Sendat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam komputer, sendat atau lag adalah penundaan ( latensi ) antara tindakan pengguna (input) dan reaksi peladen yang mendukung tugas tersebut, yang harus dikirim kembali ke klien .

Kemampuan pemain untuk menoleransi sendat tergantung dari jenis permainan yang dimainkan. Misalnya, permainan strategi atau permainan bergilir dengan kecepatan lambat mungkin memiliki ambang batas yang tinggi atau bahkan sebagian besar tidak terpengaruh oleh sendat yang tinggi. Gim dengan tata permainan kedutan seperti tembak-menembak orang pertama atau gim pertarungan dengan kecepatan yang jauh lebih cepat mungkin memerlukan sendat yang jauh lebih rendah untuk memberikan alur main yang memuaskan.

Waktu ping[sunting | sunting sumber]

Waktu ping adalah penundaan jaringan untuk perjalanan bolak-balik antara klien pemain dan peladen permainan yang diukur dengan utilitas ping atau yang setara. Waktu ping adalah waktu rata-rata yang diukur dalam milidetik (ms). Semakin rendah pingnya, semakin rendah latensinya dan semakin sedikit sendat yang akan dialami pemain. Ping tinggi dan ping rendah adalah istilah yang umum digunakan dalam permainan daring di mana ping tinggi mengacu pada ping yang menyebabkan sendat yang parah; sementara tingkat ping apa pun dapat menyebabkan sendat, sendat yang parah biasanya ditunjukkan dengan ping lebih dari 100 MS.[1] Penggunaan ini adalah bahasa sehari-hari budaya gim dan tidak umum ditemukan atau digunakan di kalangan jaringan komputer profesional. Dalam gim yang mengutamakan pengaturan waktu, seperti gim tembak-menembak orang pertama dan strategi waktu-nyata, ping rendah selalu diinginkan, karena ping rendah berarti alur main lebih mulus dengan memungkinkan pembaruan data gim yang lebih cepat antara klien pemain dan peladen gim.

Latensi tinggi dapat menyebabkan sendat. Peladen permainan dapat memutuskan klien jika latensi terlalu tinggi dan dapat merugikan alur main pemain lain. Demikian pula, perangkat lunak klien akan sering mengamanatkan pemutusan jika latensi terlalu tinggi. Ping tinggi juga dapat menyebabkan peladen rengkah karena ketidakstabilan.

Dalam beberapa permainan tembak-menembak orang pertama, ping yang tinggi dapat menyebabkan pemain secara tidak sengaja mendapatkan keuntungan yang tidak adil, seperti menghilang dari satu lokasi dan secara instan muncul kembali di tempat lain, mensimulasikan efek teleportasi, sehingga menyulitkan pemain lain untuk menilai karakter mereka. posisi dan selanjutnya membuat pemain jauh lebih sulit untuk ditargetkan. Untuk mengatasi ini, banyak peladen game secara otomatis menendang pemain dengan ping lebih tinggi dari rata-rata. Sebaliknya, ping yang tinggi dapat membuat pemain sangat sulit untuk memainkan permainan karena efek negatif yang terjadi, sehingga sulit bagi pemain untuk melacak pemain lain dan bahkan memindahkan karakternya.

Alih-alih menggunakan permintaan gema ICMP tradisional dan paket jaringan balasan untuk menentukan waktu ping, pengaturcara permainan video sering membuat deteksi latensi mereka sendiri ke dalam paket game yang ada (biasanya berdasarkan protokol UDP ).

Beberapa faktor yang mungkin mempengaruhi ping antara lain: protokol komunikasi yang digunakan, ajuan lintas Internet (kecepatan koneksi), kualitas penyedia layanan Internet pengguna, dan konfigurasi dinding api . Ping juga dipengaruhi oleh lokasi geografis. Misalnya, jika seseorang berada di India, bermain di peladen yang berlokasi di Amerika Serikat, jarak antara keduanya lebih jauh daripada pemain yang berlokasi di AS, dan oleh karena itu dibutuhkan waktu lebih lama untuk mengirimkan data. Namun, jumlah pengalihan paket dan perangkat keras jaringan di antara kedua komputer seringkali lebih signifikan. Misalnya, kartu antarmuka jaringan nirkabel harus memodulasi sinyal digital menjadi sinyal radio, yang seringkali lebih mahal daripada waktu yang dibutuhkan sinyal listrik untuk melintasi rentang kabel biasa. Dengan demikian, ping yang lebih rendah dapat menghasilkan tingkat pengunduhan dan pengunggahan Internet yang lebih cepat.

