Samsung Galaxy Chat GT-B5330

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Samsung Galaxy Chat GT-B5330 merupakan salah satu produk terbaru Samsung yang diluncurkan pada akhir tahun 2012 di Indonesia. Samsung juga meluncurkan ponsel ini di beberapa kawasan seperti Eropa, Amerika Latin, Timur Tengah, Tiongkok, Asia Tenggara, dan Asia Barat.[1]

Samsung Galaxy Chat GT-B5330 sesuai dengan namanya, ponsel ini ditujukan bagi pengguna yang aktif di dunia jejaring sosial yang memang memerlukan kemudahan dalam mengetik untuk update status atau chatting. Samsung Galaxy Chat GT-B5330 terlahir dengan desain touch-typed. Ponsel yang menggunakan dua tampilan yaitu perpaduan antara layar sentuh dan keypad konvensional QWERTY dibagian depan. Samsung Galaxy Chat sendiri mempunyai dimensi fisik 118.9 x 59.3 x 11.7 mm dan berat 112 gram. Smartphone Android yang mengusung layar TFT capacitive touchscreen dengan ukuran 3.0 inch ini didukung oleh sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich plus kombinasi layar sentuh 3.0 dan keypad Qwerty.

Selain keypad qwerty, terdapat tiga sensitive touckey yang berada dibawah layar. Untuk menuju menu, pengaturan, dan home. Ponsel ini pun dilengkapi tombol-tombol pembantu yang cukup banyak seperti tombol langsung ke ChatOn, tombol kustominasi, dan tombol history web. Untuk tombol volume berada di sisi kiri dan untuk tombol daya berada di sisi kanan.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Layar 3.0 inci dan Interface[sunting | sunting sumber]

Samsung Galaxy Chat GT-B5330 memiliki bentang layar 3.0 inci dengan resolusi 1240 x 1320 pixel Super Amoled dengan kedalaman warna mencapai 16 Juta Warna layar samsung galaxy chat dilindungi oleh corning gorilla glass 2.[2] Efek kehidupan alam melalui wallpaper dan ringtonenya yang dimiliki Samsung Galaxy S III juga dimasukkan ke dalam ponsel ini.

Antarmuka pun dihiasi sedikit efek 3D pada ikon-ikonnya. Selain itu, kolom aplikasi favorit dapat dengan bebas dikostumisasi dan ukuran widget yang dapat diubah-ubah menjadi beberapa kelebihan TouchWiz. TouchWiz yang dimiliki ponsel ini tidak berbeda dengan yang dimiliki Samsung Galaxy S III, menjalankan aplikasi kamera atau melihat isi panel notifikasi dapat langsung dari layar bermodus lock screen.

Fun Chat[sunting | sunting sumber]

Sejak September 2011 di 120 negara dengan 62 bahasa tersedia, Samsung meluncurkan layanan Chat yang bersifat cross platform yakni Samsung ChatOn. Samsung ChatOn merupakan messaging service yang bersifat cross platform yang berarti layanan chat ini bisa digunakan baik di Samsung Bada OS, Android OS, iOS hingga Blackberry. Selain itu, ChatOn memiliki keunggulan lain seperti aplikasi ChatOn yang dapat digunakan di komputer, seperti Yahoo! Messanger dan WhatsApp.

Melalui ChatOn ini, pengguna dapat chat dengan seseorang, group chat, messaging chat, berbagi gambar, video, pesan suara, kontak, dan lain sebagainya. ChatOn dapat diunduh melalui Android Market. Setelah diunduh lalu lakukan instalisasi, buka ChatOn melalui menu. Setelah itu, akan tampail notifikasi additional charges apabila pengguna menggunakan akses mobile network, tekan Ok lalu memasuki halaman Registrasi kode, masukan nomor ponsel, pengguna akan dikirimkan verification code 4-5 digit melalui sms, masukan kode verifikasi, tekan resend verification code. Pengguna tidak perlu memasukkan PIN untuk menambah kontak. ChatOn akan langsung mengidentifikasi dari buku telepon. Selain itu, ChatOn dapat mengirimkan pesan animasi dengan memilih Animation Message. Pesan animasi juga dilengkapi dengan suara sesuai pilihan pengguna. Obrolan dalam ChatOn dapat dimulai dengan memilih Buddy dalam daftar kontak. Gambar, video, atau musik dalam percakapan akan disimpan dalam Trunk untuk dapat diliat kembali oleh pengguna.

Hardware[sunting | sunting sumber]

Samsung memberikan Galaxy Chat dengan prosesor Broadcom BCM21654 single core 850 Mhz dan RAM 444.6 MB.[2] Bedanya jika digenerasi awal Samsung menggunakan prosesor buatan Nvidia yang hanya diberi dengan single-channel memory controller. Sedangkan pada seri ini, Samsung memilih untuk menggunakan prosesor ARWv7 prosesor (VFPv3 NEON). Sedangkan untuk kenyamanan olah grafis, Samsung Galaxy Chat mengandalkan Videocore IV HW yang dikembangkan oleh Broadcom.

