutan, dan dari daerah beriklim sedang hingga daerah tropis. Di habitat tersebut, mereka tinggal di dekat kawasan pertanian dengan aktivitas manusia yang tinggi.[2] Mayoritas dari 20 spesies burung hantu yang masih hidup kurang dikenal. Beberapa diantaranya, seperti burung hantu merah, hampir tidak pernah dilihat atau dipelajari sejak penemuannya, berbeda dengan burung serak pada umumnya, yang merupakan salah satu spesies burung hantu paling terkenal di dunia. Namun, beberapa subspesies serak mungkin layak menjadi spesies terpisah, namun sangat kurang dikenal.

Lima spesies burung serak terancam, dan beberapa spesies punah selama Holosen atau sebelumnya (misalnya Tyto pollens yang diketahui dari catatan fosil Pulau Andros di Bahama, dan mungkin menjadi dasar mitos chickcharney).[3] Burung serak kebanyakan aktif di malam hari dan umumnya tidak bermigrasi, serta hidup berpasangan atau sendirian.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Ciri utama burung serak adalah cakram wajah berbentuk hati, dibentuk oleh bulu kaku yang berfungsi untuk memperkuat dan menemukan sumber suara saat berburu.[4] Adaptasi lebih lanjut pada bulu sayap menghilangkan suara yang disebabkan oleh terbang, membantu pendengaran burung serak untuk mendengarkan mangsa yang tersembunyi dan menjaga mangsa tidak menyadari keberadaan burung serak.

Bur serak sg secara keseluruhan memiliki punggung yang lebih gelap daripada bagian depannya, biasanya berwarna oranye kecokelatan, bagian depannya merupakan versi punggung yang lebih pucat atau berbintik-bintik, meskipun banyak variasi yang terlihat bahkan di dalam spesies.

Burung serak dalam genera Phodilus sangat mirip dengan burung serak dalam genera Tyto, namun memiliki cakram wajah yang terbagi, jumbai telinga, dan cenderung lebih kecil.

Daftar Genus [5][sunting | sunting sumber]

Penempatan Belum Terselesaikan[sunting | sunting sumber]

  • Tytonidae gen. et sp. indet. "TMT 164" - Diragukan apakah termasuk bagian dari genus Prosybris atau bukan
  • Genus Palaeotyto, penempatannya dalam famili ini bersifat tentatif & mungkin termasuk dalam famili Sophiornithidae.
  • Genus Palaeobyas, penempatannya dalam famili ini bersifat tentatif & mungkin termasuk dalam famili Sophiornithidae.

Sebelumnya Ditempatkan Disini[sunting | sunting sumber]

Basityto yang dianggap sebagai "burung hantu gudang raksasa" dari Eosen Awal Grafenmühle (Jerman) sebenarnya adalah bagian dari genus Balearica (genus burung jenjang).[6] "Burung hantu gudang Pulau Paskah" berdasarkan tulang subfosil yang ditemukan di Pulau Paskah ternyata merupakan bagian dari famili procellariidae.[7] Dan spesimen yang awalnya dideskripsikan sebagai fosil Pliosen Lechusa stirtoni sekarang ditentukan sebagai sisa-sisa burung serak Amerika modern.[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bruce, M. D. (1999): Family Tytonidae (Barn-owls). In: del Hoyo, J.; Elliott, A. & Sargatal, J. (eds): Handbook of Birds of the World Volume 5: Barn-owls to Hummingbirds: 34-75, plates 1-3. Lynx Edicions, Barcelona. ISBN 8487334253
  2. ^ Kross, Sara M.; Bourbour, Ryan P.; Martinico, Breanna L. (1 May 2016). "Agricultural land use, barn owl diet, and vertebrate pest control implications". Agriculture, Ecosystems & Environment (dalam bahasa Inggris). 223: 167–174. doi:10.1016/j.agee.2016.03.002. ISSN 0167-8809. 
  3. ^ Marcot, Bruce G. (1995). "Owls of Old Forests of the World" (PDF). United States Department of Agriculture - Forest Service. hlm. 26. Diakses tanggal 6 March 2019. 
  4. ^ Grzimek, B.; Immelmann, K. (1977). Grzimek's Encyclopedia of Ethology. Van Nostrand Reinhold Company. hlm. 133. ISBN 9780442229467. LCCN 76009298. 
  5. ^ Gill, Frank; Donsker, David, ed. (2017). "Owls". World Bird List Version 7.3. International Ornithologists' Union. Diakses tanggal 28 August 2017. 
  6. ^ Mourer-Chauviré, Cécile (December 2001). "The systematic position of the genus Basityto, Mlikovsky 1998" (PDF). Proceedings of the Biological Society of Washington. 114 (4): 964–971. 
  7. ^ Steadman, David William (2006): Extinction and Biogeography of Tropical Pacific Islands Birds. University of Chicago Press. ISBN 0-226-77142-3.
  8. ^ Chandler, Robert M. (July–September 1982). "A Reevaluation of the Pliocene Owl Lechusa Stirtoni Miller" (PDF). Auk. 99 (3): 580–581. doi:10.1093/auk/99.3.580 – via SORA.