Sejarah militer Kanada selama Perang Dunia II

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Sejarah militer Kanada selama Perang Dunia II merupakan sebuah deklarasi perang melawan Jerman pada tanggal 10 September 1939. Militer Kanada memainkan peranan penting dalam upaya perang Sekutu dengan mengerahkan seluruh front termasuk Italia, Eropa Utara, Afrika Utara, Hong Kong dan Kepulauan Aleut. Kanada sangat aktif dalam pembelaan jalur pelayaran Atlantik Utara dan Angkatan Laut Pedagang Kanada telah menyelesaikan lebih dari 25.000 pelayaran transatlantik. Orang-orang Kanada juga ikut serta dalam sejumlah operasi Pasifik. Secara keseluruhan, ada sekitar 1,1 juta orang Kanada yang bertugas di salah satu dari tiga angkatan bersenjata atau pasukan sekutu selama enam tahun Perang Dunia II.

Pada awal perang, keterlibatan Kanada di Eropa terbatas pada satu divisi. Pengerahan militer Kanada membutuhkan organisasi korps selama invasi Italia pada tahun 1943, Operasi Overlord pada tahun 1944 dan Pembebasan Belgia dan Belanda pada tahun 1944 dan 1945. Lebih dari 45.000 orang Kanada kehilangan nyawa mereka dan 54.000 lainnya terlukan selama konflik tersebut.

Dampak perang ini terhadap sejarah Kanada sangat besar. Krisis wajib militer memiliki efek besar pada persatuan nasional antara Kanada berbahasa Prancis dan Kanada berbahasa Inggris, meskipun hal tersebut tidak secara politik merusak seperti pada Perang Dunia I. Upaya perang telah memperkuat ekonomi Kanada, menyebabkan diverfikasi produksi dan memperkuat pengakuan nasional di masyarakat internasional.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Beberapa sejarah resmi[sunting | sunting sumber]

Bacaan selanjutnya[sunting | sunting sumber]

Historiografi[sunting | sunting sumber]

  • Cook, Tim. Clio's Warriors: Canadian Historians and the Writing of the World Wars (UBC Press, 2011).
  • Granatstein, J. L."'What is to be Done?' The Future of Canadian Second World War History" Canadian Military Journal (2011) 11#2. online

Pranala luar[sunting | sunting sumber]