Seán T. O'Kelly

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Seán T. O'Kelly
O'Kelly, 1949
Presiden Irlandia Ke-2
Masa jabatan
25 Juni 1945 – 24 Juni 1959
Taoiseach
Tánaiste
Masa jabatan
29 Desember 1937 – 14 Juni 1945
TaoiseachÉamon de Valera
Sebelum
Pendahulu
Dirinya sendiri sebagai Wakil Presiden Dewan Eksekutif
Pengganti
Seán Lemass
Sebelum
Menteri Keuangan
Masa jabatan
16 September 1939 – 14 Juni 1945
TaoiseachÉamon de Valera
Sebelum
Pengganti
Frank Aiken
Sebelum
Menteri Pemerintahan Daerah dan Kesehatan Publik
Masa jabatan
9 Maret 1932 – 8 September 1939
TaoiseachÉamon de Valera
Wakil Presiden Dewan Eksekutif
Masa jabatan
9 Maret 1932 – 29 Desember 1937
PresidenÉamon de Valera
Sebelum
Pendahulu
Ernest Blythe
Pengganti
dirinya sendiri sebagai Tánaiste
Sebelum
Ceann Comhairle Dáil Éireann
Masa jabatan
22 Januari 1919 – 16 Agustus 1921
Wakil
Sebelum
Pengganti
Eoin MacNeill
Sebelum
Teachta Dála
Masa jabatan
Juli 1937 – 25 Juni 1945
Daerah pemilihanDublin North-West
Masa jabatan
Agustus 1923 – Juli 1937
Daerah pemilihanDublin North
Masa jabatan
Mei 1921 – Agustus 1923
Daerah pemilihanDublin Mid
Masa jabatan
Desember 1918 – Mei 1921
Daerah pemilihanDublin College Green
Informasi pribadi
Lahir
John Thomas O'Kelly

(1882-08-25)25 Agustus 1882
Dublin, Irlandia
Meninggal23 November 1966(1966-11-23) (umur 84)
Blackrock, Dublin, Irlandia
MakamGlasnevin Cemetery, Dublin, Irlandia
KebangsaanIrlandia
Partai politikFianna Fáil
Suami/istri
Mary Kate Ryan
(m. 1918; meninggal 1934)
Phyllis Ryan
(m. 1936)
Alma materUniversitas Kolese Dublin
Profesi
Tanda tangan
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Seán Thomas O'Kelly (bahasa Irlandia: Seán Tomás Ó Ceallaigh; 25 Agustus 1882 – 23 November 1966), bernama lahir John T. O'Kelly, adalah seorang politikus dan diplomat asal Irlandia yang menjabat sebagai Presiden Irlandia Ke-2 dari 25 Juni 1945 hingga 24 Juni 1959. O'Kelly juga pernah menjabat sebagai Tánaiste (Wakil Perdana Menteri) dari tahun 1932 hingga 1945[1].

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Sean Thomas O'Kelly lahir di Kota Dublin, meskipun tempat kelahirannya tidak dijelaskan secara spesifik[2][3]. Ia kemudian dibaptis dengan nama John. Orang tuanya bernama Samuel O'Kelly dan Catherine O'Dea. Ayahnya bekerja sebagai seorang pembuat sepatu di jalan Berkley[4][5][6]. Selain itu ia memiliki 7 saudara kandung (tiga perempuan dan empat laki-laki)[7][8].

O'Kelly pertama kali bersekolah di Sisters of Charity, yang terletak di Jalan Mountjoy (1886–1890)[9]. Ia kemudian melanjutkan pendidikan tingginya di Sekolah O'Connell, sebuah Sekolah Persaudaraan Kristen di Jalan North Richmond dari tahun 1894–1898. O'Kelly kemudian bekerja di Perpustakaan Nasional Irlandia pada tahun 1898 sebagai Asisten Pemula untuk T. W. Lyster hingga tahun 1902. Ia kemudian begabung dengan Lembaga Literasi Celtik. Selain itu ia juga bergabung dengan Liga Gaelik dengan menjadi anggota badan pengurus pada tahun 1910 dan menjadi sekretaris jenderal pada tahun 1915. Dia ditunjuk sebagai manajer An Claidheamh Soluis, yang di antara editornya termasuk para pemimpin revolusioner Sinn Féin[10].

