Palung (meteorologi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Representasi palung dan punggungan bergantian di tingkat barat untuk Belahan Utara, dengan label wilayah konvergensi dan divergensi.

Palung adalah daerah memanjang (meluas) yang tekanan atmosfernya relatif rendah dan sering dikaitkan dengan front cuaca.[1] Palung bisa berada di permukaan, di atas, atau keduanya dalam berbagai kondisi. Sebagian besar palung membawa awan, hujan, dan pergantian angin, terutama setelah melewati palung. Ini hasil dari konvergensi atau "pemerasan" yang memaksa pengangkatan udara lembap di belakang garis palung.

Tidak seperti front, tidak ada simbol universal untuk palung pada grafik cuaca. Grafik cuaca di beberapa negara atau wilayah menandai palung oleh garis. Di Amerika Serikat, palung dapat ditandai sebagai garis putus-putus atau garis tebal. Di Inggris, Hong Kong[2] dan Fiji,[3] itu diwakili oleh garis tebal yang diperpanjang dari pusat tekanan rendah[4] atau antara dua pusat tekanan rendah;[5] di Makau[6] dan Australia,[7] itu adalah garis putus-putus. Jika tidak ditandai, palung masih dapat diidentifikasi sebagai perpanjangan isobar dari pusat bertekanan rendah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ F. J. Monkhouse. A Dictionary of Geography. London: Edward Arnold (Publishers) Ltd., 1978
  2. ^ The Hong Kong Observatory, Weather Map at 08 HKT Diarsipkan 3 Juli 2008 di Wayback Machine.
  3. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 September 2007. Diakses tanggal 28 Mei 2006. 
  4. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 31 Oktober 2005. Diakses tanggal 13 Oktober 2005. 
  5. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 31 Oktober 2005. Diakses tanggal 13 Oktober 2005. 
  6. ^ Weather Chart Diarsipkan 29 Agustus 2005 di Wayback Machine.
  7. ^ "Latest Colour Mean Sea-Level Pressure Analysis". www.bom.gov.au. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 Maret 2018. Diakses tanggal 30 April 2018.