Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Suaka Insan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Koordinat: 3°18′50″S 114°34′48″E / 3.31399°S 114.58001°E / -3.31399; 114.58001

STIKES Suaka Insan
Moto"IN OMNIBUS CARITAS" (Segalanya dengan Kasih)
JenisPerguruan tinggi swasta
DidirikanSekolah Penjenang Kesehatan Umum Suaka Insan (1972)
RektorSr. Imelda Ingir Ladjar, SPC, BSN, MHA
Alamat
Jl. H.Jafri Zam-Zam No.8
, , ,
KampusKomplek Suaka Insan
Warnagray  
Nama julukanSaint Paul College
Situs web[1]

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Suaka Insan atau STIKES Suaka Insan adalah sebuah perguruan tinggi swasta kesehatan yang berlokasi di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Sekolah tinggi ini dikelola oleh Yayasan Suaka Insan Pendidikan, dari Suster-Suster Santo Paulus dari Chartres (SPC).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Berawal dari berdirinya Rumah Sakit Suaka Insan pada tanggal 24 Februari 1970. Dengan memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan di Rumah Sakit Suaka Insan kususnya tenaga kesehatan perawat maka didirikan sekolah kesehatan Suaka Insan berawal dari SPKU Suaka Insan pada tahun 1972 hingga berkembang menjadi STIKES Suaka Insan. Perkembangan sekolah kesehatan Suaka Insan dari tahun ke tahun adalah sebagai berikut:

SPKU Suaka Insan (1972 – 1979)[sunting | sunting sumber]

SPKU / Sekolah Penjenang Kesehatan Umum Suaka Insan Untuk memenuhi kebutuhan tenaga keperawatan di Rumah Sakit Suaka Insan dan memberi kesempatan pendidikan kejuruan bagi lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan membantu pemerintah dalam menyediakan tenaga perawat.

Program ini meluluskan 4 (empat) angkatan dan 99,5% dari mereka telah mengikuti "Suplemantary Tranning" selama 1 (satu) tahun sehingga pendidikan mereka sejajar dengan Pendidikan Sekolah Perawat Kesehatan (SPK). Peserta pendidik direkrut dari pedalaman Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

SPK Suaka Insan (1981 – 1995)[sunting | sunting sumber]

SPK /Sekolah Perawat Kesehatan Suaka Insan Peserta didik berasal dari lulusan SMP atau sederajat. Dimana program ini telah meluluskan 14 (empat belas) angkatan. lulusan aktif bekerja di instansi kesehatan baik di pemerintahan dan swasta, dimana setiap tahun dari 20-25% lulusan SPK menjadi tenaga perawat di Rumah Sakit Suaka Insan.

Dalam Rangka mendukung program pemerintah dan menurunkan angka kematian ibu melahirkan dan bayi, 60% dari semua bidan lulusan SPK Suaka Insan telah mengikuti dan menyelesaikan program pendidikan kebidanan program A di sekolah-sekolah yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta. Atas kepercayaan pemerintah juga maka Sekolah Perawat Suaka Insan dipercaya untuk menyelengarakan program Pendidikan Bidan A dan C.

Setelah kurun waktu 12 tahun Sekolah Perawat Suaka Insan berubah status dari Jenjang Pendidikan Menengah (JPM) menjadi Jenjang Pendidikan Tinggi (JPT).

AKPER Suaka Insan (1995 - 1997)[sunting | sunting sumber]

Akademi Keperawatan/ AKPER Suaka Insan Dengan Keluar Surat Keputusan Mnteri Kesehatan RI No.HK.00.06.1.1.4798, tanggal 1 Desember 1994, Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) Suaka Insan mendapat izin konversi secara resmi menjadi Akademi Keperawatan (AKPER) Suaka Insan.

AKPER Suaka Insan mulai menerima mahasiswa angakatan pertama pada tahun ajaran 1995/1996. setelaha meluluskan 2 (dua) angkatan, AKPER Suaka Insa pada bulan Maret 2000 terakreditasi Strata A.

Hingga tahun 2006 AKPER Suaka Insan telah meluluskan 11 Angkatan.

