Scotch egg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Scotch egg
One scotch egg (No jar of Marmite).jpg
Scotch egg yang dibelah
JenisMakanan piknik
Tempat asalInggris
Bahan utamaTelur rebus, sosis, tepung roti

Scotch egg merupakan hidangan yang terdiri dari telur rebus yang dibungkus dengan sosis serta dilapisi dengan remah roti dan dipanggang atau digoreng.

Asal-usul[sunting | sunting sumber]

Terdapat sejumlah teori berbeda mengenai asal dan etimologi hidangan, tetapi tidak ada pernyataan yang pasti. Pada tahun 1809, Oxford English Dictionary memberi contoh pertama penggunaan nama hidangan ini dalam edisi A New System of Domestic Cookery karya Maria Rundell . Resepnya muncul di edisi pertama buku yang sama pada 1805, namun saat itu mereka tidak disajikan dengan lapisan remah roti. Pada tahun 1861, Isabella Beeton menyarankan penggunaan tepung roti sebagai opsi. Oxford Companion to Food berspekulasi bahwa asal hidangan ini mungkin berasal dari kofta[1]


Porsi[sunting | sunting sumber]

Di Inggris Raya, Scotch egg versi kemasan tersedia di berbagai supermarket dan stasiun layanan jalan raya . Versi mungil camilan ini juga banyak tersedia dan dijual dengan nama "mini scotch eggs", "savoury eggs", "picnic eggs", "party eggs", "snack eggs", "egg bites" dan sejenisnya. Versi tersebut berisi telur cincang atau telur puyuh dan terkadang berisi mayones atau daging bakon yang dicincang.

Di Amerika Serikat, banyak pub dan restoran Inggris yang menyajikan Scotch eggs. Makanan ini disajikan panas dengan saus seperti ranch dressing, saus pedas, dan saus mustard panas.[2] [3] [4] [5]

Di Belanda dan Belgia, camilan ini juga disebut vogelnestje yang berarti "sarang burung kecil", sebab mengandung telur, atau eierbal ("bola telur"). Salah satu resep Skotlandia juga menyebutnya sarang burung. [6]

Variasi[sunting | sunting sumber]

Ada beberapa variasi lokal, seperti Manchester Egg yang mengandung acar telur yang dibungkus dengan campuran daging babi dan puding hitam Lancashire. Variasi [7] Worcester Egg menggunakan acar telur dengan Kecap inggris serta dibalut dengan campuran daging sosis dan puding putih .

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Davidson, Alan (2014). The Oxford Companion to Food (dalam bahasa Inggris). Oxford University Press. hlm. 724. ISBN 978-0-19-967733-7. 
  2. ^ "Food Finder". Mnstatefair.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 August 2009. Diakses tanggal 28 April 2014. 
  3. ^ "Food – The Original Renaissance Pleasure Faire". renfair.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 9 April 2018. 
  4. ^ "#9: Eat a scotch egg, ride a slide ... at the Renaissance Festival | 30 things before 30". 30thingsbefore30.wordpress.com. Diakses tanggal 12 June 2013. 
  5. ^ "The Texas Renaissance Festival's "Five Bucket" List Delights to Die For | Eat Drink SETX – Southeast Texas Restaurants and Bars – Food – Drink – Event Guide". Eatdrinksetx.com. 25 November 2012. Diakses tanggal 12 June 2013. 
  6. ^ "Foods of England - Scotch Eggs". www.foodsofengland.co.uk. Diakses tanggal 15 July 2019. 
  7. ^ Naylor, Tony (29 April 2010). "A plan is hatched: the Manchester egg". The Guardian. Diakses tanggal 1 July 2010.