Lower Manhattan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Terminal Staten Island Ferry di South Ferry.
Pemandangan Lower Manhattan dari Jembatan Brooklyn.
Sebaris rumah batu coklat di Greenwich Village.

Lower Manhattan, dikenal juga sebagai Downtown Manhattan, adalah daerah paling selatan di pulau Manhattan, pulau utama serta pusat bisnis, budaya, dan pemerintahan Kota New York.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Lower Manhattan lebih umum ditetapkan sebagai wilayah yang dibatasi di utara oleh jalan 14th Street, barat oleh Sungai Hudson, timur oleh Sungai East, dan selatan oleh New York Harbor (juga dikenal sebagai Upper New York Bay). Bila merujuk pada distrik bisnis Lower Manhattan dan lingkungan sekitarnya, perbatasan utara ditetapkan oleh jalan raya satu setengah mil di selatan 14th Street dan satu mil di utara ujung selatan pulau ini: Chambers Street dari dekat Sungai Hudson di timur pintu masuk dan jalan lintas Jembatan Brooklyn. Dua jalan besar lainnya juga kadang ditetapkan sebagai perbatasan utara "Lower" atau "Downtown Manhattan": Canal Street, secara kasar setengah mil di utara Chambers Street, dan 23rd Street, secara kasar setengah mil di utara 14th Street. Dengan Wall Street di Lower Manhattan, New York City menjadi ibu kota keuangan dunia[1][2][3][4][5][6] dan merupakan tempat bagi Bursa Saham New York, bursa saham terbesar di dunia menurut kapitalisasi pasar perusahaan yang terdaftar.

Distrik bisnis Lower Manhattan membentuk inti wilayah di bawah Chambers Street. Wilayah ini meliputi Financial District - sering disebut Wall Street sesuai jalan yang melintasinya - dan bekas situs World Trade Center. Di ujung selatan pulau adalah Battery Park; City Hall berada di utara Financial District. Juga di selatan Chambers Street adalah komunitas terencana Battery Park City dan wilayah bersejarah South Street Seaport. Permukiman TriBeCa membatasi Chambers di sebelah barat; di ujung timur jalan ini adalah Manhattan Municipal Building. Di utara Chambers Street dan Jembatan Brooklyn dan di selatan Canal Street terletak sebagian dari permukiman Chinatown New York. Banyak gedung pengadilan dan kantor pemerintah lainnya terletak di daerah ini. Permukiman Lower East Side berbatasan dengan Canal. Di utara Canal dan selatan 14th Street adalah permukiman SoHo, Meatpacking District, West Village, Greenwich Village, Little Italy, Nolita, dan East Village. Antara 14th dan 23rd Street terdapat Lower Chelsea, Union Square, Flatiron District, Gramercy, dan kawasan pengembangan penghunian besar Stuyvesant Town—Peter Cooper Village.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The World's Most Expensive Real Estate Markets" (dalam bahasa Inggris). CNBC. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16-01-2013. Diakses tanggal 18-04-2016. 
  2. ^ Gilbert, Nedda; Princeton Review (2009). "The Best 301 Business Schools" (dalam bahasa Inggris). Random House. ISBN 9780375429590. 
  3. ^ Fitzgerald, Alison (29-10-2009). Kirk, Jim, ed. "New York Eclipses London as Financial Center in Bloomberg Poll" (dalam bahasa Inggris). Bloomberg. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28-01-2012. Diakses tanggal 18-04-2016. 
  4. ^ "The Tax Capital of the World" (dalam bahasa Inggris). The Wall Street Journal. 11-04-2009. Diakses tanggal 2010-05-31. 
  5. ^ "London may have the IPOs..." (dalam bahasa Inggris). MarketWatch. 27-07-2007. Diakses tanggal 31-05-2010. 
  6. ^ Crespo, Juan Ignacio (01-09-2008). "Fondos - Londres versus Nueva York" (PDF) (dalam bahasa Spanyol). Cinco Dias. Diakses tanggal 31-05-2010. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]