Sembir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Diagram sembir bagian kiri dan kanan sungai

Dalam geografi, sembir adalah daratan yang berada di samping perairan . Struktur yang berbeda disebut sebagai sembir di berbagai bidang geografi, sebagai berikut.

Dalam limnologi (ilmu yang mempelajari perairan pedalaman), sembir sungai atau tepian sungai adalah dataran di sepanjang dasar sungai, anak sungai, atau aliran sungai . [1] Sembir sungai terdiri dari sisi-sisi saluran, yang di antaranya alirannya dibatasi. [1] Sembir sungai menjadi perhatian khusus dalam geografi fluvial, yang mempelajari proses yang terkait dengan sungai dan aliran sungai serta endapan dan bentang alam yang diciptakan olehnya. Debit penuh adalah debit yang cukup besar untuk mengisi saluran dan melampaui sembir sungai.[2]


Dalam ekologi air tawar, sembir berperan sebagai lokasi habitat tepi sungai. Zona tepi sungai terdapat di sepanjang sungai dan aliran sungai dataran tinggi dan dataran rendah. Ekologi di sekitar dan bergantung pada paya, rawa, rawa, atau muara, kadang-kadang disebut sembir, juga dipelajari dalam ekologi air tawar.

Sembir juga menarik dalam bidang pandu arah, yang istilahnya dapat merujuk pada pulau penghalang atau dataran tinggi yang terendam, [3] seperti gisik laut . Gisik penghalang adalah pulau sempit panjang yang tersusun dari pasir dan membentuk pembatas antara laguna pulau atau lautan. Dataran tinggi terendam adalah elevasi dasar laut yang relatif datar pada kedalaman dangkal — umumnya kurang dari 200 meter (660 ft) — biasanya di landas kontinen atau dekat pulau.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Luna B. Leopold; M. Gordon Wolman; John P. Miller (1995). Fluvial processes in geomorphology. New York: Dover Publications. ISBN 978-0-486-68588-5. 
  2. ^ Mulvihill, Christiane. "2 Bankful Discharge and Channel Characteristics of Streams in New York State" (PDF). United States Geological Survey. 
  3. ^ Herbert Bucksch (1997). Dictionary Geotechnical Engineering: English German. Springer DE. hlm. 47. ISBN 978-3-540-58164-2.