VideoCore IV meningkatkan dukungan untuk 1080p encode dan decode, bersama dengan resolusi kamera yang lebih tinggi dan grafis lebih cepat 2D dan 3D dari sisi kinerja, terbukti lebih baik dan tidak lag. Proses ulir halaman dan proses memuat halaman berjalan dengan lancar.

Android 4.0 Ice Cream Sandwich[sunting | sunting sumber]

Terlihat dengan gaya layaknya honeycomb (versi android untuk tablet). Pengguna dapat mengubah ukuran widget sesuai yang dinginkan, sehingga tampilannya akan terlihat lebih nyaman sesuai dengan keinginan pengguna. Lalu, ikon aplikasi dapat diseret (tahan dan geser) ke dalam folder seperti pada IOS. Namun, Ice Cream Sandwich lebih unggul dari iPhone dengan membiarkan pengguna menempatkan kontak seseorang ke dalam folder juga, dan bahkan menempatkan orang dalam favorit.

Selain itu, keyboard pun dapat memeriksa ejaan tapi sayangnya masih belum dapat memeriksa dalam ejaan bahasa Indonesia. Jika dulu pengguna tidak dapat berbagi screenshoot Android sederhana, semudah pada perangkat IOS sekarang Android memiliki kemampuan screenshot persis sama, dengan animasi Polaroid kecil untuk menyorot tindakan.

Samsung Galaxy Chat ini menjadi cukup memberikan tawaran yang menarik perhatian karena adanya OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich yang telah melakukan perubahan yang cukup sigifikan terletak pada tampilan browser. Browser ini mampu membuka hingga 16 tab, tampilannya pun tidak berbentuk horizontal pada umumnya, tapi berbentuk vertikal dan bertumpuk. Selain itu untuk mengubah tampilan website dari tampilan mobile ke website versi desktop. caranya hanya dengan memilih option – full screen, pengguna akan mendapatkan tampilan website versi desktop.

Aplikasi Gmail pun tidak luput dari update. Pengguna dapat memilih beberapa email sekaligus untuk mempercepat pengarsipan. Pengguna juga dapat membolak-balik email secara horizontal, untuk membaca lebih cepat, dan bahkan mencari hingga 30 hari ke belakang, tanpa terhubung ke jaringan.

Sebenarnya fitur ini sudah ada di versi android sebelum-sebelumnya, yaitu penguna dapat menonaktifkan mobile data untuk menghindari biaya yang tidak diinginkan dari operator nirkabel.[3] Pengguna juga dapat melihat grafik bulanan penggunaan data, tapi bedanya disini pengontrolan ini lebih spesifik. Pengguna dapat melihat aplikasi apa yang paling meghabiskan kuota internet. Saat ditemukan, pengguna juga dapat membatasi kuota untuk aplikasi bersangkutan.[3]

Audio[sunting | sunting sumber]

Tampilan pemutar musik Samsung Galaxy chat tidak berbeda jauh dengan seri Galaxy lainnya. Visual album art mendominasi layar, di bagian bawahnya terdapat panel audio, durasi, shuffle dan new track. Bagian atasnya memuat judul lagu dan artis, nama album dan nomor urutan track di playlist. Kualitas semburan audionya sangat kuat dan tidak pecah.

Sepertinya misalnya Sound Alive untuk mengatur ritme musik yang dimainkan (rock, classic, pop, dan sebagainya), musicauto off, dan lyrics.

Kamera dan Video[sunting | sunting sumber]

Samsung Galaxy Chat mengandalkan single camera dengan besaran resolusi 2MP tanpa ada LED flash.[2] Samsung Galaxy Chat mampu mengabadikan gambar indoor dengan kualitas yang detail dan tajam. Sama halnya saat melakukan penjepretan di luar ruangan, hasil foto bright dan detail. Untuk memaksimalkan hasil jepretan, terdapat beragam pengaturan kamera di dalamnya, antara lain scene mode, EV, timer, effect, dan shooting mode. Namun, tentu saja jika dibandingkan dengan ponsel low end milik Samsung lain, seperti Samsung Galaxy Mini atau Samsung Galaxy Young, kualitas kamera handphone ini masih kalah. Untuk merekam, alihkan fungsi kamera sebagai perekam gambar bergerak dengan resolusi VGA dengan speed @25fps. Hasil perekaman cukup tajam dan tidak patah-patah. Sementara itu, pengguna dapat menikmati video player dengan kualitas yang sangat baik. Pada tampilan video player (modus horizontal), terdapat panel video mencakup stop/play, rewind dan forward, durasi, serta modus tampilan layar.

Internet dan Koneksi[sunting | sunting sumber]

Samsung Galaxy Chat memberikan kepuasan dalam menjelajah web karena layar yang lebar serta browser yang dapat digunakan pula untuk melihat halaman versi desktop. Browser bawaan Samsung Galaxy telah mendukung 16 buah tab serta dapat menampilkan konten flash. Proses membuka halaman menggunakan jalur WiFi berlangsung dengan cepat dan mulus. Saat membuka halaman web yang bermuatan video seperti Youtube, gambar dapat ditampilkan fullscreen dengan kualitas HQ dan autorotate. Sementara untuk transfer data, dapat menggunakan kabel micro USb untuk menghubungkan ke PC.

