Sejarah Internet Explorer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Microsoft telah mengembangkan 11 versi Internet Explorer untuk Windows dari tahun 1995 hingga 2013. Microsoft juga telah mengembangkan Internet Explorer untuk Mac, Internet Explorer untuk UNIX, dan Internet Explorer Mobile yang masing-masing untuk Apple Macintosh, Unix, dan perangkat seluler; dua yang pertama dihentikan tetapi yang terakhir berjalan pada Windows CE, Windows Mobile, dan Windows Phone.

Sejarah awal dan Spyglass Mosaic (1995-1997)[sunting | sunting sumber]

Internet Explorer berasal dari Spyglass Moses. Mosaik yang asli berasal dari NCSA, tetapi karena NCSA adalah organisasi publik, maka NCSA mengandalkan Spyglass sebagai mitra lisensi komersialnya. Spyglass pada gilirannya mengirimkan dua versi browser Mosaik ke Microsoft, satu sepenuhnya didasarkan pada kode sumber NCSA, dan satu lagi direkayasa dari awal tetapi secara konseptual dimodelkan pada browser NCSA. Internet Explorer awalnya dibuat menggunakan Spyglass, bukan kode sumber NCSA. Lisensi kepada Microsoft memberi Spyglass (dan juga NCSA) biaya triwulanan dan persentase pendapatan Microsoft untuk perangkat lunak tersebut.

Perang Mesin Pencari (1997-2001)[sunting | sunting sumber]

Versi 4 dirilis pada bulan September 1997, menggunakan Windows 95 OSR (OEM Service Release) 2.5, dan versi beta terbaru dari Windows 98 dan telah dimodifikasi untuk berintegrasi dengan Microsoft Windows. Ini termasuk opsi untuk mengaktifkan "Active Desktop" yang menampilkan konten World Wide Web di desktop itu sendiri dan diperbarui secara otomatis seiring perubahan konten. Pengguna juga dapat memilih halaman lain untuk digunakan sebagai "Active Desktop". Teknologi "Active Channel" juga diperkenalkan untuk memperoleh pembaruan informasi secara otomatis dari situs web. Teknologi ini didasarkan pada standar XML yang dikenal sebagai Channel Definition Format (CDF), yang mendahului format sindikasi web yang saat ini digunakan seperti RSS. Versi ini dirancang untuk Windows 95, Windows 98, dan Windows NT, dan dapat diunduh dari Internet, gratis.

Permasalahan Jeda dan Keamanan (2003-2006)[sunting | sunting sumber]

Pada tangaal 7 Mei 2023 dalam aplikasi obrolan daring Microsoft, Brian Countryman, Manajer Program Internet Explorer, mengatakan bahwa Microsoft Windows dan Internet Explorer akan diditribusikan bersama (IE 6 menjadi versi mandiri terakhir);[1] Hal ini akan dilanjutkan sebagai bagian dari evolusi sistem operasi, dengan pembaruan yang disertakan dalam peningkatan sistem operasi. Dengan demikian, Internet Explorer dan Windows sendiri akan lebih tersinkronisasi.

Kompetitor Baru (2006-2014)[sunting | sunting sumber]

Dari tahun 2006 hingga 2009 pangsa pasar Internet Explorer perlahan menurun, dan perubahan kebijakan (diumumkan pada tahun 2003) yang hanya merilis versi baru dengan versi baru sistem operasi Windows dibatalkan dengan rencana untuk IE7.

Pada saat dirilis bulan Desember 2010, Internet Explorer 9 membutuhkan Windows Vista SP2 atau versi Windows yang lebih baru, saat itu 44% komputer masih menjalankan Windows XP. Strategi pemasaran atau kurangnya dukungan lintas platform menyebabkan versi tersebut mendapat kritik, dan menjadi bumerang dengan lambatnya adopsi Microsoft Edge pada Windows 10 .[2] Google Chrome tidak memberlakukan batasan seperti itu, mendukung Windows XP hingga 2014.

Windows 10 dan Microsoft Edge (2014–sekarang)[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 30 September 2014, dalam sebuah acara media, Microsoft mengumumkan versi Windows berikutnya, dengan nama Windows 10. Pada saat itu, Windows 10 diumumkan akan menjadi versi Windows yang benar-benar baru, tetapi Windows akan tetap dapat digunakan sebagai layanan dengan perbaikan terus-menerus di masa mendatang. Dalam acara tersebut, penerus Internet Explorer diumumkan, dengan nama kode "Project Spartan". Ini berarti kematian Internet Explorer yang tak terhindarkan setelah hampir 20 tahun, meskipun fakta ini awalnya tidak disebutkan saat peluncuran Windows 10.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Microsoft to abandon standalone IE, January 23, 2006
  2. ^ Bott, Ed. "Microsoft Edge: What went wrong, what's next". ZDNet (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-06-11.