Sendok sauk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sendok sauk makanan
Sendok sauk pengukur

Dalam penggunaan umum, sendok sauk[1] adalah sendok khusus yang digunakan untuk menyajikan makanan.[2]

Dalam istilah teknis yang digunakan oleh industri jasa makanan dan industri perkakas makanan eceran dan grosir, ada perbedaan yang jelas antara tiga jenis sendok sauk: sendok sauk makanan, yang digunakan untuk mengukur porsi misalnya adonan kue, untuk membuat bola melon, dan sering untuk menyajikan es krim (walaupun produsen sering menyarankan agar tidak menggunakan sendok sauk makanan untuk es krim dan makanan beku lainnya);[butuh rujukan] sendok sauk es krim, dan sendok sauk digunakan untuk mengukur atau untuk menciduk jumlah bahan makanan kering curah yang tidak ditentukan seperti beras, tepung, atau gula.

Sendok sauk makanan[sunting | sunting sumber]

Sendok sauk makanan biasanya berbentuk setengah bola seperti sendok sauk es krim, sedangkan sendok sauk takar biasanya berbentuk silinder, dan sendok sauk serbaguna biasanya berbentuk sekop . Beberapa sendok sauk makanan memiliki tuas mekanis yang membantu mengeluarkan isi bahan pangan. Secara tradisional sendok sauk makanan diukur dengan jumlah sendok sauk per liter tetapi juga dapat diukur dengan ons, diameter mangkuk, atau jumlah sendok makan yang mereka pegang.

Sendok sauk es krim[sunting | sunting sumber]

Beberapa sendok sauk es krim kelas atas memiliki cairan konduktif termal di gagangnya untuk membantu menjaga es krim agar tidak membeku pada logam sendok.

Sendok sauk serbaguna[sunting | sunting sumber]

Sendok sauk serbaguna (alias sendok utilitas) digunakan untuk memindahkan makanan curah dari wadah penyimpanan besar ke wadah yang lebih kecil, dan umumnya tidak memiliki tanda pengukuran, karena tujuannya adalah untuk memindahkan, dan mempersingkat waktu untuk menyesuaikan jumlah dalam satu sendok akan memperlambat tingkat pemindahan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "sauk". Wiktionary bahasa Indonesia. 2017-05-02. 
  2. ^ "Scoop utensil United States Patent 6733056". Freepatentsonline.com. 2002-06-14. Diakses tanggal 2014-03-11.