Sanipah, Samboja, Kutai Kartanegara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Sanipah
Kelurahan
Kantor kelurahan Sanipah
Negara  Indonesia
Provinsi Kalimantan Timur
Kabupaten Kutai Kartanegara
Kecamatan Samboja
Luas 117 km²
Jumlah penduduk 4.502 jiwa
Kepadatan 38 jiwa/km²

Sanipah adalah salah satu kelurahan di wilayah kecamatan Samboja, kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia.

Potensi sumber daya alamnya juga melimpah baik di laut maupun didarat. Tercatat kurang lebih 2 perusahaan minyak dan gas bumi beroperasi yaitu Total E&P Indonesie di laut (Sumur Bekapai dan Peciko) dan Vico Indonesia didarat (sumur Mutiara). Selain itu beroprasi juga beberapa perusahaan batu bara.

Sarana Pendidikan terdapat 2 TK (TK Asadiyah dan Kenaga), 3 SD (MI Asadiyah, SD 028, SD 013), 2 SMP (MTs Asadiyah dan SMP 4 Samboja), 2 SMU (SMU Islam Sanipah dan SMK Pesisir). Untuk Kesehatan terdapat 1 Puskesmas Pembantu ( 1 Dokter, 2 Bidan, dan 4 Perawat) dan 5 Posyandu.

Sarana Ibadah ada 6 Masjid, 2 Mushola, dan 1 Gereja.

Untuk sektor jasa terdapat 2 Penginapan dan 1 buah Hotel (Hotel Senipah Resort).

Kepala Kampung yang pertama yaitu H Abd. Salam, kemudian digantikan dengan H. Abd. Rasyid B. Keduanya diberi gelar "Petinggi" kampung.

Pada zaman H Abd. Rasyid B terjadi perubahan dari desa menjadi Kelurahan dibawah kotamadya Samarinda (KOMAS). Secara langsung ditunjuk untuk menjadi Lurah (PNS) sampai pensiun PNS, dan digantikan penerusnya H. Arifin L, Kemudian digantikan lagi oleh H. Ardani Syakrani (Sekarang Kasie Kesra di Kecamatan Samboja), selanjutnya M Ilyas (Sekarang Lurah Kuala Samboja), dan sekarang dipimpin oleh H A waris S. Sos., MM