San Juan Hill, Manhattan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

San Juan Hill dulunya merupakan permukiman rumah sewa yang didominasi oleh warga Afrika Amerika di West Side, borough Manhattan, New York City. Permukiman ini kemudian dirombak besar-besaran sebagai bagian dari pembaruan kota dalam pembangunan Lincoln Center for the Performing Arts.

Wilayah pastinya masih diperdebatkan, tetapi secara umum perbatasannya adalah Amsterdam Avenue (timur), West End Avenue (barat), 59th Street (selatan), dan 65th Street (utara). Disebutkan bahwa wilayah ini diberi nama sesuai Kavaleri ke-10 yang bertempur bersama Teddy Roosevelt pada Pertempuran San Juan Hill selama Perang Spanyol-Amerika Serikat, tetapi ini belum dapat dipastikan.[butuh rujukan] San Juan Hill bisa jadi merupakan permukiman Afrika Amerika terpadat di Manhattan pada awal abad ke-20. Pada tahun 1940, New York City Housing Authority menyebut kawasan ini sebagai "permukiman kumuh terburuk di New York City" dan membuat rencana untuk memperbarui kawasan ini dengan merobohkan rumah-rumah sewa tua dan membangun Amsterdam Housing Projects dan Lincoln Center.[1]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "NYCHA Collection, LaGuardia and Wagner Archives". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-03-09. Diakses tanggal 19 June 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]