Provinsi Maritimes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Provinsi Maritimes

Provinsi Maritimes, disebut juga Maritimes oleh Inggris lokal (atau Maritim Kanada oleh non-Kanada), adalah wilayah di Kanada Timur yang terdiri dari tiga provinsi: Brunswick Baru, Nova Scotia, dan Pulau Prince Edward. Di pantai Atlantik, Maritimes merupakan subgrup wilayah yang disebut Kanada Atlantik. Populasi provinsi Maritimes adalah 1.826.896 pada tahun 2008.[1] Maritimes juga merupakan tempat tinggal orang Mi'kmaq dan Maliseet dan memiliki sejarah ekstensif pendudukan Inggirs dan Perancis yang datang kembali pada abad ke-17, sehingga membentuk budaya unik yang lebih tua dari Kanada.

Maritimes langsung menghadap ke samudra Atlantik dan berbagai sub-basinnya seperti sistem Teluk Maine dan Teluk St. Lawrence. Wilayah ini berada timur laut New England, tenggara Semenanjung Gaspé Quebec, dan barat daya pulau Newfoundland.

Provinsi Newfoundland dan Labrador modern sering disalahartikan sebagai provinsi Maritimes: yang merupakan bagian Kanada Atlantik (dengan tiga provinsi lain) dan sehingga dianggap sebagai sebuah provinsi Atlantik. Meskipun terletak di pantai Atlantik, Teluk Saint Lawrence memisahkan dari provinsi ini dari Maritimes. Selain itu, masing-masing juga memiliki sejarah yang berbeda; Dominion of Newfoundland bergabung dengan Kanada delapan dekade setelah tiga provinsi Maritimes. Empat provinsi Kanada Atlantik, yang kadang disatukan dengan dua Kanada Tengah, kadang dianggap sebagai Kanada Timur.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Canada's Population Estimates". Statistics Canada. 2007-12-19. Diakses 2008-11-27. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]