Aktivitas di Sinn Féin[sunting | sunting sumber]

O'Kelly, 1910

Sean O'Kelly kemudian bekerja dengan Arthur Griffith di Liga Gaelik. Ia mendapat perhatian Griffith pada tahun-tahun sebelumnya bergabung dengan Persaudaraan Republik Irlandia sebagai anggota Bartholomew Teeling Circle yang esoteris dari tahun 1901. O'Kelly bergabung dengan Sinn Féin, yang saat itu merupakan partai kapitalis kecil dengan dua orang pemimpin, segera setelah didirikan pada tahun 1905, sebagai salah satu pendirinya. Ia menjadi sekretaris kehormatan bersama gerakan tersebut dari tahun 1908, tetap menjabat hingga tahun 1925. Pada tahun 1906, ia terpilih menjadi anggota Dublin Corporation, dan mempertahankan kursi untuk Inns Quay Ward hingga tahun 1924. Salah satu juru kampanye pembantunya adalah Thomas Kelly, yang bergabung dengannya dalam mendesak pemerintah untuk memperbaiki skema drainase kota di daerah kumuh Dublin.

Kebangkitan Paskah[sunting | sunting sumber]

O'Kelly bertemu dengan Mary Ryan pada waktu terjadinya Kebangkitan Paskah. Ryan kemudian ditangkap pada 18 Mei 1916 bersama dengan adiknya atas dakwaan yang tidak disebutkan. Ryan dan adiknya kemudian ditahan di Penjara Mountjoy. Sejarawan berpendapat bahwa dia mungkin tertukar dengan saudara perempuannya, Min Ryan. Kit, demikian sebutan Mary Ryan, adalah Profesor Bahasa Prancis di University College Dublin. Dia berbagi rumahnya dengan saudara perempuannya di 19 Ranelagh Road, Dublin, yang dikunjungi O'Kelly. Mereka menikah pada tahun 1918[11].

Dia adalah salah satu dari segelintir orang yang mungkin mengetahui Markas Besar Relawan "Seluruh Irlandia" di Athenry, County Galway, menurut Liam Ó Briain yang terlibat dalam memimpin pemberontakan di perbukitan barat dari Limerick melintasi Shannon[12]. Dia juga bertanggung jawab mengeluarkan Bulmer Hobson dari tahanan IRB[13]. Setelah itu, "hilangnya" Hobson yang misterius menjadi momen ketika "seorang putra setia" Irlandia dikeluarkan dari gerakan; tapi O'Kelly mungkin telah menyelamatkan nyawanya[14]. Selama Kebangkitan dia dikukuhkan sebagai Kapten Staf oleh PH Pearse[15]. Dia keluar masuk GPO, dan diminta untuk diangkat sebagai "Administrator Sipil Pemerintah Republik" bersama empat orang lainnya[16]. Proyek tersebut tidak pernah berjalan, karena mungkin tidak ada upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi persiapan struktur politik yang bebas dari Inggris[17].

Setelah Kebangkitan Paskah pada tahun 1916, O'Kelly dipenjara, dibebaskan, dan ditangkap kembali. Dia dikirim ke Reading Gaol, dan kemudian melarikan diri dari tahanan di Penjara HM Eastwood Park di Inggris, dan kembali ke Irlandia. "Sinn Fein menjadi jubah pertemuan Relawan" Sinn Féin meraih kemenangan telak[18].

Pemilihan Umum 1918[sunting | sunting sumber]

O'Kelly kemudian terpilih menjadi Anggota Parlemen dari Sinn Féin mewakili kawasan Dublin College Green dalam Pemilihan Umum Irlandia 1918[19]. Dalam perannya sebagai seorang sekretaris, O'Kelly ditugasi untuk mempersiapkan Dewan Eksekutif Sinn Féin untuk Majelis Konstituen Dáil Éireann yang telah disetujui oleh Partai Ard Fheis pada bulan Oktober 1918. Bersama dengan para anggota parlemen dari Sinn Féin, mereka menolak untuk duduk di kursinya dalam Parlemen Britania Raya. Mereka justru membentuk Parlemen Irlandia yang diberi nama Dáil Éireann, di Dublin. O'Kelly kemudian menjadi Ceann Comhairle (Ketua) Dáil Éireann periode pertama[20]. O'Kelly menerbitkan Program Demokratik, yang dibuat oleh dia sendiri. Program itu mengacu pada pernyataan misi yang lebih luas untuk kemerdekaan dan separatisme, yang tidak disetujui oleh para pemilih. Faktanya, itu adalah dokumen kerangka yang dipinjam di belakang kemartiran Pearse, ditulis dengan gaya mendiang pemimpin tersebut, dari pemimpin Partai Buruh Thomas Johnson[21].

