Sekiram

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pengungsi Yahudi di kapal SS St. Louis melihat keluar melalui sekiram kapal saat berlabuh di pelabuhan Havana

Sekiram [1] adalah jendela yang umumnya berbentuk lingkaran yang digunakan pada lambung kapal untuk memasukkan cahaya dan udara. Meskipun istilah ini berasal dari maritim, istilah ini juga digunakan untuk menggambarkan jendela bundar pada kendaraan lapis baja, pesawat terbang, mobil (misalnya Ford Thunderbird ) dan bahkan pesawat ruang angkasa .

Di kapal, fungsi sekiram jika terbuka, adalah untuk memungkinkan cahaya dan udara segar masuk ke bagian bawah geladak kapal yang gelap dan sering kali lembap. Hal ini juga memberi penumpang di bawah dek pandangan terbatas terhadap dunia luar.[2] Saat ditutup, sekiram menjadi penghalang kedap air, kedap cuaca, dan terkadang kedap cahaya.

Struktur[sunting | sunting sumber]

Sekiram kuningan dengan jendela berengsel dan penutup badai

Sekiram terdiri dari setidaknya dua komponen struktural dan, dalam bentuknya yang paling sederhana, mirip dengan jenis jendela lainnya dalam desain dan tujuannya. Sekiram pada dasarnya berupa piringan kaca melingkar, yang dikenal sebagai 'tutup sekiram", terbungkus dalam bingkai logam yang dibaut dengan aman ke sisi lambung kapal. Kadang-kadang piringan kaca sekiram terbungkus dalam bingkai terpisah yang berengsel pada bingkai dasar sehingga dapat dibuka dan ditutup. Selain itu, banyak sekiram juga memiliki penutup badai logam yang dapat dipasang dengan aman ke jendela bila diperlukan. Tujuan utama dari penutup badai, sesuai dengan namanya, adalah untuk melindungi jendela dari derasnya air laut. Ini juga digunakan untuk menghalangi cahaya memasuki tempat tidur yang lebih rendah ketika kegelapan lebih disukai. Penutup badai disebut sebagai deadlight dalam bahasa maritim.[3] Penutup badai juga digunakan pada kapal angkatan laut dan kapal dagang untuk mencegah cahaya interior keluar dari tempat berlabuh kapal yang lebih rendah, dan untuk memberikan perlindungan dari tembakan musuh. Jendela sekiram berengsel dan penutup badai dapat diakses dari dalam lambung kapal, dan biasanya diikat ke posisi tertutupnya dengan mengencangkan beberapa perangkat berulir dan berputar secara tangan, yang biasa disebut sebagai "anjing". Sekiram yang lebih tua dapat dikenali dari kerah pelat dasarnya yang menonjol yang kedalamannya mungkin mencapai beberapa inci, sehingga mengakomodasi ketebalan lambung kayu.

Diameter sekiram berkisar dari beberapa inci hingga lebih dari dua kaki, dan berat dari beberapa pon hingga lebih dari seratus pon. Sebagian besar berat sekiram berasal dari kacanya, yang di kapal, tebalnya bisa mencapai dua inci. Komponen logam pada sekiram juga biasanya sangat berat; biasanya terbuat dari pasir dan terbuat dari perunggu, kuningan, baja, besi, atau aluminium . Perunggu dan kuningan paling umum digunakan, disukai karena ketahanannya terhadap korosi air asin . Desain sekiram sedemikian rupa sehingga dapat mencapai tujuannya yang sederhana tanpa mengorbankan integritas lambung kapal. Kaca sekiram yang tebal dan konstruksi yang kokoh, jarak pengencang yang rapat, bahkan bentuknya yang bulat, semuanya berkontribusi pada tujuannya untuk menjaga kekuatan lambung dan menahan tekanan gelombang badai yang menerjangnya.

Baru-baru ini terjadi penurunan jumlah sekiram pada kapal besar. Kapal pesiar memiliki struktur atas yang lebih tinggi dengan kabin geladak atas yang lebih banyak yang dapat memiliki jendela dan balkon besar. Sebagian besar kapal perang tidak lagi memiliki sekiram di lambung utamanya karena dapat melemahkannya dan kapal modern memiliki AC dan penerangan yang kuat di bawah geladak sehingga tidak diperlukan lagi. [4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ bull's-eye in the American Heritage dictionary
  2. ^ "10 things I wish I knew before going on my first cruise". The Daily Telegraph. 9 June 2017. 
  3. ^ "Rules for Classification and Construction, Ship Technology, Seagoing Ships" (PDF). Section 21 Hull Outfit, Side Scuttles, Windows and Skylights: DNV GL. July 2016. Diakses tanggal 2020-12-13. 
  4. ^ Where have all the portholes gone Diarsipkan 2014-09-29 di Wayback Machine.. Retrieved 24 April 2015