Sejarah Flanders

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Peta topografi wilayah Flanders di akhir abad ke-14
Flanders sekarang (geografis) di Eropa.

Artikel ini menjelaskan tentang sejarah Flanders. Definisi wilayah "Flanders" (Belanda: Vlaanderen), bagaimanapun, telah bervariasi sepanjang sejarah.

Sejarah Daerah Flanders kini dibagi menjadi beberapa wilayah. Hal ini kira-kira meliputi Flanders Zeeland di Belanda, Flanders Prancis di Prancis, dan provinsi Belgia bernama Flanders Barat, Flanders Timur serta bagian dari Hainaut. Di mana Kota Ghent merupakan ibu kotanya.

Wilayah kontemporer Flanders (yaitu, Daerah Flanders sebagai bagian yang berbahasa Belanda dari Kerajaan Belgia) yang di dalamnya terdiri dari daerah inti tua, di mana Flanders Barat dan Flanders Timur, serta tiga provinsi lagi di timur yang pada awalnya bukan bagian Flanders. Wilayah ini adalah provinsi Antwerp dan Brabant Flanders yang secara historis merupakan bagian dari Kadipaten Brabant, dan provinsi Limburg (Belgia), yang merupakan bagian dari Pangeran-keuskupan Liège. (Kota Brussel, yang secara historis merupakan bagian dari Brabant, kini secara politis menjadi bagian dari Komunitas Flanders, tetapi bukan termasuk Daerah Flanderd.)

Dengan demikian, provinsi Belgia modern yang berada di Barat dan Timur menjadi bagian dari wilayah politik bernama Flanders, sementara provinsi Antwerp, Brabant Flanders dan Belgia Limburg, meski berbahasa Belanda, meski belum.

Sejarah awal[sunting | sunting sumber]

Catatan tertulis tentang Daerah Flanders dimulai pada zaman Romawi. Julius Caesar meninggalkan Komentar tentang Perang Gaulish yang berisi tentang masa-masanya di sana. Caesar menggambarkan "Belgium" atau "Gallia Belgica" sebagai bagian paling utara dari tiga bagian yang berbeda dari Gaul, dan semua definisi Flanders berada di dalam wilayah Belgic besar ini. Penduduknya secara kolektif disebut Belgae. Batas wilayahnya adalah Laut Utara, sungai Marne dan Seine di barat daya, Ardennes di tenggara, dan Rhein di utara dan timur.

Di wilayah Belgic, Flanders lama yang dihuni oleh Menapii (yang berada di pantai, kemungkinan merupakan bagian dari Marsacii dan Morini) yang wilayahnya terbentang dari delta Rhine-Meuse-Scheldt ke Prancis modern. Lebih jauh, melintasi Scheldt, yang membentang dari Brabant ke Prancis modern, tinggal di Nervii. Bagian paling timur dari Flanders modern yang dihuni oleh Eburones, yang wilayahnya mencakup seluruh atau sebagian besar wilayah [Limburg Belgia] modern. Perbatasan persis dari kelompok-kelompok suku ini tidak diketahui, tetapi semuanya merupakan bagian dari aliansi Belgia yang berperang melawan Kaisar. Kemudian, di bawah pemerintahan Romawi, masing-masing kelompok kesukuan ini memiliki "sivitas" atau negara bagiannya, pada masing-masing ibu kota administratif Romawi. Bagi Menapii, hal ini merupakan Cassel, yang kini berada di utara Prancis. Selain itu, wilayah ini berada di dalam provinsi Gallia, Belgica Romawi.

Suku-suku yang berada di wilayah ini adalah suku Celtik, atau Germanik, atau yang lainnya; yang masih menjadi subjek perdebatan dalam sejarah. Tetapi secara keseluruhan, wilayah Belgik dipengaruhi oleh bahasa dan budaya Jerman. Caesar menggambarkan suku dan individu yang memiliki nama Celtic, tetapi juga mengingatkan sebuah cerita bahwa mayoritas Belgae memiliki nenek moyang yang berasal dari timur sungai Rhein, di mana beberapa saat sebelum migrasi Cimbri dan Teuton di abad kedua SM. Caesar menggambarkan suku Belgic utara seperti Menapii dan Nervii yang sangat jauh dari norma Celtic Gaulish yang ditemukan di tempat sekarang yang berpusat di Prancis tengah, dan dia secara khusus mengacu pada tetangga Belgic timur mereka, seperti Eburones, sebagai "Cisrhenane Germani". Dia melaporkan nenek moyang Jerman yang berasal dari suku-suku ini, bahasa-bahasa Jerman pada abad pertama SM, mungkin telah menjadi lazim di antara Belgae utara.

Di akhir zaman klasik, ketika kekaisaran Romawi mendapat tekanan dari kelompok-kelompok suku luar, pesisir Flanderd sendiri menjadi bagian dari "Pantai Sachsen, yang merupakan area militer yang diserang oleh perampok dan penyerang dari anak laut Sachsen, yang datang dari arah utara Jerman. Bagian pedalaman Flanders modern, Brabant dan khususnya Limburg, mendapat tekanan dari kelompok suku Jermanik Frank, dari seberang Sungai Rhein. Pada saat inilah benteng-benteng yang mendasari Oudenburg dibangun. Akhirnya pedalaman Salian Frank memeluk agama Kristen dan mulai menguasai seluruh wilayah Belgia dan diperlakukan sebagai penerus Roma, yang menyebarkan pemerintahan mereka ke Prancis, Jerman dan bahkan sampai ke bagian Italia dan Spanyol. Tetapi masalah terus berlanjut dengan invasi dan penggerebekan dari Viking Jerman utara hingga Abad Pertengahan awal.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]