O'Kelly kemudian mendekati Presiden AS Woodrow Wilson untuk mengunjungi Irlandia sebelum Wilson tiba di Versailles, Prancis. Wilson menolak undangan O'Kelly. Wilson sudah menarik diri dari Liga Penentuan Nasib Sendiri, membuat para pengkritiknya menyebut O'Kelly sebagai 'sombong'. Meskipun ada resolusi Senat AS pada bulan Juni, Presiden tidak akan melanggar komitmennya terhadap Empat Besar demi kebulatan suara[22]. Ia juga menjabat sebagai utusan Republik Irlandia, menuntut pengakuan atas Republik dan penerimaannya dalam negosiasi perjanjian damai pasca-Perang Dunia I di Konferensi Perdamaian Paris. Meskipun permintaan kepada Clemenceau ini tulus, namun secara naif ia mengabaikan fakta bahwa Prancis dan Inggris telah bersekutu selama empat tahun sebelumnya[23][24]. O'Kelly diikuti ke Paris sebagai utusan oleh George Gavan Duffy yang memiliki kualifikasi lebih baik, yang berasal dari keluarga pengacara dan diplomat[25]. Pada tahun 1920, O'Kelly pindah ke Italia, di mana dia bertemu dengan Paus Benediktus XV, memberi pengarahan kepada Paus tentang situasi politik di Irlandia[26]. Pada saat yang sama, O'Kelly bertemu dengan calon diktator Italia, Benito Mussolini, yang membantu orang Irlandia dan utusan Sinn Féin lainnya mendapatkan senjata untuk digunakan oleh IRA[27].

Presiden Irlandia[sunting | sunting sumber]

President Seán T. O'Kelly, An Tóstal, 1954. Diluar gedung GPO, Presiden O'Kelly menerima hormat pasukan dari Garda Baru yang direkrut untuk perayaan Tostal tahun 1954.

O'Kelly dicalonkan sebagai Presiden Irlandia pada tahun 1945. Ia mengalahkan dua kandidat lainnya[28], meskiun pada awalnya ia mendapat suara mayoritas kecil dalam putaran pertama.

O'Kelly pernah melakukan kesalahan yang terkenal karena kecerobohannya. Hal ini terjadi pada saat ia melakukan kunjungan kenegaraan ke Kota Vatikan, yang mana terjadi pelanggaran protokoler kunjungan, saat ia memberikan keterangan kepada media dan jurnalis tentang pandangan pribadi Paus Pius XII mengenai komunisme. Akibat kecerobohannya ini, hubungan antara Paus Pius XII dan Joseph Stalin menjadi memburuk.

Pada saat menjabat sebagai Presiden, O'Kelly menandatangani UU Republik Irlandia 1948 yang berisi hal-hal tentang pendirian Republik Irlandia pada 18 April 1949 sebagai sebuah republik merdeka diluar Persemakmuran Britania Raya. Sebagai hasil dari penerapan UU tersebut, O'Kelly diakui sebagai Presiden Irlandia pertama yang diakui secara internasional sebagai kepala negara berkuasa penuh di Irlandia menggantikan Raja George VI sebagai Monarki Irlandia terakhir.

O' Kelly kembali terpilih sebagai Presiden Irlandia pada 25 Juni 1952 tanpa ada perlawanan dari calon lain. Selama periode keduanya ini, ia melakukan banyak kunjungan ke negara-negara Eropa dan menyampaikan pidato di Kongres Amerika Serikat pada tahun 1959[29]. Ia memutuskan untuk pensiun dari dunia politik pada akhir masa jabatannya pada 1959 dan digantikan oleh mantan Taoiseach sekaligus mentor dan kawan lamanya, Eamon de Valera.

