Sel unit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam geometri, biologi, mineralogi dan fisika benda padat, sel unit atau sel satuan adalah unit berulang yang dibentuk oleh vektor yang menjangkau titik-titik suatu kisi.[1] Terlepas dari namanya yang sugestif, sel unit (tidak seperti vektor unit, misalnya) tidak selalu memiliki ukuran unit, atau bahkan ukuran tertentu sama sekali. Sebaliknya, sel primitif adalah analogi yang paling dekat dengan vektor unit, karena sel primitif memiliki ukuran yang ditentukan untuk kisi yang diberikan dan merupakan blok bangunan dasar tempat sel yang lebih besar dibangun.

Konsep ini digunakan terutama dalam menggambarkan struktur kristal dalam dimensi dua dan tiga, meskipun masuk akal dalam semua dimensi. Suatu kisi dapat dicirikan oleh geometri sel unitnya, yang merupakan bagian dari pengubinan (jajar genjang atau balok jajar genjang) yang menghasilkan seluruh pengubinan hanya dengan menggunakan translasi.

Terdapat dua kasus khusus dari sel unit: sel primitif dan sel konvensional. Sel primitif adalah sel unit yang berhubungan dengan satu titik kisi, sel ini merupakan sel unit terkecil.[2] Dalam beberapa kasus, simetri penuh dari suatu struktur kristal tidak terlihat jelas dari sel primitif, sehingga dalam hal ini sel konvensional dapat digunakan. Sel konvensional (yang mungkin atau mungkin tidak primitif) adalah sel unit dengan simetri penuh dari suatu kisi dan dapat mencakup lebih dari satu titik kisi. Sel unit konvensional adalah paralelotop dalam dimensi n.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ashcroft, Neil W. (1976). "Chapter 4". Solid State Physics. W. B. Saunders Company. hlm. 72. ISBN 0-03-083993-9. 
  2. ^ Simon, Steven (2013). The Oxford Solid State Physics (edisi ke-1). Oxford University Press. hlm. 114. ISBN 978-0-19-968076-4.