Sejarah Kepulauan Britania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
British Isles (1565), oleh Ignazio Danti

Sejarah Kepulauan Britania dimulai dengan permukiman manusia yang tidak merata selama periode Paleolitikum dari sekitar 900.000 tahun lalu. Kepulauan Britania terus dihuni sejak awal periode Holosen, zaman geologi saat ini, yang dimulai sekitar 11.700 tahun lalu. Para pemburu-pengumpul di periode Mesolitikum segera bermigrasi dari Eropa daratan setelah menghilangnya penghalang berupa laut antara Britania dan Eropa, namun masih ada antara Britania dan Irlandia. Hampir terjadi pergantian populasi secara menyeluruh melalui migrasi dari Eropa daratan saat dimulai periode Neolitikum sekitar 4.100 SM dan Zaman Perunggu sekitar 2.500 SM. Migrasi belakangan berkontribusi pada tatanan politik dan budaya di kepulauan dan transisi dari masyarakat suku ke masyarakat feodal di waktu berbeda setiap wilayah.

Inggris dan Skotlandia adalah kerajaan berdaulat hingga tahun 1603, dan kemudian terpisah di bawah satu penguasa hingga tahun 1707, ketika keduanya bersatu jadi satu kerajaan. Di Wales dan Irlandia terdapat beberapa kerajaan independen dengan batas yang berubah-ubah hingga periode abad pertengahan.

Penguasa monarki Inggris (raja/ratu) adalah kepala negara di semua negara di Kepulauan Britania sejak Persatuan Mahkota pada tahun 1603 sampai peresmian Undang-Undang Republik Irlandia pada tahun 1949.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]