Permainan gemawan[sunting | sunting sumber]

Permainan gemawan adalah jenis permainan daring di mana seluruh permain diacarakan di peladen permainan di pusat data, dan pengguna hanya menjalankan klien lemah secara lokal yang meneruskan tindakan pengendali permainan dengan mengunggahsiarkan ke peladen permainan. Peladen permainan kemudian memilah bingkai berikutnya dari permainan video yang dikompresi menggunakan kompresi video sendat rendah dan dikirim ke hilir dan diawakompresi oleh klien lemah. Agar pengalaman permainan gemawan dapat dinikmati, kelambatan bolak-balik dari semua elemen sistem permainan gemawan (klien lemah, koneksi Internet dan/atau LAN ke peladen permainan, eksekusi permainan ke peladen permainan, video dan audio kompresi dan awakompresi, dan tampilan video pada perangkat tampilan ) harus cukup rendah sehingga persepsi pengguna adalah bahwa permainan berjalan secara lokal. [2] [3] Karena persyaratan sendat yang begitu ketat, pertimbangan jarak dari kecepatan cahaya melalui serat optik ikut berperan, saat ini membatasi jarak antara pengguna dan peladen pemain permainan gemawan hingga sekitar 1000 mil, menurut OnLive .[4] Ada juga banyak kontroversi tentang sendat yang terkait dengan permainan gemawan. Dalam game multipemain yang menggunakan arsitektur jaringan klien/peladen, komputer pemain memilah grafik game secara lokal dan hanya informasi tentang tindakan pemain dalam game yang dikirim ke peladen. Misalnya, saat pemain menekan tombol, karakter di layar langsung melakukan tindakan yang sesuai. Namun, konsekuensi dari tindakan tersebut seperti musuh terbunuh hanya terlihat setelah jeda singkat karena waktu yang dibutuhkan untuk tindakan mencapai peladen. Ini hanya dapat diterima selama respons terhadap masukan pemain cukup cepat.

Saat menggunakan permainan gemawan, masukan dari pemain dapat menyebabkan penundaan singkat hingga respons dapat dilihat oleh mereka. Masukan pertama-tama harus dikirim ke peladen jarak jauh, kemudian peladen harus mulai memilah grafik dari tindakan yang sedang dilakukan dan mengalirkan video kembali ke pemutar melalui jaringan, dengan waktu tambahan. Dengan demikian, pemain mengalami penundaan yang nyata antara menekan tombol dan melihat sesuatu terjadi di layar. Bergantung pada keahlian dan pengalaman pemain, hal ini dapat menyebabkan disorientasi dan kebingungan yang mirip dengan Umpan Balik Auditori Tertunda dan menghambat navigasi dan membidik dunia permainan. Saat memasukkan gerakan kombinasi panjang dengan cepat, karakter di layar tidak akan disinkronkan dengan penekanan tombol. Ini biasanya menyebabkan kebingungan yang parah pada pemain yang mengakibatkan kegagalan gerakan kombinasi.

Masukan sendat tambahan juga dapat membuat sangat sulit untuk memainkan game pemain tunggal tertentu. Misalnya, jika musuh menyerang pemain dan pemain diharapkan untuk memblokir, maka saat layar pemain menunjukkan bahwa musuh telah mulai menyerang, musuh sudah menyerang dan membunuh pemain di peladen.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "How to Get Rid of Lag | GeForce". www.geforce.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-09-13. Diakses tanggal 2018-09-13. 
  2. ^ "The Process of Invention: OnLive Video Game Service". The FU Foundation School of Engineering & Applied Science (Columbia University). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-12-20. Diakses tanggal 2010-01-23. 
  3. ^ "D8 Video:OnLive demoed on iPad, PC, Mac, Console, iPhone". Wall Street Journal. 2010-08-09. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-02-12. Diakses tanggal 2010-08-19. 
  4. ^ "Beta Testing at the Speed of Light". OnLive. 2010-01-21. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-12-16. Diakses tanggal 2010-01-23.