O'Kelly (tengah) menyambut kedatangan Pangeran Bernhard (Suami Ratu Juliana), c.1949

O'Kelly tidak pernah melakukan rujukan suatu Rancangan Undang-Undang kepada Mahkamah Agung selama ia menjabat sebagai Presiden. Ia membuka pertemuan di Dewan Negara pada tahun 1947, untuk memastikan bagian III dari RUU Kesehatan 1947– yang menjadi dasar bagi Skema Ibu dan Anak – harus dirujuk, namun ia memutuskan untuk tidak melakukan hal tersebut[30].

Dia membubarkan Dáil sebanyak empat kali (pada tahun 1948, 1951, 1954 dan 1957). Pada setiap kesempatan, Taoiseach yang menasihatinya untuk melakukan hal tersebut (de Valera dalam kasus pertama dan ketiga, dan John A. Costello dalam dua kasus lainnya) belum secara resmi dikalahkan dalam pemungutan suara Dáil dengan cara yang menunjukkan hilangnya dukungan oleh mayoritas TD. Oleh karena itu, berdasarkan Pasal 13.2.3° Konstitusi, O'Kelly tidak mempunyai keleluasaan untuk menolak mengikuti saran mereka untuk membubarkan diri. Namun kasus yang lebih kompleks terjadi pada tahun 1949, ketika Pemerintah Antar-Partai Pertama dikalahkan dalam pemungutan suara Dáil mengenai ukuran keuangan karena tidak adanya sejumlah TD Pemerintah. O'Kelly diberitahu oleh Sekretaris Presiden, Michael McDunphy, bahwa jika Costello meminta pembubaran, dia bisa saja menolaknya – sehingga memaksa Costello untuk mengundurkan diri. Namun, Costello menganggap bahwa pemungutan suara tersebut gagal secara tidak sengaja (karena kesalahan partai), dan memilih untuk menerapkan kembali tindakan tersebut keesokan paginya, daripada mengupayakan pembubaran. Dengan semua TD hadir kali ini, pemungutan suara dilakukan. McDunphy kemudian berubah pikiran dan dalam arsip acara tersebut disimpulkan bahwa O'Kelly tidak bisa menolak pembubaran karena kerugian tersebut hanyalah kerugian teknis, bukan keputusan sebenarnya dari Dáil untuk memberikan suara menentang pemerintah.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Teman Dekat Éamon de Valera[sunting | sunting sumber]

O'Kelly merupakan teman dekat Éamon de Valera. Mereka berdua menentang Traktat Anglo-Irlandia. Pada saat Valera mengundurkan diri sebagai Presiden Republik pada 6 Januari 1922, O'Kelly baru tiba di Dublin. Ia mencoba menegosiasikan segala kompromi yang intinya mencoba untuk tetap mempertahankan Valera di kursi kepresidenan. De Valera yang marah menolak tawaran itu dan memerintahkan O'Kelly untuk kembali ke Paris

Selama Perang Saudara Irlandia, O'Kelly dipenjara hingga Desember 1923. Setelah itu ia menghabiskan dua tahun berikutnya sebagai utusan Sinn Féin untuk Amerika Serikat.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Makam Sean Thomas O' Kelly

Tahun 1918, Sean T. O'Kelly menikahi Mary Kate yang dikenal sebagai Kit. Kate merupakan anak dari John Ryan, seorang petani dari Tomcoole, Taghmon, County Wexford[31]. Kit bekerja sebagai asisten profesor bidang bahasa modern di Universitas Nasional[32]. Mary Kate kemudian wafat pada tahun 1934 diusia 55 tahun. Mereka tidak dikaruniai anak selama pernikahan mereka. Pada tahun 1936, O'Kelly menikah lagi dengan Phyliss Ryan, adik kandung dari mendiang istrinya, setelah menerima dispensasi kepausan. Istri kedua O'Kelly adalah ahli kimia dan analis publik, dia berusia empat puluh tiga tahun ketika mereka menikah[32]. Dia kehilangan anak pertamanya dan tidak dapat memiliki anak lagi[33].