STIKES Suaka Insan (2007 sampai sekarang)[sunting | sunting sumber]

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan / STIKES Suaka Insan Akhirnya untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat serta kemajuan zaman, tanggal 19 Oktober 2006 sesuai dengan SK Mendiknas No. 244/D/O/2006, AKPER Suaka Insan menjadi STIKES Suaka Insa, dan mendapat perpanjangan Izin penyelenggaraan Program Studi dengan SK Mendiknas Nomor 27/10/D/T/K-XI/2009, dengan nama STIKES Suaka Insan.

STIKES Suaka Insan mulai menyelangarakan proses pendidikan Program Sarjana (S1) Keperawatan terhitung sejak tahun akademik 2007/1. Perpanjangan izin untuk Program DIII Keperawatan diberikan oleh Kopertis Wilayah XI atas nama DIKTI dengan nomor 1883/D/T.K-XI/2009, Tanggal 16 April 2009.

Program Studi[sunting | sunting sumber]

Untuk saat ini STIKES Suaka Insan membuka 3 program Studi dan 1 Profesi, yakni:

Diploma III Keperawatan (D III)[sunting | sunting sumber]

Tanggal Berdiri: 27 Februari 1995 SK Penyelenggaraan: 10218/D/T/K-XI/2012 Tanggal SK: 25 Januari 2012 Gelar Lulusan: Amd.Kep

Sarjana Ilmu Keperawatan (S1)[sunting | sunting sumber]

Tanggal Berdiri: 19 September 2006 SK Penyelenggaraan: 2710/D/T/K-XI/2009 Tanggal SK: 7 Juli 2009 Gelar Lulusan: S.Kep

Profesi Ners[sunting | sunting sumber]

Tanggal Berdiri: 5 Maret 2012 SK Penyelenggaraan: 81/E/O/2012 Tanggal SK: 5 Maret 2012 Gelar Lulusan: Ners

Sarjana Fisioterapi[sunting | sunting sumber]

Tanggal Berdiri: 30 April 2020 SK Penyelenggaraan: 489/M/2020 Gelar Lulusan: S.Ft

Atribut[sunting | sunting sumber]

Lambang[sunting | sunting sumber]

Lampu “Florence Nightingale” lambang pengabdian perawat, Api lambang kehangatan cintakasih, Bintang Lambang Ke-Tuhanan Yang Maha Esa, Untuk melambang kan Kemerdekaan Indonesia 17 AGUSTUS 1945 dilihat dari (17 nyala api, 8 garis tutup lampu, 4 dan 5 padi), Lima garis di kaki lampu lambang dasar negar “Pancasila”, Padi Lambang masyarakat sejahtera dan makmur, Warna emas mengelilingi pinggir gambar melambangkan pengabdia perawat sebagai pekerjaan yang mulia, Gambar bundar melambangkan pengabdian tidak membeda-bedakan, Dasar warna hijau adalah warna pendidikan mahasiswa sudah lulus tetapi masih tetap belajar terus menerus, Huruf ditulis warna putih dan dasarnya berwarna merah melambangkan bendera merah putih, tulisan "In Omnibus Caritas" berarti dalam segala-galanya cinta kasih.

Lagu[sunting | sunting sumber]

Dua lagu yang dijadikan lagu wajib di STIKES Suaka Insan adalah Himne Almamater yang berjudul "Mengabdi Bersama". Lagu-lagu ini biasa dinyanyikan pada acara-acara resmi universitas, penyambutan mahasiswa baru, dan wisuda. Lagu Himne Almamater syairnya menggambarkan pengabidian kepada sesama manusia dalam perawatan yang tidak dibeda-bedakan harkat manusia atas nama Tuhan. Lagu ini dinyanyikan dengan penuh hikmat bernada sedang (bariton) bertempo lembut berwibawa mengandung makna pengabdian.

Kampus[sunting | sunting sumber]

Lokasi[sunting | sunting sumber]

STIKES Suaka Insan berada di Komplek Suaka Insan (satu kawasan dengan Rumah Sakit Suaka Insan,Yayasan Suaka Insan SPC, Susteran SPC dan STIKES Suaka Insan).

