Saturiya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Saturiya
Satureja subspicata
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Subfamili:
Tribus:
Genus:
Satureja

Spesies

Lihat teks

Sinonim[1]
  • Thymbra Mill. 1754 not L. 1753
  • Saturiastrum Fourr.
  • Euhesperida Brullo & Furnari
  • Argantoniella G.López & R.Morales

Satureja atau saturiya adalah sebuah genus tumbuhan aromatik dari keluarga Lamiaceae. Anggotanya berasal dari Afrika Utara, Eropa selatan dan tenggara, Timur Tengah, dan Asia Tengah. Beberapa spesies Dunia Baru sebelumnya termasuk dalam genus ini, tetapi semuanya telah dipindahkan ke genus lain. Beberapa spesiesnya dibudidayakan sebagai ramuan kuliner yang disebut Savory, dan telah berkembang biak di alam liar di beberapa tempat.[1][2]

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Etimologi dari kata Latin satureia tidak jelas. Spekulasi bahwa kata ini terkait dengan saturare,[3] dengan satyr,[3] atau dengan za'atar[4] tidak didukung dengan baik. Nama Ibrani kunonya adalah Tzatrah (צתרה).

Deskripsi Fisik[sunting | sunting sumber]

Spesiesnya mungkin merupakan tumbuhan semusim atau menahun. Mereka adalah herba dan subperdu yang tumbuh rendah, mencapai ketinggian 15–50 cm. Daunnya memiliki panjang 1–3 cm, dengan bunga berbentuk lingkaran di batang, berwarna putih hingga merah muda-ungu pucat.

Ekologi & Kultivasi[sunting | sunting sumber]

Spesiesnya merupakan makanan bagi larva beberapa Lepidoptera (kupu-kupu dan ngengat). Ulat ngengat Coleophora bifrondella diketahui hanya memakan S. montana.

Saturiya dapat ditanam murni untuk tujuan hiasan. Anggota genus ini membutuhkan sinar matahari dan tanah yang memiliki drainase yang baik.

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Daun Satureja hortensis kering

Satureja hortensis dan Satureja montana digunakan untuk memberi rasa pada makanan. Yang pertama lebih disukai oleh para juru masak hanya tersedia di musim panas. Satureja montana adalah tumbuhan menahun yang selalu hijau.

Saturiya berperan penting dalam masakan Armenia, Georgia, Bulgaria, dan Italia, terutama saat memasak kacang. Savory juga digunakan untuk membumbui sup tradisional Akadia yang dikenal sebagai fricot. Campuran bumbu modern Herbes de Provence yang memiliki rasa gurih digunakan sebagai salah satu bahan utamanya.

Di Azerbaijan, saturiya sering dimasukkan sebagai penyedap teh hitam.

Daftar Spesies[sunting | sunting sumber]

Daftar[1][sunting | sunting sumber]

Dahulu Ditempatkan Disini[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Kew World Checklist of Selected Plant Families". 
  2. ^ Altervista Flora Italiana, genere Satureja includes photos plus distribution maps for Europe + North America
  3. ^ a b F. E. J. Valpy, An Etymological Dictionary of the Latin Language, 1828, p. 542.
  4. ^ DeBaggio, Thomas; Tucker, Arthur O. (2009). The encyclopedia of herbs : a comprehensive reference to herbs of flavor and fragrance (edisi ke-2nd). Timber Press. ISBN 978-0881929942.