Salah satu saudara laki-laki Mary Kate dan Phyllis adalah Menteri Fianna Fáil James Ryan, sementara saudara perempuan lainnya, Josephine Ryan, menikah dengan pemimpin Fine Gael Jenderal Richard Mulcahy[32].

Kebiasaan Hidup dan Wafat[sunting | sunting sumber]

Éamon de Valera mengkhawatirkan kebiasaan minum O'Kelly, yang banyak dikomentari selama kariernya. O'Kelly banyak minum, dan sering kali, namun perilakunya tetap bermartabat dan tidak tercela serta tidak pernah menimbulkan skandal apa pun[34]. Penulisnya, Mgr. Pádraig Ó Fiannachta, melaporkan bahwa Presiden O'Kelly menyimpan barel-barel draft Guinness di Áras an Uachtaráin[35].

O'Kelly memiliki tinggi badan yang penduk, namun istri keduanya justru lebih tinggi darinya[36][37]. Saat menghadiri pertandingan sepak bola di Croke Park, dia berada di lapangan untuk melempar bola. Salah satu massa berteriak, "Potong rumputnya, kami tidak bisa melihat Presiden!"[38].

Saat pensiun sebagai Presiden Irlandia pada tahun 1959, ia digambarkan sebagai "Presiden teladan" oleh surat kabar Irish Times yang biasanya bermusuhan dengannya. Meskipun kontroversial, O'Kelly secara luas dipandang sebagai orang yang tulus dan jujur, meskipun tidak bijaksana.

Dia meninggal pada tanggal 23 November 1966, pada usia 84 tahun, lima puluh tahun setelah Kebangkitan Paskah yang pertama kali membuatnya terkenal. Ia dimakamkan di Pemakaman Glasnevin, Dublin.

