Berkik-gunung erasia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Scolopax rusticola)
Berkik-gunung erasia
Scolopax rusticola
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22693052
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliScolopacidae
GenusScolopax
SpesiesScolopax rusticola
Linnaeus, 1758
Distribusi

Range of S. rusticola     Breeding      Resident      Non-breeding
EndemikNamdapha National Park (en), Neora Valley National Park (en), Lachen (en), Yuksom (en), Eaglenest Wildlife Sanctuary (en) dan Mehao Wildlife Sanctuary (en)

Scolopax rusticola atau berkik gunung erasia adalah sebuah burung perandai sedang-kecil yang ditemukan di Eurasia subtropis dan sedang. Populasi dunia diperkirakan 14 juta hingga 16 juta burung.

Morfologi[sunting | sunting sumber]

Scolopax rusticola berukuran sekitar 33-35 cm. Berkik gunung erasia menunjukkan kamuflase samar seusai habitat hutannya. Burung dewasa memiliki mahkota belakang bergaris hitam. Di bagian atas berwarna coklat kemerahan dengan pola mengkilap. Bagian bawah kuning bergaris coklat dan mengkilap. [2]

Matanya dapat melihat dengan jauh ke belakang di kepalanya untuk memberikan penglihatan 360 derajat dan mencari makanan dengan paruh yang panjang dan sensitif, membuatnya rentan terhadap cuaca dingin ketika tanah tetap beku.

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Pejantannya menunjukkan perilaku penerbangan saat berkembang biak yang dikenal sebagai 'roding' saat senja di musim semi dengan mengelilingi pepohonan dan mengepakkan sayap secara disengaja[2]. Ketika terancam, betina dapat membawa anak-anak ayam di antara kakinya, di cakarnya atau di punggung saat terbang, meskipun ini jarang disaksikan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Scolopax rusticola". Diakses tanggal 26 November 2013. 
  2. ^ a b Robson, Craig (2007). NEW HOLLAND FIELD GUIDE TO THE BIRDS OF SOUTH-EAST ASIA : THAILAND, PENINSULAR MALAYSIA, SINGAPORE, VIETNAM, CAMBODIA, LAOS, MYANMAR. London: New Holland. hlm. 90. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]