Sejarah Kosovo abad ke-20

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Sejarah Kosovo selama abad ke-20 sebagian besar ditandai oleh perang dan perpindahan penduduk yang besar. Wilayah ini dibentujk dari berbagai entitas, di mana sebagian diakui secara internasional, dan yang lainnya tidak.

Permulaan abad ke-20[sunting | sunting sumber]

Pada pergantian abad, Kosovo berada sepenuhnya di dalam Kekaisaran Utsmaniyah. Statusnya adalah sebagai vilayet dan wilayah ini menempati wilayah yang secara signifikan lebih besar daripada entitas sekarang, dan dengan Üsküp (sekarang Skopje) sebagai ibu kota provinsinya. Perbatasannya sendiri diperluas secara internal setelah administrasi lokal diorganisasi ulang oleh Porta Ottoman pada tahun 1882. Kemerdekaan Serbia dan Montenegro pada tahun 1878 berarti bahwa Kosovo merupakan garis pertahanan terakhir bagi Kesultanan Utsmaniyah di Rumelia (wilayah Utsmaniyyah di benua Eropa). Setelah Bosnia dan Herzegovina dimasukkan ke dalam wilayah Austria-Hungaria pada tahun 1908, Kosovo berbagi perbatasan dengan tiga negara: Serbia, Montenegro dan Austria-Hungaria. Hal ini menggambarkan bagaimana Kosovo tetap bertahan hingga Kesultanan Utsmaniyyah diseret ke dalam Perang Balkan Pertama, di mana penduduk Rumelia yang non-Turki berjuang dalam menentukan nasib sendiri disamping serangan gabungan oleh Liga Balkan, di mana semua melayani kepentingan negara-negara tersebut sambil berusaha memperluas perbatasan mereka sendiri); selama masa ini, negara berpenduduk seperti Albania berjuang melawan perang melawan Utsmaniyah dan negara-negara sekitarnya yang berusaha melawan negara-negara Albania sebagai negara nasional.

Perang Balkan[sunting | sunting sumber]

Selama Perang Balkan pada tahun 1912, sebagian besar Kosovo yang diambil dari Kesultanan autsmaniyah oleh Kerajaan Serbia; sementara wilayah Metohija (yang dikenal sebagai Lembah Dukagjini hingga etnis Albania) diambil oleh Kerajaan Montenegro. Selama berabad-abad, populasi etnis Serbia dan Albania cenderung bergeser mengikuti penyerahan teritorial. Sebagai hasil dari komposisi multi-etnis Kosovo, pemerintahan baru memprovokasi tanggapan beragam dari penduduk setempat. Sementara Albania (dengan mayoritas di atas 50%) tidak menyambut peraturan Serbia,[1] penduduk yang bukan Albania (khususnya Bulgaria, Serbia dan Bosnia) menganggap ini sebagai pembebasan.

Berdasarkan Noel Malcolm yang menulis untuk The Guardian:

Kosovo tetap merupakan bagian dari wilayah Kesultanan Utsmaniyah hingga ditaklukkan oleh pasukan Serbia pada tahun 1912. Bangsa Serbia mengatakan "pembebasan"; tetapi bahkan perkiraan mereka sendiri menempatkan populasi Serbia Ortodoks yang kurang dari 25%. Populasi mayoritas adalah orang Albania, dan tidak menerima peraturan Serbia, oleh sebab itu kata "ditaklukkan" tampaknya merupakan kata yang tepat.

Tetapi secara hukum, Kosovo tidak termasuk ke dalam kerajaan Serbia pada tahun 1912; melainkan tetap merupakan wilayah yang ditempati hingga beberapa waktu setelah 1918. Kemudian, akhirnya, hal ini dimasukkan, bukan ke dalam wilayah negara Serbia, melainkan Yugoslavia. Dan dengan satu interupsi besar (perang dunia kedua), tetap menjadi bagian dari suatu negara Yugoslavia hingga Juni 2006.

[1]

Pada tahun 1918, Serbia menjadi bagian dari pembentukan Kerajaan Serbia, Kroasia, dan Slovenia, yang kemudian dinamai Yugoslavia.

Perang Dunia I[sunting | sunting sumber]

Tentara Serbia (terutama yang dibantu oleh Angkatan Darat Italia dan Prancis) dapat memulihkan tentara yang sakit dan terluka dengan mendapat pertolongan medis, karena mereka jauh dari garis depan. Ketika mereka disegarkan dan dikelompokkan kembali, mereka kembali ke medan perang.

Pada tahun 1918, Tentara Serbia mendorong Kekuatan Tengah keluar dari Kosovo. Setelah Perang Dunia I, Kerajaan Bangsa Serbia, Kroasia dan Slovenia dibentuk, tak lama setelah merebut kembali Kosovo, dan merebut Vojvodina dari Austria-Hungaria, dan mempersatukan Montenegro untuk membentuk Kerajaan Serbia yang lebih besar.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Noel Malcolm (26 February 2008). "Noel Malcolm: Is Kosovo Serbia? We ask a historian | World news". London: The Guardian. Diakses tanggal 2010-06-19.