Sejarah Romania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Negara Romania dibentuk pada tahun 1859 melalui uni personal antara Dua Kepangeranan di Sungai Danube bernama Moldavia dan Wallachia. Negara yang baru, secara resmi bernama Romania sejak tahun 1866, memperoleh kemerdekaan dari Kekaisaran Ottoman pada tahun 1877. Selama Perang Dunia I, setelah menyatakan diri sebagai negara netral pada tahun 1914, Romania berjuang bersama dengan Blok Sekutu dari tahun 1916. Setelah perang, Bukovina, Bessarabia, Transylvania, dan sebagian Banat, Crișana, dan Maramureș menjadi bagian dari Kerajaan Romania.[1] Pada Juni–Agustus 1940, akibat dari Pakta Molotov–Ribbentrop dan Putusan Arbitrase Wina Kedua, Romania terpaksa menyerahkan Bessabaria dan Bukovina Utara kepada Uni Soviet dan Transylvania Utara kepada Hungaria. Pada November 1940, Romania menandatangani Pakta Tripartite dan, akibatnya, pada Juni 1941 memasuki Perang Dunia II di pihak Poros, berjuang melawan Uni Soviet hingga Agustus 1944, ketika Romania bergabung dengan Sekutu dan memulihkan Transylvania Utara.

Setelah perang dan pendudukan oleh Tentara Merah, Romania menjadi republik sosialis dan anggota dari Pakta Warsawa. Setelah Revolusi 1989, Romania mulai bertransisi menuju demokrasi dan ekonomi pasar.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Stoleru, Ciprian (13 September 2018). "Romania during the period of neutrality". Europe Centenary (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 4 March 2020.