Sepak bola di Spanyol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Parade tim nasional Spanyol sedang merayakan keberhasilan menjadi juara di Piala Dunia FIFA 2010.

Di Spanyol sepak bola adalah olahraga paling populer. Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol (bahasa Spanyol: Real Federación Española de Fútbol) atau yang biasa singkat dengan RFEF adalah badan nasional pengendali sepak bola di Spanyol yang mengatur La Liga, Copa del Rey dan tim nasional sepak bola Spanyol. Sepak bola modern diperkenalkan ke Spanyol pada akhir abad ke-19 oleh gabungan antara sebagian besar pekerja imigran Inggris, para pelaut yang sedang berlabuh dan mahasiswa Spanyol yang berasal dari Inggris.

Klub sepak bola tertua di Spanyol adalah Recreativo de Huelva yang dibentuk pada tanggal 23 Desember 1889 oleh Dr Mackey dan pekerja Inggris yang dipekerjakan oleh perusahaan Rio Tinto. Meskipun pada tahun 1886 sudah ada Gimnàstic de Tarragona dan Sevilla FC pada tahun 1890, dua klub itu tidak membentuk tim sepak bola yang sebenarnya sampai pada tahun 1914 dan 1905. Pertandingan resmi pertama sepak bola di Spanyol berlangsung di Sevilla pada 8 Maret 1890 di Tablada Hippodrome. Recreativo de Huelva bermain melawan Sevilla FC, sebuah tim yang terdiri dari para pekerja dari Seville Water Works. Kecuali dua pemain dari Spanyol di tim Huelva, semua pemain di kedua tim berasal dari Inggris. Ini adalah alasan mengapa tim ini disebut Sevilla FC (football club) dan tidak disebut dengan Sevilla CF (club de Fútbol) sesuai dengan Bahasa Spanyol.

Di daerah Basque pada awal tahun 1890-an, pekerja galangan kapal Inggris dan para penambang membentuk Bilbao Football Club dan mahasiswa Basque yang kembali dari Inggris mendirikan Athletic Club pada tahun 1898. Pengaruh awal Inggris tercermin dalam penggunaan kata Inggris seperti Recreation Club, Athletic Club dan Football Club.

Barcelona dan Real Madrid adalah klub Spanyol yang paling sukses, baik di liga nasional maupun kompetisi internasional. Saat ini Real Madrid adalah klub dengan gelar juara Liga Champions UEFA terbanyak di Eropa dengan rekor 11 kali juara. Sementara FC Barcelona adalah satu-satunya tim untuk mencapai enam piala (gelar) pada tahun 2009.

Tim nasional Spanyol adalah juara bertahan pada Piala Dunia FIFA 2010 dan Kejuaraan Eropa UEFA 2012. Di Eropa tim nasional Spanyol menjadi tim pertama yang berhasil menjadi juara sebanyak dua kali berturut-turut setelah sebelumnya mereka menjadi juara pada tahun 2008

Dalam daftar peringkat yang diterbitkan oleh FIFA dan World Football Elo Ratings, tim nasional Spanyol saat ini menduduki sebagai peringkat pertama.[1][2] Prestasi ini telah menyebabkan banyak komentator, para ahli dan mantan pemain untuk mempertimbangkan bahwa Tim nasional sepak bola Spanyol saat ini adalah yang terbaik yang pernah ada di dunia sepak bola.[3][4][5] Sejarah Liga Spanyol – Pada tahun 1927 barulah dimulai pembentukan La Liga yang mana pada saat itu direktur liga Spanyol bernama Jose Maria Acha dari Arenas Club de Getxco dengan gagasannya yang mampu membuat kompetisi sepak bola di Spanyol menjadi lebih maju.

Butuh waktu yang panjang bagi Jose Maria agar gagasannya bisa terwujud, setelah melalui perdebatan yang panjang, barulah Federacion Espanola de Futbol ini akhirnya memulai La Liga, disaat ini masih memasukkan sekitar 10 tim ke dalam premera Division yang dibagi menjadi beberapa bagian, pertama untuk 6 tim diantaranya yang kita kenal dengan klub Barcelona, Real Madrid, Real Socieded, Athletic Bilbao, Arenas Club de Getxco dan Real Union sedangkan pada saat itu pada tahun 1929.