Daftar Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Seán T. O'Kelly". Oireachtas Members Database. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 October 2019. Diakses tanggal 9 September 2019. 
  2. ^ The Dictionary of Irish Biography indicates that he was born at 4 Lower Wellington Street, Dublin. According to his birth registration he was born at 55 Wellington Street. Yet another source: http://www.glasnevintrust.ie/visit-glasnevin/interactive-map/sean-t-okelly/ Diarsipkan 22 December 2014 di Wayback Machine. – states that he was born in Capel Street
  3. ^ Cowell, John (1980). Where they lived in DublinPerlu mendaftar (gratis). O'Brien Press Limited. ISBN 978-0-905140-43-8. 
  4. ^ Frederic Logan Paxson, Postwar years; normalcy, 1918–1923 (Cooper Square Publishers, 1966), p. 34
  5. ^ O'Kelly's parents' marriage registration in 1879 - they had not yet reverted to the Irish form of their names as O'Kelly and O'Dea, but still used 'Kelly' and 'Dea', a custom dating back to when surnames beginning with 'Mac' or 'O' were forbidden entry to Dublin; they were both living in 7 Fishamble Street, a tenement by Christ Church Cathedral that is one of Dublin City's most ancient streets. He is a boot maker and she is a basket maker https://civilrecords.irishgenealogy.ie/churchrecords/images/marriage_returns/marriages_1879/11067/8049223.pdf
  6. ^ Debrett's House of Commons, and the Judicial Bench (1922), p. 123: "Sean Tomas O'Kelly, el. son of Samuel O'Kelly, of Berkley Road, Dublin; b. Aug. 25th, 1883; ed. at O'Connell Schs., Dublin: m. 1918, Mary Kate, da. of John Ryan, of Wexford ; is Sec. to Gaelic League, a Member of Municipal Council, Dublin"
  7. ^ Birth registration for John Thomas Kelly, son of Samuel Kelly, boot maker, and Catherine née Day, 55 Welling Street, north Dublin on 25 August 1882 https://civilrecords.irishgenealogy.ie/churchrecords/images/birth_returns/births_1882/02761/2014096.pdf
  8. ^ Witness statement of Máighréad O'Kelly in the Bureau of Military History https://www.militaryarchives.ie/collections/online-collections/bureau-of-military-history-1913-1921/reels/bmh/BMH.WS0925.pdf Diarsipkan 27 September 2020 di Wayback Machine.
  9. ^ Maume, Patrick. "O'Kelly, Seán Thomas (Ó Ceallaigh, Seán Tomás)". Dictionary of Irish Biography. Diakses tanggal 8 January 2022. 
  10. ^ Charles Townshend, "Easter 1916: The Irish Rebellion" (Penguin 2006), p. 412.
  11. ^ Sinead McCoole, "No Ordinary Women: Irish Female Activists in the Revolutionary Years 1900–1923" (O'Brien 2004). p.54-55.
  12. ^ Irish Bureau of Military History (BMH) WS 6 (Liam O'Briain)
  13. ^ F.X.Martin (ed.), "1916 – Myth, Fact and Mystery', Studia Hibernica, 7 (1967) pp.88–9.
  14. ^ Townshend, p.137-8.
  15. ^ Bureau of Military History witness statement by Min Ryan, O'Kelly's sister-in-law https://www.militaryarchives.ie/collections/online-collections/bureau-of-military-history-1913-1921/reels/bmh/BMH.WS0399.pdf#page=14
  16. ^ a single issue of the "Irish War News", 25 April 1916.
  17. ^ Seán T. O'Kelly, '1916 before and after', National Library of Ireland (NLI) Ms 27692; Townshend, p.161.
  18. ^ M.Laffan, "Resurrection in Ireland: The Sinn Fein Party, 1916–1923", p.31, cited in C.Townshend, "The Republic". p.33.
  19. ^ "Seán T. O'Kelly". ElectionsIreland.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 April 2012. Diakses tanggal 11 February 2012. 
  20. ^ Townshend, p.64.
  21. ^ C Townshend, p.66, citing J.J.Lee, Ireland 1912–1985: Politics and Society (Cambridge 1989), p.41.
  22. ^ Townshend, p.68.
  23. ^ "O'Kelly and Gavan Duffy to Clemenceau, June 1919". Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 November 2017. Diakses tanggal 27 December 2007. 
  24. ^ "Letter to Clemenceau Feb 1919". Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 November 2007. Diakses tanggal 6 May 2009. 
  25. ^ Townshend, p.69.
  26. ^ Memorandum by Sean T. O'Ceallaigh to Pope Benedict XV; ROME, 18 May 1920 https://www.difp.ie/volume-1/1920/memorandum-by-sean-t-oceallaigh-to-pope-benedict-xv/35/#section-documentpage
  27. ^ Mark Phelan, 'Prophet of the Oppressed Nations': Gabriele D'Annunzio and the Irish Republic, 1919–21, History Ireland, 21:5 (Sep./Oct. 2013) http://www.historyireland.com/18th-19th-century-history/gabriele-dannunzio-irish-republic-1919-21/ Diarsipkan 13 December 2016 di Wayback Machine.
  28. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Townshend, p.463
  29. ^ The six Irish leaders who have addressed joint sessions of the U.S. Congress are Seán T. O'Kelly (18 March 1959), Éamon de Valera (28 May 1964), Liam Cosgrave (17 March 1976), Garret FitzGerald (15 March 1984), John Bruton (11 September 1996), and Bertie Ahern (30 April 2008).
  30. ^ Kelly, Hogan and Whyte The Irish Constitution (4th ed., LexisNexis Butterworth, 2003) par 4.5.110. Health Act, 1947 Part III "Health Act, 1947". Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 May 2006. Diakses tanggal 17 May 2006.  .
  31. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama debrett2
  32. ^ a b c The Ryans of Tomcoole Diarsipkan 6 August 2021 di Wayback Machine. at nli.ie, accessed 12 May 2015
  33. ^ Uachtaráin – Séan T. Ó Ceallaigh (41m 16s) di YouTube Television documentary by TG4, 2007.
  34. ^ Uachtaráin – Séan T. Ó Ceallaigh (28m 10s) di YouTube Television documentary by TG4, 2007.
  35. ^ Uachtaráin – Séan T. Ó Ceallaigh (47m 35s) di YouTube Television documentary by TG4, 2007.
  36. ^ Uachtaráin – Séan T. Ó Ceallaigh (46m 42s) di YouTube Television documentary by TG4, 2007.
  37. ^ Uachtaráin – Séan T. Ó Ceallaigh (48m 03s) di YouTube Television documentary by TG4, 2007.
  38. ^ Uachtaráin – Séan T. Ó Ceallaigh (47m 05s) di YouTube Television documentary by TG4, 2007.