Sepak bola di Spanyol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Parade tim nasional Spanyol sedang merayakan keberhasilan menjadi juara di Piala Dunia FIFA 2010.

Di Spanyol sepak bola adalah olahraga paling populer. Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol (bahasa Spanyol: Real Federación Española de Fútbol) atau yang biasa singkat dengan RFEF adalah badan nasional pengendali sepak bola di Spanyol yang mengatur La Liga, Copa del Rey dan tim nasional sepak bola Spanyol. Sepak bola modern diperkenalkan ke Spanyol pada akhir abad ke-19 oleh gabungan antara sebagian besar pekerja imigran Inggris, para pelaut yang sedang berlabuh dan mahasiswa Spanyol yang berasal dari Inggris.

Klub sepak bola tertua di Spanyol adalah Recreativo de Huelva yang dibentuk pada tanggal 23 Desember 1889 oleh Dr Mackey dan pekerja Inggris yang dipekerjakan oleh perusahaan Rio Tinto. Meskipun pada tahun 1886 sudah ada Gimnàstic de Tarragona dan Sevilla FC pada tahun 1890, dua klub itu tidak membentuk tim sepak bola yang sebenarnya sampai pada tahun 1914 dan 1905. Pertandingan resmi pertama sepak bola di Spanyol berlangsung di Sevilla pada 8 Maret 1890 di Tablada Hippodrome. Recreativo de Huelva bermain melawan Sevilla FC, sebuah tim yang terdiri dari para pekerja dari Seville Water Works. Kecuali dua pemain dari Spanyol di tim Huelva, semua pemain di kedua tim berasal dari Inggris. Ini adalah alasan mengapa tim ini disebut Sevilla FC (football club) dan tidak disebut dengan Sevilla CF (club de Fútbol) sesuai dengan Bahasa Spanyol. ​

Di daerah Basque pada awal tahun 1890-an, pekerja galangan kapal Inggris dan para penambang membentuk Bilbao Football Club dan mahasiswa Basque yang kembali dari Inggris mendirikan Athletic Club pada tahun 1898. Pengaruh awal Inggris tercermin dalam penggunaan kata Inggris seperti Recreation Club, Athletic Club dan Football Club.

Barcelona dan Real Madrid adalah klub Spanyol yang paling sukses, baik di liga nasional maupun kompetisi internasional. Saat ini Real Madrid adalah klub dengan gelar juara Liga Champions UEFA terbanyak di Eropa dengan rekor 9 kali juara. Sementara FC Barcelona adalah satu-satunya tim untuk mencapai enam piala (gelar) pada tahun 2009.

Tim nasional Spanyol adalah juara bertahan pada Piala Dunia FIFA 2010 dan Kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA 2012. Di Eropa tim nasional Spanyol menjadi tim pertama yang berhasil menjadi juara sebanyak dua kali berturut-turut setelah sebelumnya mereka menjadi juara pada tahun 2008

Dalam daftar peringkat yang diterbitkan oleh FIFA dan World Football Elo Ratings, tim nasional Spanyol saat ini menduduki sebagai peringkat pertama.[1][2] Prestasi ini telah menyebabkan banyak komentator, para ahli dan mantan pemain untuk mempertimbangkan bahwa Tim nasional sepak bola Spanyol saat ini adalah yang terbaik yang pernah ada di dunia sepak bola.[3][4][5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "FIFA/Coca-Cola World Ranking". FIFA.com. The Fédération Internationale de Football Association. Diakses tanggal 7 Juni 2013. 
  2. ^ "World Football Elo Ratings: World". eloratings.net. The World Football Elo Ratings. Diakses tanggal 7 Juni 2013. 
  3. ^ "Euro 2012: Are Spain the best team of all time?". BBC Sport. BBC. 2 Juli 2012. Diakses tanggal 7 Juni 2013. 
  4. ^ Klinsmann, Jurgen (29 Juni 2012). "Klinsmann: Spain win over Italy would make them team of century". BBC. Diakses tanggal 7 Juni 2013. 
  5. ^ Carlisle, Jeff (1 Juli 2012). "Why this Spain side is all-time best". ESPNFC.com (ESPN). Diakses tanggal 7 Juni 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]