La Liga sebagai salah satu ajang turnamen bergengsi yang memulai debut nya pada tahun pertama dan menggelar banyak pertandingan yang semakin berkembang dengan baik dari tahun ke tahun. Sejarah Lengkap Liga Spanyol

Ajang La Liga sekarang ini sudah memiliki sekitar 20 tim sejak di mulai pada tahun 1929 sampai 2014 tahun kemrin, tim dengan kejuaraan terbanyak di dominiasi oleh asal ibu kota itu sendiri yaitu Real Madrid dengan total peraihan gelar juara 32 kali la Liga yang mana pada saat itu juga di ikuti oleh rival abadinya “ Barcelona” dengan pencapain kejuaraan mencapai 22 kali di La Liga.

Meskipun begitu, ada beberapa club yang pernah mendapatkan posisi untuk duduk di devisi teratas la Liga, tetapi itu tidak bertahan lama karena ada Real madrid dan Barcelona FC yang selalu bersaing untuk mendapatkan posisi terbaik di La Liga.

Sayangnya, untuk tahun 1940, La Liga harus dihentikan terlebih dahulu karena ada perang dunia Ke II yang berdampak pada negara tersebut dan dilanjutkan kembali sampai perang benar-benar usai.

Pada La Liga, ada beberapa klub besar yang pernah ikut untuk merasakan kompetisi paling besar di Spanyol pada waktu itu, klub ini bernama Altetico Aviacion, Velencia dan Sevilla.

Sedangkan untuk Atlentico dan Valancia juga pernah mendapatkan posisi terpuncak pada tahun 1940 – 1945, hingga pada akhirnya El Real mulai menguasai La Liga yang sudah berjalan 20 tahun waktu itu, sayangnya Barcelona terus berhasil mendahului Real Madrid untuk menduduki La Liga kembali.

Tahun 2008, mulai terjadi persaingan yang lebih sengit semenjak El Classico antara Barcelona dan Madrid di mulai pada La Liga.

Secara resmi, La Liga memilih pergantian nama menjadi Liga BBVA yang mana tujuan pergantian nama ini memiliki makna bahwa persepakbolaan Spanyol berkembang dengan profesionalitas dari kerja Asosiasi Persepakbolaan di Spanyol.

Sayangnya, dari pergantian nama ini tentu memiliki efek samping yang imbasnya pada peraturan sistem yang sudah lama di pakai oleh La Liga selama bertahun-tahun lamanya. Ini yang membuat sistem La Liga masih menjadi pro dan kontra dari setiap klub yang bergabung di dalamnya.

Aturan sistem baru dari LA Liga diturunkan menjadi Segunda Devision dan tim teratas di Segunda bisa naik ke Liga BBVA.

Meskipun banyak pertentangan dari sistem baru La Liga ini, namun atas pretasi dan konstribusi La Liga di pesepakbolaan Spanyol dan diakui oleh dunia, maka La Liga di beri anugerah sebuah penghargaan IFFHS “ The International Federation of Football History and Statistic “ dan menjadikan La Liga sebagai salah satu kompetisi sepak bola paling bergengsi dan terbaik di dunia.

Tidak mengherankan karena berkat beberapa club yang sudah mendedikasikan dirinya sebagai klub terbaik dari Spanyol, mampu membawa nama La Liga berkembang dan mulai populer di kalangan klub lain, ini membuat La Liga menjadikan kompetisi yang bebas dari masalah.

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, liga ini memiliki aturan yang ketat terutama kalau berbicara tentang transfer pemain dari tim yang bisa dikatakan cukup terbatas dibandingkan transfer permain dari liga Inggris.

Pada La Liga, setiap pemain yang ingin beralih dari satu devisi tidak bisa dilakukan dalam musim yang sama, ini juga berlaku untuk tim yang terdaftar dalam skuad dari 25 pemain. Awal Mula Perayaan La Liga

Sama seperti dengan perayaan liga lain di seluruh dunia, kompetisi ini membuat banyak tim pernah mendapatkan kesempatan untuk menduduki posisi teratas dari kompetisi la Liga, sedangkan itu tidak bertahan lama karena Real madrid dan Barcelona benar-benar bersaing dengan keras untuk mendapatkan posisi terbaik di kala itu.

Berikut ini adalah beberapa informasi lebih rinci dari daftar juara La Liga atau Primera Division.

