Lompat ke isi

Sendalu salju

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sendalu Salju Efek Danau Frontal hibrida melanda Toronto, Kanada pada jam sibuk.

Sendalu salju, adalah hujan salju dengan intensitas sedang yang tiba-tiba disertai tiupan salju dan angin permukaan yang kencang dan lebat. [1] Hal ini sering disebut sebagai balam putih dan mirip dengan badai salju tetapi terjadi secara lokal dalam waktu atau lokasi dan akumulasi salju mungkin signifikan atau tidak.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Ada dua tipe utama sendalu salju: efek danau dan perengganan.

Salju efek danau[sunting | sunting sumber]

Ketika udara Arktik bergerak melintasi hamparan luas perairan terbuka yang lebih hangat di musim dingin, awan konvektif terbentuk yang menyebabkan hujan salju lebat karena banyaknya kelembapan yang tersedia. Hal ini terjadi di barat daya siklon ekstratropis, dengan aliran angin siklon melengkung yang membawa udara dingin melintasi Great Lakes yang relatif hangat yang kemudian mengarah ke pita salju efek danau yang sempit yang dapat menghasilkan hujan salju lokal yang signifikan. [2] Kondisi balam putih akan mempengaruhi koridor sempit mulai dari pantai hingga daerah pedalaman yang selaras dengan arah angin yang ada . [3] [4] Hal ini akan meningkat ketika massa udara yang bergerak terangkat ke tempat yang lebih tinggi. Nama ini berasal dari wilayah Danau Besar di Amerika Utara, namun perairan mana pun dapat memproduksinya. Wilayah di tepi lautan, seperti Maritim Kanada dapat mengalami sendalu salju seperti itu.

Sendalu salju perengganan[sunting | sunting sumber]

Sendalu salju perengganan bergerak menuju Boston, Massachusetts, Amerika Serikat

Sendalu salju perengganan adalah garis konvektif perenggan yang intens (mirip dengan garis sendalu ), ketika suhu di permukaan mendekati titik beku. Konveksi kuat yang berkembang memiliki kelembapan yang cukup untuk menghasilkan kondisi balam putih di tempat-tempat yang dilewati garis karena angin menyebabkan hembusan salju yang deras. [3] Sendalu salju jenis ini umumnya berlangsung kurang dari 30 menit di titik mana pun di sepanjang jalurnya, tetapi pergerakan garisnya dapat menempuh jarak yang jauh. Sendalu salju perengganan dapat terbentuk tidak jauh di depan permukaan depan dingin atau di belakang front dingin dalam situasi di mana terdapat faktor lain yang berkontribusi seperti pengangkatan dinamis dari sistem tekanan rendah yang semakin dalam atau serangkaian garis palung yang bertindak serupa dengan frontal dingin tradisional. jalan. Dalam situasi di mana badai terjadi secara pasca-perengganan, bukan hal yang aneh jika dua atau tiga gelombang badai linier lewat secara berurutan dan hanya dipisahkan sejauh 25 mil (40 km) dengan masing-masing melewati titik yang sama dalam waktu sekitar 30 menit.

Bahaya[sunting | sunting sumber]

Kedua jenis sendalu salju ini sangat berbahaya bagi pengendara, pesawat terbang, dan pelancong lainnya; bahkan bisa lebih berbahaya daripada badai salju . [5] Perubahan kondisi sangat mendadak, dengan kondisi licin dan hilangnya jarak pandang secara tiba-tiba akibat balam putih, yang seringkali menyebabkan tabrakan beberapa kendaraan . Dalam kasus salju akibat danau, salju dalam jumlah besar dapat terakumulasi dalam waktu singkat, yang kemungkinan menyebabkan penutupan jalan dan melumpuhkan kota. Misalnya, pada tanggal 9 Januari 2015, sendalu salju lebat yang terjadi secara lokal menyebabkan penumpukan 193 kendaraan di jalan raya I-94 dekat Galesburg, Michigan. [6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "National Weather Service Glossary". crh.noaa.gov. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-10-09. Diakses tanggal 2024-03-12. 
  2. ^ B. Geerts (1998). "Lake-Effect Snow". University of Wyoming. Diakses tanggal 2008-12-24. 
  3. ^ a b Meteorological Service of Canada (September 8, 2010). "Snow". Winter Hazards. Environment Canada. Diakses tanggal 2010-10-04. 
  4. ^ Cameron Scott. "What is Lake-Effect Snow". Science 360!. RR Donnelly. Diakses tanggal October 23, 2013. 
  5. ^ Allison Chinchar, Meteorologist (18 Dec 2021). "What are snow squalls and why they're more dangerous than blizzards". CNN. Diakses tanggal 19 Feb 2022. 
  6. ^ "Michigan I-94 Pileup | Firefighter Nation". Firefighter Nation. May 2015. Diakses tanggal 2015-10-09.