Ceann Comhairle

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ceann Comhairle
Dáil Éireann
Petahana
Seán Ó Fearghaíl

sejak 10 Maret 2016
Dáil Éireann
StatusKetua
Anggota
KantorRumah Leinster, Dublin
Dicalonkan olehSekurang-kurangnya 7 TD pada awal masa sidang setelah pelaksanaan pemilu
Ditunjuk olehDáil Éireann setelah dipilih oleh Pemungutan Suara Rahasia.
Masa jabatanHingga berakhirnya masa kerja Dáil. Tidak ada batasan waktu yang diterapkan untuk jabatan ini
Dasar hukumPasal 15 – Konstitusi Irlandia
Pejabat perdanaCathal Brugha
Dibentuk21 Januari 1919
WakilLeas-Cheann Comhairle
Gaji€227,448 pertahun [1]
Situs webSitus web resmi

Ceann Comhairle (Irlandia: [ˌcaːn̪ˠ ˈkoːɾˠl̠ʲə] ; "Ketua Dewan"[2]; penggunaan jamak Cinn Comhairle [ˌciːn̠ʲ ˈkoːɾˠl̠ʲə][2]) adalah Ketua Dáil Éireann, Majelis Rendah dari Oireachtas. Setiap person yang ditunjuk menjadi Ceann Comhairle dipilih oleh para Teachta Dála dari jumlah mereka pada sidang pertama setelah setiap pemilihan umum. Ceann Comhairle sejak 10 Maret 2016 adalah Seán Ó Fearghaíl, sedangkan Leas-Cheann Comhairle (Wakil Ketua Dewan) sejak 23 Juli 2020 adalah Catherine Connolly, TD Independen.

Ikhtisar Jabatan[sunting | sunting sumber]

Ceann Comhairle Dáil Éireann diminta untuk tidak memihak (berat sebelah pihak) dalam Dáil Éireann meskipun ia berasal dari satu partai yang sama dalam Dáil Éireann. Untuk dapat memilih seorang Ceann Comhairle, pemerintah akan memilih satu orang Teachta Dála dari partai yang berada dalam pemerintahan untuk diusulkan menjadi Ceann Comhairle. Sehingga dalam rangka untuk melindungi netralitas Ceann Comhairle, Konstitusi Irlandia menyatakan bahwa Ceann Comhairle petahan tidak akan mencalonkan diri kembali sebagai Teachta Dála, tapi melainkan dianggap secara otomatis telah terpilih kembali oleh daerah pemilihannya pada pemilihan umum tersebut, kecuali Ceann Comhairle tersebut meminta pensiun atau berhenti dari jabatannya[a]. Maka menjadi konsekuensi bahwa daerah pemilihan dari Ceann Comhairle petahana mewakili memilih satu TD lebih sedikit dalam pemilihan umum dibandingkan hak biasanya, namun masih memiliki jumlah TD yang sama. Berdasarkan perintah tetap, tidak ada anggota pemerintah atau Menteri Negara yang boleh menjabat sebagai Ceann Comhairle atau Leas-Cheann Comhairle[4].

Ceann Comhairle tidak akan ikut dalam perdebatan yang ada dalam Dáil Eireann ataupun memberikan suaranya dalam setiap pemungutan suara, kecuali jika ada pemungutan suara yang hasilnya imbang. Jika hal tersebut berlaku, Ceann Comhairle akan memberikan suaranya berdasarkan pada Konvensi Parlementer yang Berhubungan dengan Ketua Dewan Rakyat Britania Raya yang cenderung memberikan suara menentang mosi. Ceann Comhairle secara resmi akan membuka persidangan setiap hari dalam masa sidang dengan memimpin doa pembukaan resmi. Ceann Comhairle juga adalah penentu tunggal dalam Dáil dan memiliki beberapa tugas pokok seperti :

  • Memanggil Teachta Dála untuk berbicara. Semua pembicaraan yang dilakukan harus disampaikan kepada Ceann Comhairle.
  • Melempar pertanyaan-pertanyaan kepada Dáil, mengawasi dan mendeklarasikan hasil dari pembagian.
  • Mempunyai otoritasi untuk menekan keributan. Untuk memastikan kepatuhan terhadap keputusannya, Ceann Comhairle dapat memerintahkan anggotanyaá untuk keluar dari Dáil atau memberhentikan seseorang dari Dáil untuk jangka waktu tertentu. Jika terjadi kekacauan besar, Ceann Comhairle dapat menangguhkan atau menunda Dáil tersebut.
  • Membunyikan bel ketika terjadi keributan para Teachta Dála. Lonceng tersebut merupakan reproduksi setengah ukuran dari lonceng kuno Kastil Lough Lene yang ditemukan di Castle Island, Lough Lene, Castlepollard, County Westmeath pada tahun 1881 dan sekarang di Museum Nasional. Reproduksinya dipersembahkan pada tahun 1931 oleh janda Bryan Cooper, mantan TD

Ceann Comhairle adalah anggota ex officio dari Komisi Kepresidenan, Dewan Negara[5].