Benchmark[sunting | sunting sumber]

Diuji menggunakan dua aplikasi benchmark, Samsung Galaxy Chat menunjukkan hasil yang cukup memuaskan. Pada hasil pengujian menggunakan Antutu benchmark, ponsel ini mengungguli urutan Google Nexus, Samsung Galaxy S dan sony Ericsson X10i. dengan menggunakan antutu benchmark, ponsel ini mencapai skor 3365. Sedangkan mengunakan Quadrant standard, pnsel ini mencapai skor 1692.[2]

Spesifikasi Lengkap[4][sunting | sunting sumber]

  • Dimensi (WxDxH) 118,9 x 59,3 x 11,7 mm dengan berat 120 gram.
  • Layar 3,0 inci dengan tipe TFT capacitive layar sentuh, multitouch, 256K warna, 240 x 320 pixels,, 3.0 inches (~133 ppi pixel density) - Touchwiz UX UI.
  • Hardware: OS Android OS, v4.x (Ice Cream Sandwich), CPU: 850 MHz, CPU Model: ARMWv7 processor (VFPv3, NEON), GPU Renderer: VideoCore IV HW vOpen GL ES2.0; RAM size:444.6 MB; internal storage: 4 GB storage; eksternal storage: microSD, up to 32 GB.
  • Multimedia: MP3/WAV/eAAC+ player; Stereo FM radio with RD.
  • Kamera: 2MP(1200x1600piksel); Video: VGA@25fps; MP4/H.264/H.263 player.
  • GPRS/EDGE; Speed: HSDPA 7.2 Mbps; HSUPA 5.76 Mbps; Browser: HTML; Koneksi: Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot; Bluetoothv3.0 with A2DP; microUSB v2.0.
  • Antutu Benchmark v2.9.2 ; Quadrant Standard.
  • BATTERY Standard battery, Li-Ion 1200 mAh. Stand-by Up to 520 h (2G) / Up to 380 h (3G),Talk time Up to 14 h 40 min (2G) / Up to 5 h (3G).[4]

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Chat GT B3350[sunting | sunting sumber]

Kelebihan Samsung Galaxy Chat GT B3350[sunting | sunting sumber]

Samsung Galaxy Chat menggunakan dua tampilan yaitu tombol layar sentuh dan keypad qwerty sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan pengetikan. Dilengkapi dengan OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Selain itu, Samsung Galaxy Chat terletak pada koneksi jaringan HSDPA yang cepat untuk menjelajah dunia maya, keypad qwerty yang nyaman dan dapat digunakan untuk mengetik dengan cepat, sangat cocok untuk messenger. Disertai dengan bobot ringan dengan harga terjangkau dan dapat diupdate ke Jelly Bean.[5]

Kekurangan Samsung Galaxy Chat GT B3350[sunting | sunting sumber]

Samsung Galaxy Chat GT B3350 tidak terdapat tombol shutter kamera.Processor 850 MHZ dan RAM 512 MB dianggap kurang mampu menjalankan sistem operasi Android ice cream sandwich yang cukup berat, tapi pada galaxy chat kinerjanya hanya akan mengalami beberapa lag saja.[5] Kamera yang dibekalkan juga tak dilengkapi LED flash ataupun autofocus, jadi kamera Samsung Galaxy Chat adalah kamera yang terbilang standar. Serta Kapasitas baterai kecil.[5] Juga pada densitas kerapatan pixel yang sangat rendah diresolusi QVGA.

References[1][sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Samsung Galaxy Chat, Smartphone Murah Untuk Chating Diarsipkan 2016-06-22 di Wayback Machine. diakses pada tanggal 6 April 2013
  2. ^ a b c d Review: Samsung Galaxy Chat GT-B5330, Android Touch-Type Buat Pemula Diarsipkan 2015-09-24 di Wayback Machine. diakes pada 6 April 2013
  3. ^ a b / Kelebihan Android 4.0 ICS Diarsipkan 2013-04-01 di Wayback Machine. diakes pada 7 April 2013
  4. ^ a b / Samsung Galaxy Chat Harga dan Spesifikasi - hp Android ICS QWERTY 1 Jutaan Diarsipkan 2013-01-11 di Wayback Machine. diakses pada 5 April 2013
  5. ^ a b c / Samsung Galaxy Chat Harga Spesifikasi Diarsipkan 2013-01-13 di Wayback Machine. di akses pada 5 April 2013


Pranala luar[sunting | sunting sumber]

1. http://www.samsung.com/id/consumer/mobile-devices/smartphone/galaxy/GT-B5330ZWAXSE 2. http://www.tabloidsamsung.com/2014/10/harga-dan-spesifikasi-samsung-galaxy.html Diarsipkan 2015-01-16 di Wayback Machine.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]