Tahun Kejuaraan 1970: Klub Bola Atlético de Madrid Tahun Kejuaraan 1971: Klub Bola Valencia CF Tahun Kejuaraan 1972: Klub Bola Real Madrid Tahun Kejuaraan 1973: Klub Bola Atlético de Madrid Tahun Kejuaraan 1974: Klub Bola FC Barcelona Tahun Kejuaraan 1975: Klub Bola Real Madrid Tahun Kejuaraan 1976: Klub Bola Real Madrid Tahun Kejuaraan 1977: Klub Bola Atlético de Madrid Tahun Kejuaraan 1978: Klub Bola Real Madrid Tahun Kejuaraan 1979: Klub Bola Real Madrid Tahun Kejuaraan 1980: Klub Bola Real Madrid Tahun Kejuaraan 1981: Klub Bola Real Sociedad Tahun Kejuaraan 1982: Klub Bola Real Sociedad Tahun Kejuaraan 1983: Klub Bola Athletic Bilbao Tahun Kejuaraan 1984: Klub Bola Athletic Bilbao Tahun Kejuaraan 1985: Klub Bola FC Barcelona Tahun Kejuaraan 1986: Klub Bola Real Madrid Tahun Kejuaraan 1987: Klub Bola Real Madrid Tahun Kejuaraan 1988: Klub Bola Real Madrid Tahun Kejuaraan 1989: Klub Bola Real Madrid Tahun Kejuaraan 1990: Klub Bola Real Madrid Tahun Kejuaraan 1991: Klub Bola FC Barcelona Tahun Kejuaraan 1992: Klub Bola FC Barcelona Tahun Kejuaraan 1993: Klub Bola FC Barcelona Tahun Kejuaraan 1994: Klub Bola FC Barcelona Tahun Kejuaraan 1995: Klub Bola Real Madrid Tahun Kejuaraan 1996: Klub Bola Atlético de Madrid Tahun Kejuaraan 1997: Klub Bola Real Madrid Tahun Kejuaraan 1998: Klub Bola FC Barcelona Tahun Kejuaraan 1999: Klub Bola FC Barcelona Tahun Kejuaraan 2000: Klub Bola Deportivo de La Coruña Tahun Kejuaraan 2001: Klub Bola Real Madrid Tahun Kejuaraan 2002: Klub Bola Valencia CF Tahun Kejuaraan 2003: Klub Bola Real Madrid Tahun Kejuaraan 2004: Klub Bola Valencia CF Tahun Kejuaraan 2005: Klub Bola FC Barcelona Tahun Kejuaraan 2006: Klub Bola FC Barcelona Tahun Kejuaraan 2007: Klub Bola Real Madrid Tahun Kejuaraan 2008: Klub Bola Real Madrid Tahun Kejuaraan 2009: Klub Bola FC Barcelona Tahun Kejuaraan 2010: Klub Bola FC Barcelona Tahun Kejuaraan 2011: Klub Bola FC Barcelona Itulah informasi mengenai sejarah lengkap liga Spanyol yang mungkin membuat anda penasaran ingin mengetahuinya, bagi anda pecinta klub liga Spanyol bisa membeli Jersey lengkap di Toko Jersey Enkosa Tanah Abang, Jakarta.

Menyediakan berbagai jenis Jersey dengan kualitas terbaik dan tentunya terdapat banyak macam jersey dari klub liga Spanyol. Terimakasih.

Sumber: https://www.enkosa.com/2020/05/sejarah-liga-spanyol-lengkap.html?m=1

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "FIFA/Coca-Cola World Ranking". FIFA.com. The Fédération Internationale de Football Association. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-24. Diakses tanggal 7 Juni 2013. 
  2. ^ "World Football Elo Ratings: World". eloratings.net. The World Football Elo Ratings. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-07-20. Diakses tanggal 7 Juni 2013. 
  3. ^ "Euro 2012: Are Spain the best team of all time?". BBC Sport. BBC. 2 Juli 2012. Diakses tanggal 7 Juni 2013. 
  4. ^ Klinsmann, Jurgen (29 Juni 2012). "Klinsmann: Spain win over Italy would make them team of century". BBC. Diakses tanggal 7 Juni 2013. 
  5. ^ Carlisle, Jeff (1 Juli 2012). "Why this Spain side is all-time best". ESPNFC.com. ESPN. Diakses tanggal 7 Juni 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]