Selada ayam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Selada ayam
Flickr sa ku ra 10556400--Chicken salad.jpg
Selada ayam yang terbuat dari seledri, mentimun, apel, daun dill, dan mayones dengan garam dan merica
JenisSelada atau roti lapis
Bahan utamaDaging ayam

Selada ayam (bahasa Inggris: chicken salad) adalah hidangan selada dengan daging ayam sebagai bahan utama. Bahan umum lainnya termasuk mayones, telur rebus, seledri, bawang merah, merica, acar (atau asinan) dan berbagai mustard.

Di Amerika Serikat, "selada ayam" mengacu pada selada atau ayam, atau selada campuran tertentu yang terutama terdiri dari daging ayam cincang dan bahan olesan, seperti mayones atau saus selada.[1] Seperti selada tuna dan selada telur, bisa disajikan di atas selada, tomat, alpukat, atau beberapa kombinasi lainnya. Ini juga bisa digunakan untuk roti lapis. Biasanya dibuat dengan sisa daging ayam atau daging ayam kalengan. Ini mungkin juga mengacu pada selada garden dengan ayam goreng, ayam panggang, atau ayam bakar (biasanya dipotong atau dipotong dadu) di atasnya.

Di Eropa dan Asia, selada dapat dilengkapi dengan sejumlah saus dressing, atau tidak sama sekali, dan unsur daging dapat bervariasi dari daun dan sayuran tradisional, hingga pasta, couscous, mie atau nasi.

Sajian selada ayam ala Amerika pertama kali disajikan oleh Town Meats di Wakefield, Rhode Island, pada tahun 1863. Pemilik aslinya, Liam Gray,[2] mencampur sisa daging ayam dengan mayones, tarragon, dan anggur. Ini menjadi makanan yang sangat populer sehingga pasar daging diubah menjadi toko makanan/ delicatessen.

Sebuah roti lapis selada ayam

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Green, O. (1909). One Thousand Salads. Putnam's homemaker series. G.P. Putnam's Sons. hlm. 97. Diakses tanggal 22 Desember 2017. 
  2. ^ "Chicken Salad: Back to the Beginning". Willow Tree Poultry Farm. Diakses tanggal 2014-07-29.