Sarolt dari Hungaria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sarolt dari Hungaria
Putri Agung Hungaria
Periodeseb. 972 – sek. 997
Kelahiransek. 950
Kematianset. 997
WangsaWangsa Árpád
AyahGyula dari Transilvania
PasanganGéza dari Hungaria
AnakJudyta Węgierska dari Hungaria
Margareth, Tsarina Bulgaria
Santo István
Maria, Dogaressa Venesia
Gizella, Ratu Hungaria

Sarolt (sek. 950 – set. 997) merupakan istri Géza, Pangeran Agung Hungaria.

Ia adalah putri Gyula dari Transilvania dan mungkin dididik di dalam kepercayaan Ortodoks Timur. Ia menikah dengan Géza, putra Taksony, Pangeran Agung Hungaria, yang menggantikan ayahandanya sebelum tahun 972.

Sarolt memberikan pengaruh yang kuat pada suaminya yang memungkinkannya untuk juga mempengaruhi pemerintahannya.[1] Ia diawasi dengan curiga oleh para misionaris Katolik.[2] Sejarah menuduhnya seorang peminum yang tak pernah puas dan bahkan melakukan pembunuhan berencana.

Setelah kematian suaminya pada tahun 997, salah satu sepupu jauhnya Koppány, yang menyatakan hak warisnya atas kepemimpinan Hungaria melawan putranya, István (Vajk), ingin menikahi Sarolt, mengacu pada tradisi Hungaria. Namun Koppány dikalahkan, dan tak lama kemudian putra Sarolt dimahkotai sebagai Raja Hungaria pertama.

Namanya (Šar-oldu) berasal dari Turkik dan berarti "musang putih".[3] Ia juga disebut "Beleknegini" oleh para pengikut Slavianya yang berarti "ratu putih".[4]

Pernikahan & Keturunan[sunting | sunting sumber]

Judyta, putri Sarolt - istri Bolesław I dari Polandia

# sebelum tahun 972: Géza, Pangeran Agung Hungaria (sekitar tahun 945 – 997)

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Kristó Gyula - Makk Ferenc: Az Árpád-ház uralkodói (IPC Könyvek, 1996)
  • Korai Magyar Történeti Lexikon (9-14. század), főszerkesztő: Kristó Gyula, szerkesztők: Engel Pál és Makk Ferenc (Akadémiai Kiadó, Budapest, 1994)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "In these days, he [Saint Adalbert] sent [a letter] to the High Prince of the Magyars, or rather to his wife who had been holding the whole country in her power with a hand of a man, and who had been governing everything owned by her husband" (Bruno of Querfurt: Sancti Adalberti Pragensis episcopi et martyris vita altera).
  2. ^ "Christian faith made its start under her direction, but the sullied religion mingled with paganism, and this idle and faint Christianity was turning worse than barbarism" (Bruno of Querfurt: Sancti Adalberti Pragensis episcopi et martyris vita altera).
  3. ^ Béla Kálmán, The world of names: a study in Hungarian onomatology, Akadémiai Kiadó, 1978, p. 41
  4. ^ Thietmar of Merseburg: Chronicon