Sarah Geronimo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sarah Geronimo
Sarah Geronimo performing in 2011
Sarah Geronimo performing in 2011
Informasi latar belakang
Lahir25 Juli 1988 (umur 35)
AsalSanta Cruz, Manila, Filipina
GenreOPM, pop
PekerjaanPenyanyi, aktris
InstrumenVocals, piano
Tahun aktif2002–sekarang
LabelVIVA Records, Star Records
Situs webwww.sarahgeronimo.ph

Sarah Geronimo (lahir 25 Juli 1988 sebagai Sarah Asher Tua Geronimo) adalah artis rekaman, penulis lagu, produser, dan aktris asal Filipina.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Film Peran Catatan Box Office Gross
1995 Sarah... Ang Munting Prinsesa Sarah's Classmate Background only
2003 Filipinas Kathleen
Captain Barbell Mara
2004 Masikip Sa Dibdib Cameo
Annie B. Patty
Lastikman: Unang Banat Lara Manuel
2008 A Very Special Love Laida Magtalas First Movie in a Leading Role or Debut Film
8th Highest Grossing Filipino Film of All Time[1]
GMMSF Box-Office Entertainment Award for Box-Office Queen[2]
₱180 million
2009 You Changed My Life
9th Highest Grossing Filipino Film of All Time[1]
GMMSF Box-Office Entertainment Award for Box-Office Queen[3]
Nominated — FAMAS Awards for Best Actress in a Lead Role.[4]
Nominated — ENPRESS Golden Screen Awards for Best Performance by an Actress in a Leading Role (Musical/Comedy).[5]
₱230 million
2010 Hating Kapatid Cecilia ₱90 million
2011 Catch Me, I'm In Love Roan Sanchez Nominated – ENPRESS Golden Screen Awards for Best Performance by an Actress in a Leading Role (Musical/Comedy).[6]
20th Highest Grossing Filipino Film of All Time
GMMSF Box-Office Entertainment Award for Princess of Philippine Movies
₱130 million
Won't Last A Day Without You DJ Heidee/ George ₱97 million
2013 It Takes A Man And A Woman
Laida Magtalas Highest Grossing Filipino Film of All Time
Biggest Opening Gross in Filipino Film of All Time
Highest Grossing Non-MMFF Movie of All Time
₱587 million[7]

Televisi[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
1992—1994 Pen Pen de Sarapen Herself
RPN 9
1995—1996 Ang TV Herself
2002—2003 Star for a Night Herself
Grand champion
2003 SOP Herself
GMA Network
2004—present ASAP Herself
ABS-CBN
2004 Sarah: The Teen Princess Sarah Alagao Main role
2005 SCQ Reload: Kilig Ako Sarah Main role (50 episodes)
2006 Bituing Walang Ningning Dorina Pineda Main role (105 episodes)
Your Song Mitch Episode "Forever's Not Enough"
Maalaala Mo Kaya Rose Episode "Kwintas"
Your Song Marge Hernandez Episode "Pers Lab"
2007 Your Song Sophia "Pia" Rodriguez Episode "Carry My Love"
Pangarap na Bituin Emerald Gomez Regional Finalist, 2008 Emmy Awards Drama Category
Main role (70 episodes)
Love Spell Donya Rosing Episode "Sweet Sixty"
2008 Maalaala Mo Kaya Rose Marie Calderon Episode "Doll House"
2009 Your Song Lisa Episode "I Still Believe In Loving You"
2010 Hair Is Your Moment (Miniseries) Jenny Raymundo Main role (10 episodes)
1DOL Belinda "Billie/Jean" Suarez Main role (35 episodes)
2012 Sarah G. Live! Herself Host, Performer
Popstar Diaries Herself Aired in Viva TV (Diary Show)
2013 The Voice of the Philippines Herself (Coach)
Sarah G. Presents Herself Geronimo's first drama anthology series

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "2011 Philippines Yearly Box Office Results". Diakses tanggal August 24, 2011. 
  2. ^ 2008 Box-Office King & Queen named – STAR BYTES By Butch Francisco – The Philippine Star » News » Entertainment[pranala nonaktif permanen]. Philstar.com (2009-03-21). Retrieved on 2012-06-05.
  3. ^ Crispina Matinez-Belen (2009-07-19) John Lloyd, Sarah to be crowned Box-Office King & Queen 2009[pranala nonaktif permanen].
  4. ^ http://www.imdb.com/name/nm1402187/awards
  5. ^ Ricky Calderon (March 05, 2010) Nominees for 7th Golden Screen Awards bared |pEP.ph: The Number One Site for Philippine Showbiz. PEP.ph. Retrieved on 2012-06-05.
  6. ^ Lito Manago (March 03, 2012) Cinemalaya 2011 entries dominate 9th Golden Screen Awards nominations |pEP.ph: The Number One Site for Philippine Showbiz. PEP.ph. Retrieved on 2012-06-05.
  7. ^ "It Takes A Man And A Woman (2013)". Boxofficemojo.com. Diakses tanggal 2013-08-12. 

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Sarah Geronimo's Early works" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Sarah Geronimo in Platinum Circle Awards1" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "inquirer1" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "manila standard1" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Sarah Geronimo as Regine's Heir" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "The Newest Pop Star" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "The Popstar A Dream Come Album" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "The Pop Star A Dream Come True Concert" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "The Best of Sarah" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Sarah signed for ABS-CBN" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Sarah joined ABS-CBN's ASAP" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Night of the Champions" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "The Other Side of Sarah Geronimo Concert" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Return Of The Champions" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Bituing Walang Ningning" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Sarah Geronimo is future of OPM" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Becoming album article" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Sarah's US tour" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "philstar2006" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Sarah sings national anthem" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Sarah, praying for the electricity of the concert" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Sarah Geronimo In Motion US tour" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Sarah Geronimo conquers New York" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Sarah Geronimo Taking Flight" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "OL4LUV Valentine Concert" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "A Very Special Love movie gross" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "The Reign of Sarah" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Sarah Geronimo and John Lloyd Cruz team up for A Very Special Love" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Sarah Geronimo meets Howie D" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Sarah Geronimo on Howie Dorough for her Just Me album" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Sarah Geronimo TNO" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "autogenerated2" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Sarah Geronimo in The Next One Philippine Tour" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Sarah concert tour" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Sarah Geronimo grows up" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Final tribute" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Phenomenal: Sarah Geronimo" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Sarah Geronimo's Record Breaker concert" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Music and Me 1" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Sarah gears" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Music and Me 2" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "manila standard2" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Walk of Fame" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]