Aturan Pemilihan[sunting | sunting sumber]

DIbawah Peraturan Pemilihan Ceann Comhairle yang diterapkan pada Dáil ke-31, kandidat Ceann Comhairle harus dicalonkan oleh setidak-tidaknya tujuh orang Teachta Dála. Setiap Teachta Dála hanya diperbolehkan mencalonkan satu orang kandidat. Pencalonan kandidat seterusnya akan diteruskan kepada Panitera Dáil paling lambat jam 6 sore sebelum Dáil bersidang setelah pemilihan umum agar sah, tetapi calon yang diajukan dapat ditarik kapan saja hingga penutupan nominasi[6].

Jika lebih dari satu kandidat dicalonkan, Dáil akan memberikan suara melalui pemungutan suara rahasia berdasarkan preferensi setelah pidato para kandidat, yang tidak boleh lebih dari lima menit, dengan mayoritas absolut diperlukan untuk kemenangan[7]. Jika tidak ada calon yang mendapatkan suara mayoritas setelah preferensi pertama, calon yang menerima suara terendah akan dieliminasi dari pemilihan dan suara mereka akan dialihkan berdasarkan preferensi tertinggi setelahnya, dibawah metode sistem pemungutan suara alternatif[6]. Eliminasi dan pengalihan suara akan terus berlanjut hingga terdapat satu calon yang memperoleh suara terbanyak. Setelah itu Dáil akan memberikan suara pada mosi formal untuk menunjuk anggota tersebut ke posisi Ceann Comhairle. Panitera Dáil akan menjadi Ceann Comhairle selama proses pemilihan.

Leas-Ceann Comhairle[sunting | sunting sumber]

Leas-Cheann Comhairle adalah Wakil Ketua Dáil Éireann yang jabatannya dibentuk berdasarkan Pasal 15.9.1 Konstitusi Irlandia. Jika Ceann Comhairle berhalangan hadir, maka Leas-Ceann Comhairle yang akan melaksanakan tugas dan kewenangan Ceann Comhairle dalam prosedural di Dáil[8]. Leas-Ceann Comhairle juga dipilih melalui pemungutan suara rahasia. Saat ini Leas-Ceann Comhairle dijabat oleh Catherine Connolly. Berdasarkan pada tradisi yang berlaku dalam Dáil, Leas-Ceann Comhairle biasanya dipilih dari kalangan oposisi[9].

Daftar Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "TDs and Senators salaries". 7 June 2022. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 June 2022. Diakses tanggal 7 June 2022. 
  2. ^ a b "Ceann Comhairle". Houses of the Oireachtas. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 December 2019. Diakses tanggal 4 December 2019. 
  3. ^ "CONSTITUTION OF IRELAND". Irish Statute Book. hlm. Article 16.6. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 May 2019. Diakses tanggal 4 December 2015. 
  4. ^ a b O'Connor & O'Halloran 2008, hlm. 124–127.
  5. ^ "Members of the Commission". Commission for Public Service Appointments. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 January 2015. Diakses tanggal 27 February 2015. 
  6. ^ a b Inaccurately described in Dáil standing orders as "the proportional representation single transferable vote system". Dáil Éireann (17 January 2017). "Standing Orders Relative to Public Business; together with Oireachtas Library & Research Service Rules" (PDF) (dalam bahasa Inggris and Irlandia). Oireachtas. hlm. 3; S.O. 6(10)(g). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 6 October 2020. Diakses tanggal 18 February 2020. The ballot shall be counted under the Proportional Representation Single Transferable Vote (PRSTV) system. 
  7. ^ "Here's who is in the mix for the job of keeping order in the next Dáil". TheJournal.ie. 17 February 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 February 2020. Diakses tanggal 18 February 2020. 
  8. ^ "Leas-Cheann Comhairle". Houses of the Oireachtas. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 March 2012. Diakses tanggal 4 November 2022. 
  9. ^ McGee, Harry (1 April 2011). "FF TD selected by Taoiseach to serve as Leas-Cheann Comhairle". The Irish Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 November 2011. Diakses tanggal 2 April 2011. 

Catatan[sunting | sunting sumber]


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "lower-alpha", tapi tidak ditemukan tag <references group="lower-alpha"/> yang berkaitan