Alamat[sunting | sunting sumber]

Jl. H.Jafri Zam-Zam No.8, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia Telp/ Fax: (0511)3361654

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Gedunga dan Ruang Kuliah[sunting | sunting sumber]

Gedung dan ruang kuliah milik Yayasan Pendidikan Suaka Insan, berada di komplek Suaka Insan dengan lingkungan nyaman.

Perpustakaan[sunting | sunting sumber]

Otomasi Perpustakaan merupakan sebuah proses pengelolaan perpustakaan dengan menggunakan bantuan Teknologi Informasi (TI). Dengan otomasi perpustakaan proses pengolahan data koleksi perpustakaan menjadi lebih akurat dan cepat untuk ditelusuri kembali. Otomasi Perpustakaan (Library Automation) juga merupakan pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) untuk kegiatan-kegiatan perpustakaan meliputi pengadaan, pengolahan, penyimpanan dan menyebarluaskan informasi juga mengubah sistem perpustakaan manual menjadi sistem perpustakaan yang terkomputerisasi.

Sistem Klasifikasi Desimal Dewey (Dewey Decimal Classification (DDC), juga disebut Sistem Desimal Dewey), DDC merupakan suatu sistem klasifikasi yang paling populer dan paling banyak dipakai di perpustakaan di seluruh dunia.

- Sistem Sirkulasi menggunakan scan barcode pada setiap KTM untuk mahasiswa dan KTA pada anggota pustaka. - Lebih dari 4300 eks dan 2100 judul buku baik dalam dan luar negeri. - Bahan puataka berbentuk CD DVD - Ruang ber-AC - Area Internet Hotspot WIFI - Ruang diskusi dan ruang baca

Laboratorium[sunting | sunting sumber]

Laboratorium Keperawatan[sunting | sunting sumber]

Mahasiswa mendapatkan materi di bangku kelas, maka mahasiswa melaksanakan praktik di laboratorium Keperawatan di lingkungan STIKES Suaka Insan, sebelum terjun langsung ke lahan praktik Rumah sakit dan Puskesmas. Pembekalan ini didampingi oleh dosen-dosen sesuai dengan mata ajar. Laboratorium praktik perawat, terdiri dari: - Lab. Keperawatan Dasar - Lab. Keperawatan Anak - Lab. Keperawatan Maternitas - Lab. Keperawatan Jiwa - Lab. Keperawatan Medikal Surgikal - Lab. Keperawatan Komuniti

Laboratorium Bahasa[sunting | sunting sumber]

Untuk meningkatkan berkomunikasi, STIKES Suaka Insan melengkapi laboraturium bahasa dilengkapi fasilitas komputerisasi sistem bahasa, sehingga mahasiswa dan dosen dapat interaktif langsung dalam berkomunikasi dalam bahasa yang baik dan benar. Laboraturium bahasa bertujuan agar mahasiswa dapat berbahasa dengan lisan dan tulisan dengan baik guna menghadapi persaingan nasional dan global.

Laboratorium Komputer[sunting | sunting sumber]

Untuk temenyesuaikan dalam teknologi informasi, maka terdapat lab. komputer yang terintegrasi dengan Internet, dan digunakan dalam kuliah komputer dan dapat digunakan dalam mencari data informasi.

Asrama[sunting | sunting sumber]

Asrama Mahasiswa sebagai sarana tempat tinggal selama studi di STIKES Suaka Insan, bertujuan untuk kemudahan dan nyamanan belajar mahasiswa, pengawasan kegiatan positif, membina cara hidup mandiri serta bergaul dalam kehidupan akademis. STIKES Suaka Insan menyediakan asrama putra dan putri.

Asrama Putri[sunting | sunting sumber]

Asrama Putri "Wilhelmus Demarteau" Mahasiswa STIKES Suaka Insan alamat: Jl. Zafri Zam-Zam No.08 Banjarmasin ( "komplek Suaka Insan" berada di Lingkungan RS Suaka Insan, STIKES Suaka Insan)

Asrama Putra[sunting | sunting sumber]

Asrama Putra "Wilhelmus Demarteau" Mahasiswa STIKES Suaka Insan alamat: Jl. Rawa Sari Banjarmasin

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

STIKES Suaka Insan